Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Musik di Video YouTube Shorts

Cara Menambahkan Musik di Video YouTube Shorts

 Para Youtuber pemula setidaknya harus tahu cara menambahkan musik di video YouTube shorts karena ini merupakan langkah yang paling mudah dan sederhana untuk membuat video pendek tersebut lebih menarik dan memikat mata penonton.

Menurut pengalaman Admin sendiri yang juga memegang YouTube teknoinfo09, video shorts YouTube yang ada musiknya dianggap lebih menarik oleh YouTube, sehingga YouTube pun tidak ragu untuk mempromosikan video tersebut di feed shorts dan membuatnya lebih mudah trending atau istilahnya FYP.

Fitur menambahkan musik di YouTube shorts adalah fitur yang sama yang bisa kamu temukan juga di TikTok dan di Instagram reels maupun story. Mungkin ini adalah cara YouTube agar pengguna setianya tidak berpaling ke aplikasi lain, dan cara ini terbilang lumayan sukses.

Sejauh ini batas durasi video di YouTube yang akan dikategorikan ke dalam video shorts yaitu adalah 1 menit, dan kamu juga bisa menggunakan musik untuk video shorts yang juga berdurasi 1 menit. Tapi meskipun begitu ada juga beberapa lagu yang durasinya dibatasi hingga 15 - 40 detik saja.

Baca Juga:

• Cara Menambahkan Link di Channel YouTube di Android

• Cara Menambahkan Watermark di Video YouTube Secara Otomatis

Jika kamu menambahkan musik langsung di YouTube shorts, kamu akan aman dari klaim hak cipta tanpa harus menambahkan lisensi musik di deskripsi video tersebut. Terkecuali jika musik tersebut kamu tambahkan menggunakan aplikasi atau platform lain di luar YouTube lalu kamu unggah videonya ke YouTube. Baru itu akan melanggar kebijakan YouTube yang mana bisa membuat channel kamu terkena pelanggaran.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan musik berlisensi di YouTube shorts tanpa copyright dan tanpa melalui cara yang rumit, kamu harus tahu tutorial menambahkan musik di video YouTube shorts yang langkah-langkahnya akan dijabarkan di bawah ini dan kamu bisa langsung mempraktikannya di HP masing-masing.

Cara Menambahkan Musik di Video YouTube Shorts

Cara untuk menambahkan suara musik atau lagu di video YouTube shorts sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu menyiapkan video pendek yang durasinya kurang dari 1 menit dan mengunggahnya. Ketika mengunggah video shorts tersebut kamu akan dibawa ke alat pengeditan yang tersedia. Nah, disitulah kamu bisa menambahkan musik pada video tersebut.

Langkah-langkah lebih mendetailnya seperti berikut ini:

1. Buka aplikasi YouTube di HP kamu.

2. Didalam aplikasi YouTube, tap tombol bulat plus (+) di tengah-tengah bawah untuk mengunggah video. Kemudian setelah muncul pilihan kamu pilih "Upload Video".

3. Selanjutnya pilih video yang ingin diupload. Ingat, pilih yang durasinya kurang dari 1 menit.

4. Setelah itu kamu bisa atur bagian video yang ingin diambil. Jika sudah, tap "Berikutnya".

5. Pada halaman selanjutnya, yaitu halaman edit, tap opsi "Tambahkan suara" yang berada di atas layar.

5. Cara Menambahkan Musik di Video YouTube Shorts

6. Berikutnya pilih musik yang ingin kamu tambahkan ke video. Musik-musik yang kamu lihat adalah musik YouTube Shorts yang direkomendasikan dan yang sedang trending. Jika lagu pilihan kamu tidak ada di daftar musik tersebut, kamu dapat mencarinya dengan memasukan judul atau nama artisnya di dalam kolom pencarian. Jika musiknya sudah ditemukan, tap musik tersebut untuk mendengar review-nya dan tap tombol bulat berwarna biru untuk menggunakannya.

6. Cara Menambahkan Musik di Video YouTube Shorts

7. Kamu akan dibawa kembali ke halaman edit dengan musik yang sudah terpasang. Jika ingin mengubah bagian musik yang digunakan, tap musik tersebut yang ada di atas layar setelah itu atur bagian musiknya.

8. Jika sebelumnya video tersebut sudah memiliki musik atau suara bawaan, maka suara tersebut akan otomatis dinonaktifkan setelah kamu menambahkan musik baru di YouTube. Namun, kamu juga bisa mengatur suara asli dan musik yang baru ditambahkan dengan tap ikon setelan yang berada di atas layar tepat disamping judul lagu tersebut, setelah itu kamu bisa mengatur volumenya.

8. Cara Menambahkan Musik di Video YouTube Shorts

9. Setelah semua pengaturan musik sudah kamu sesuaikan dan video sudah siap diupload, tap tombol "Berikutnya" yang ada di bawah kanan layar.

10. Terakhir, beri judul untuk video tersebut. Kamu juga bisa melengkapi beberapa opsi lainnya jika memang diperlukan, seperti lokasi, audiens, dan visibilitas. Jika sudah, tap tombol "Upload video Shorts" untuk langsung mengunggahnya.

11. Selesai.

Sekarang kamu bisa menggunakan cara menambahkan musik di video YouTube shorts untuk memperkaya kualitas video shorts kamu karena tampilan visual yang menarik saja kadang tidak cukup jika tidak didukung dengan suara musik.

Baca Juga:

• Cara Menambahkan Musik di Story Facebook Lite

• Cara Menambahkan Musik di Story Instagram Android

• Cara Membuat Status WhatsApp Musik Tanpa Aplikasi

Tapi, masih ada satu hal yang mungkin dirasa kurang, yaitu YouTube hanya menyediakan fitur untuk menambahkan musik saja, sedangkan fitur untuk menampilkan lirik berdasarkan dari musik tersebut belum tersedia. Padahal musik dan lirik adalah hal yang sangat erat kaitannya.

Semoga saja kedepannya YouTube merilis fitur bawaan untuk menambahkan musik beserta liriknya. Dengan begitu kita tidak perlu lagi mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Musik di Video YouTube Shorts"