Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Unable To Locate Package Termux Android


Cara Mengatasi Unable To Locate Package Termux Android

  Kesalahan dengan pesan Unable To Locate Package sudah bisa dikatakan sebagai salah satu kendala yang kerap kali dialami oleh pengguna aplikasi Termux. Jujur saja admin sendiripun pernah mengalami masalah seperti itu. Contohnya saat admin sedang menginstall sebuah package yang diperlukan dan akan segera digunakan, misalnya package git. Dan pesan kesalahan yang muncul setelah admin menjalankan perintahnya kurang lebih seperti dibawah ini:


$ pkg install git

Checking availability of current mirror: ok

Reading package lists... Done

Building dependency tree... Done

E: Unable to locate package git


Pada intinya, arti dari kesalahan tersebut adalah karena Termux tidak dapat menemukan lokasi atau keberadaan package yang dimaksud atau package yang ingin kamu install. Lalu, apa penyebab yang membuat Termux bisa mengalami masalah seperti itu?


Baca Juga:

• Cara Menampilkan Tombol Kanan Kiri Pada Termux Versi Terbaru

• Perbedaan apt dan pkg di Termux


Penyebab dari unable to locate package di Termux sendiri ada bermacam-macam, jadi kita tidak bisa memastikannya secara pasti. Bisa saja hal itu terjadi karena daftar package yang belum diperbarui, salah memasukan nama package, belum mengizinkan Termux untuk menggunakan penyimpanan, atau bisa juga karena adanya kesalahan pada repository Termux yang kamu gunakan.

Karena penyebabnya ada banyak, disini admin akan memberikan beberapa cara untuk mengatasinya. Kamu bisa mencobanya satu-persatu sampai menemukan cara yang berhasil.


Cara Mengatasi Unable To Locate Package Termux Android

1. Periksa Kesalahan Pengetikan

Didalam Termux, pengetikan adalah hal pertama yang harus diperhatikan, karena satu saja kesalahan huruf dan spasi dari perintah yang kamu ketikan maka akan terjadi sebuah kesalahan. Sama seperti saat kamu sedang menginstall package, Termux tidak akan menemukan package tersebut jika kamu salah memasukan namanya.


2. Perbarui Package Termux

Cara kedua untuk menghilangkan error unable to locate package adalah dengan melakukan update package Termux. Sebagian pengguna menganggap bahwa cara ini 100% work untuk memperbaikinya. Untuk memperbarui package di Termux gunakan perintah:

$ pkg update && pkg upgrade

Setelah itu kamu tinggal menunggu prosesnya selesai. Jika sudah, sekarang cobalah untuk menginstall package yang kamu inginkan.


3. Berikan Izin Penyimpanan Termux

Hal wajib yang harus dilakukan untuk kamu yang baru saja memasang aplikasi Termux adalah memberikan akses penyimpanan yang tentunya akan digunakan untuk menampung semua package dan data-data di Termux. Berikut adalah cara untuk mengizinkannya.


• Buka aplikasi Termux di HP Android kamu lalu ketikan perintah:

$ termux-setup-storage

Jika muncul sebuah pop-up, silahkan tap opsi Izinkan/OK.

$ exit

Sekarang kamu masuk lagi ke aplikasi Termux dan coba install sebuah package dan lihat hasilnya.


Baca Juga:

• Cara Membuka Sesi Baru Di Aplikasi Termux Android

• Cara Merubah Tampilan Termux Ke Bawaan


Itulah 3 cara mengatasi unable to locate package Termux Android. Semoga dengan salah satu dari ketiga cara yang admin berikan diatas bisa memperbaiki Termux di HP kamu yang sering mengalami kesalahan tersebut. Setelah memahaminya pasti kamu juga sudah tau cara mencegah agar hal itu tidak terulang kembali. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Unable To Locate Package Termux Android"