Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mengatasi MiChat Tidak Bisa Menerima Kode Verifikasi


9 Cara Mengatasi MiChat Tidak Bisa Menerima Kode Verifikasi

 Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu tantang 9 cara mengatasi MiChat tidak bisa menerima kode verifikasi, admin ingin kalian tahu sekilas tentang kode verifikasi di Michat ini.

Tentang Kode Verifikasi MiChat

Sebelum dapat menggunakan aplikasi MiChat, tentu hal yang pertama harus pengguna lakukan adalah mendaftar terlebih dahulu. Nah, pada saat proses mendaftar harus melalui kode verifikasi terlebih dahulu.

Kode verifikasi bisa diterima melalui email, SMS, panggilan telepon, dan metode lain yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Biasanya kode verifikasi berisi kumpulan huruf dan angka unik yang hanya dapat digunakan saat kali. Namun, untuk kode verifikasi di MiChat sendiri biasanya terdiri dari 6 digit angka.

Kode verifikasi ini sangat penting karena untuk mengetahui keaslian data yang kamu masukan saat login atau mengetahui bahwa kamu adalah pemilik sah dari email atau no HP yang kamu cantumkan. Dengan memasukan kode verifikasi yang tepat, itu membuktikan bahwa kamu memiliki akses atas informasi yang kamu berikan.

Baca Juga:

• Cara Telepon di MiChat dan Mengatasi Fitur Telepon yang Hilang

• Kenapa Pesan Terkirim Tapi Ditolak Penerima di MiChat

• Cara Download MiChat APK Versi Lama dan Versi Terbaru 2022

Kode verifikasi juga dapat memberikan keamanan berlapis dan perlindungan untuk memastikan bahwa hanya pemilik sah yang memiliki akses untuk menggunakan atau mengubah informasi akun dan lainnya.

Jika saja kamu tidak dapat menerima kode verifikasi MiChat tersebut, maka bisa dipastikan proses login kamu akan gagal atau tertunda sampai kode itu masuk. Namun, seringnya kita mengalami kode verifikasi yang dikirimkan oleh MiChat tidak kunjung muncul atau masuk.

Ada beberapa penyebab kenapa MiChat tidak bisa menerima kode verifikasi, diantarnya keterlambatan pengiriman yang disebabkan oleh adanya masalah pada sistem atau jaringan, memasukan alamat yang salah, kode verifikasi dimasukan kedalam daftar spam, terlalu banyak meminta MiChat untuk mengirim ulang kode verifikasi baru, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyaknya masalah tersebut kamu harus bisa mengidentifikasi mana yang sekiranya jadi penyebab kenapa kode verifikasi MiChat tidak muncul, dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Atau jika ingin mengatasinya secara langsung tanpa repot-repot menganalisa masalahnya, juga tidak apa-apa. Kamu bisa mencoba beberapa cara agar bisa menerima kode verifikasi MiChat di bawah ini.

9 Cara Mengatasi MiChat Tidak Bisa Menerima Kode Verifikasi

Sebenarnya, kamu tidak perlu cara mendapatkan kode verifikasi MiChat karena kode tersebut akan dikirimkan secara otomatis dan kamu tinggal menunggunya masuk saja. Tetapi, masalahnya datang ketika kode verifikasi itu tidak muncul dan membuat kamu harus mengatasinya sendiri.

Masalah ini bukan kejadian yang langka, selain kamu, banyak juga pengguna lain yang mengeluhkan tentang masalah kode verifikasi MiChat tidak terkirim. Namun, dengan beberapa cara di bawah ini semoga saja bisa mengatasi MiChat tidak bisa menerima kode verifikasi OTP.

1. Update Aplikasi MiChat

Pembaruan dari sebuah aplikasi mampu mengatasi berbagai kendala pada aplikasi itu sendiri, tak terkecuali dengan aplikasi MiChat. Mungkin ada saja kendala yang menghambat masuknya kode OTP ke SMS yang disebabkan oleh kesalahan pada aplikasi MiChat yang versi lama dan itu sudah diatasi di versi terbarunya.

Jika begitu, kamu harus memperbarui aplikasi MiChat ke versi terbaru. Jika kamu menggunakan perangkat Android, kamu bisa memperbaruinya di Play Store. Untuk caranya seperti berikut.

  • Masuk ke aplikasi Play Store di Android kamu.
  • Pada kolom pencarian, masukan kata kunci "Michat".
  • Setelah aplikasinya muncul di hasil pencarian, tap aplikasi MiChat tersebut.
  • Selanjutnya kamu tinggal tap tombol "Update" atau "Perbarui". Sekarang tinggal menunggu proses update selesai.
  • Selesai.

Jika update sudah berhasil, sekarang kamu bisa coba kembali login atau mendaftar di MiChat. Jika cara ini tidak berpengaruh, masih banyak cara lain yang bisa kamu coba.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cara selanjutnya adalah dengan menghapus cache dan data aplikasi yang sebelumnya sudah tersimpan di dalam aplikasi MiChat. Siapa tahu data tersebut sudah corrupt atau rusak akibat kesalahan penginstalan atau penggunaan kamu sebelumnya.

Data yang rusak tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab kesalahan kode verifikasi MiChat yang tidak muncul. Untuk cara menghapusnya seperti berikut.

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP kamu.
  • Di dalam Pengaturan, pilih "Aplikasi dan Izin" atau "Manager Aplikasi".
  • Setelah itu kamu pilih "Pengelola Aplikasi
  • Kemudian kamu cari dan pilih aplikasi "MiChat".
  • Setelah itu tap "Hapus data" dan "Hapus Cache".
  • Selesai.

3. Install Ulang MiChat

Menginstal ulang aplikasi MiChat juga menjadi salah satu opsi untuk mengatasi MiChat tidak menerima kode verifikasi. Sebab, opsi ini dapat mengganti semua data lama di aplikasi MiChat dengan data baru yang lebih segar tanpa adanya masalah eror yang serius sedikitpun.

Melakukan Install ulang pada aplikasi MiChat dapat dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama melalui pengaturan aplikasi dan cara yang kedua bisa dilakukan melalui Play Store. Agar caranya lebih mudah, kamu bisa melakukannya di Play Store.

  • Jalankan aplikasi Play Store di perangkat kamu.
  • Pada kolom pencarian, masukan kata kunci "MiChat" lalu cari.
  • Setelah aplikasinya ditemukan, tap aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya kamu tap "Uninstall" dan tunggu sampai prosesnya berhasil.
  • Jika uninstall sudah berhasil, sekarang tap "Install" untuk kembali menginstal aplikasi MiChat.
  • Selesai.

4. Izinkan Akses Untuk Semua Aplikasi MiChat

Tiap aplikasi pasti memerlukan izin agar dapat melakukan tindakan tertentu seperti menerima dan mengirimkan panggilan, mengirimkan SMS, mengakses kontak, mengakses penyimpanan, mengakses lokasi dan sebagainya. Semua hal itu hanya dapat dilakukan ketika pengguna mengizinkannya.

Sama halnya dengan aplikasi MiChat, mungkin saja ada beberapa hal yang belum kamu izinkan untuk aplikasi MiChat yang dimana itu berpengaruh terhadap kode verifikasi MiChat yang lama munculnya. Jadi, untuk mengatasinya, kamu harus mengizinkan semua yang diminta oleh aplikasi MiChat. Caranya seperti di bawah ini.

  • Kamu harus mengunjungi aplikasi MiChat di file manager. Maka, langkah pertamanya buka Pengaturan atau Setelah.
  • Setelah itu pilih "Aplikasi & Izin".
  • Selajutnya kamu pilih "Pengelola aplikasi
  • Langkah berikutnya kamu cari dan pilih aplikasi "MiChat".
  • Selanjutnya pilih "Izin".
  • Sekarang kamu tinggal izinkan semua yang di minta MiChat.
  • Selesai.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa membuka aplikasi MiChat lagi lalu lakukan login dan minta kode verifikasi. Apakah kamu sudah bisa menerima kode verifikasi tersebut? Jika sudah menunggunya namun kode tetap tidak diterima. Tenang saja, masih ada tutorial lain yang bisa kamu praktekkan.

5. Mengganti Metode Verifikasi MiChat

Untuk kamu yang sebelumnya mendaftar di MiChat menggunakan nomor HP dan juga alamat email, itu artinya kamu memiliki dua metode verifikasi yang dapat digunakan, yaitu melalui SMS dan email.

Apabila kode MiChat tidak masuk melalui metode verifikasi SMS, kamu bisa menggantinya dengan mengirimkan kode verifikasi tersebut ke email, di sana terdapat pilihannya.

Cara ini cukup ampuh jika kendalanya ada pada nomor HP yang digunakan akibat terlalu sering mengirimkan kode verifikasi, maka kamu bisa mengubahnya melalui verifikasi email atau akun Facebook jika memang tercantum juga. Jika ingin login ke MiChat tanpa kode verifikasi kamu bisa login menggunakan akun Google.

6. Periksa Folder Spam

Jika di HP kamu terdapat fitur yang secara otomatis mampu memfilter pesan atau panggilan yang di anggap spam, periksa folder spam tersebut barangkali kali kode verifikasi MiChat itu sudah masuk namun dimasukan ke dalam daftar spam sehingga notifikasi pemberitahuannya tidak muncul.

Apabila kamu melihat kode verifikasi MiChat itu belum lama ada pada folder spam atau masih baru, kamu bisa coba menggunakan kode tersebut untuk verifikasi sebelum kamu meminta kode lagi. Siapa tahu kode tersebut belum kadaluwarsa dan masih bisa digunakan.

7. Mulai Ulang HP (Restart)

Kesalahan yang menyebabakan MiChat tidak bisa menerima kode OTP verifikasi tidak hanya dari sisi aplikasi MiChat-nya saja. Kesalahan pada perangkat yang kamu gunakan juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Jika mungkin kesalahan yang terjadi pada ponsel kamu hanya kesalahan kecil saja, dengan memulai ulang HP bisa mengatasinya. Silahkan reboot HP kamu dan sesudahnya coba minta MiChat mengirimkan kode verifikasi lagi.

8. Melaporkan ke Tim MiChat

Melaporkan ke pihak MiChat terkait masalah yang kamu alami merupakan cara lain untuk menjawab pertanyaan kenapa MiChat tidak bisa menerima kode verifikasi. Kamu bisa mengajukan pertanyaan dan meminta solusinya secara langsung dengan mengirimkannya ke email support@michat.sg.

Isilah pesan email dengan semua keluhan yang kamu alami, jika perlu kamu juga bisa mencantumkan screenshot agar tim MiChat lebih mudah mengerti dengan apa yang sedang kamu alami. Setelah email itu dikirimkan, kamu tinggal menunggu tim MiChat meresponnya. Mereka akan segera memperbaikinya atau memberikan langkah lanjutan untuk kamu mengatasi masalah tersebut.

9. Jangan Meminta Kode Verifikasi Terus Menerus

Jika segala usaha dan cara sudah kamu coba namun tidak ada yang berhasil, stop meminta kode verifikasi dengan harapan MiChat meresponnya dan akan sesegera mungkin untuk mengirimkan kode tersebut. Itu salah, justru kamu akan dianggap melakukan spam oleh aplikasi MiChat dan bisa jadi akun MiChat kamu akan di blokir.

Biarkan sejenak aplikasi MiChat untuk beristirahat, kamu bisa menunggunya hingga beberapa jam atau beberapa hari. Setelah itu kamu bisa mencoba lagi untuk login atau mendaftar.

Baca Juga:

• Cara Masuk Getcontact Yang Benar Agar Tidak Gagal Verifikasi

• Cara Login Facebook Tanpa Email Dan No HP

Jika satu cara saja tidak berhasil mengatasi aplikasi MiChat tidak dapat menerima kode OTP untuk verifikasi, maka kamu bisa mencoba semua cara di atas. Namun, jika semua cara di atas juga tidak ada yang membuahkan hasil, pastikan lagi jika nomor yang kamu masukan untuk menerima kode verifikasi sudah benar dan nomornya aktif.

Itulah pembahasan tentang cara mengatasi MiChat tidak bisa menerima kode verifikasi. Dengan cara di atas semoga kamu bisa menerima kode verifikasi dengan cepat di MiChat. Cukup sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "9 Cara Mengatasi MiChat Tidak Bisa Menerima Kode Verifikasi"