Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Pesan Video WhatsApp Tidak Muncul dan Tidak Bisa

Cara Mengatasi Pesan Video WhatsApp Tidak Muncul dan Tidak Bisa

 Pada kesempatan ini kita akan mempelajari cara mengatasi pesan video WhatsApp tidak muncul sehingga tidak bisa digunakan. Tapi, karena ini adalah fitur baru, pasti ada saja yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu bawah ini admin akan menjelaskannya secara singkat sebelum masuk ke topik utama, yaitu memunculkan kembali fitur pesan video WA yang hilang atau tidak bisa.

Pesan video WhatsApp merupakan inovasi fitur terbaru dari WhatsApp yang memungkinkan pengguna dapat mengirim pesan menggunakan video singkat yang durasi maksimalnya bisa sampai 1 menit. Di sana kamu dapat memilih ingin menggunakan kamera depan maupun kamera belakang untuk merekam videonya.

Setelah pesan video WhatsApp ini di kirim, chat video tersebut ada dalam bingkai bulat, nanti orang yang menerima pesan bisa melihat video dan mendengar suara yang kamu ucapkan didalamnya. Jika dilihat dari sisi penggunaan fitur ini nyaris sama dengan fitur pesan suara.

Fitur video message ini dirilis oleh WhatsApp untuk semua pengguna, maka harusnya semua pengguna WhatsApp bisa menggunakan fitur ini tanpa terkecuali. Tapi faktanya, masih banyak yang tidak bisa menggunakan fitur ini karena berbagai alasan.

Baca Juga: Cara Mengirim Pesan Kosong Di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Nah, bagi pengguna yang tidak bisa pesan video di WhatsApp entah karena fitur tersebut tidak ada atau hilang, tentu itu menjadi hal yang cukup mengecewakan. Rasanya tidak adil jika orang lain bisa menggunakannya sedangkan kamu sendiri tidak bisa.

Pertanyaan mengenai kenapa fitur pesan video WA tidak muncul menjadi ramai di perbincangkan. Banyak pengguna yang mencari solusi untuk mengatasi masalah ini agar secepatnya bisa menggunakannya. Namun, ada sebagian yang menemukan jalan buntu dan tidak dapat mengatasinya.

Meskipun begitu kamu tidak perlu khawatir, di artikel ini kamu akan menemukan solusi yang tepat untuk cara mengatasi pesan video WhatsApp yang tidak muncul.

Cara Mengatasi Pesan Video WhatsApp Tidak Muncul dan Tidak Bisa

Sebelum kamu lebih jauh mencari solusi untuk mengatasi pesan video WA tidak muncul, ada dua hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. Pertama, pastikan kamu sudah mengetahui cara menggunakannya dengan benar. Kedua, pastikan kamu sudah update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

Kebanyakan penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa pesan video adalah karena ketidaktahuan dari cara menggunakannya. Jadi kemungkinan besar bukan disebabkan karena error atau masalah teknis lain.

Selain itu, letak fitur ini juga tersembunyi dibalik tombol pesan suara. Untuk memunculkannya, kamu perlu menekan satu kali tombol pesan suara dan itu akan membuatnya beralih ke opsi pesan video, setelah itu kamu bisa menggunakannya.

Baca Juga: Kenapa Pesan Terkirim Tapi Ditolak Penerima di MiChat

Jika setelah melakukan langkah di atas  pesan video tetap tidak muncul juga, kemungkinan penyebab lainnya karena kamu belum mengaktifkannya. Tidak seperti pesan suara yang sudah langsung muncul fiturnya di kamar chat, fitur pesan video perlu diaktifkan terlebih dahulu.

Inilah yang sering menjadi penyebab utama fitur pesan video WA hilang, karena kamu belum mengaktifkan fiturnya. Biasanya fitur ini diaktifkan secara otomatis setelah kamu melakukan pembaruan pada aplikasi WhatsApp. Tetapi, ada kasus dimana WhatsApp tidak mengaktifkan fitur ini secara default untuk beberapa pengguna. Jadi, agar pesan video muncul di WhatsApp, pengguna bisa mengaktifkannya secara manual.

Jika kamu tidak mengerti caranya, berikut ini cara mengaktifkan fitur pesan video WhatsApp agar muncul dan bisa digunakan:

1. Langkah awal, jalankan aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.

2. Selanjutnya, tekan ikon titik tiga yang kamu lihat disisi atas kanan layar.

3. Setelah terbuka beberapa pilihan, pilih opsi "Setelan".

4. Pada halaman Setelan, pilih menu "Chat".

5. Selanjutnya aktifkan opsi "Pesan video instan" dengan tap toggle disamping kanannya hingga menjadi hijau.

Contoh fitur pesan video WhatsApp sudah aktif

6. Setelah fitur tersebut berhasil diaktifkan, sekarang kamu tinggal mencobanya. Caranya, buka menu chat dengan seseorang atau grup.

7. Jika sudah, ketik 1X tombol pesan suara. Ingat, cukup satu kali ketuk saja, jangan menahannya. (Lakukan cara ini setiap kali ingin mengirim pesan video di lain waktu, karena tombol pesan video akan berganti lagi ke tombol suara saat kamu keluar dari kamar chat)

8. Jika fitur pesan suara sudah berganti ke pesan video yang tandanya ikonnya juga akan berganti, artinya sekarang kamu sudah bisa membuat pesan video. Untuk caranya hampir sama seperti menggunakan pesan suara, yaitu tekan lama ikon pesan video tersebut sambil merekam videonya, dan lepaskan untuk mengirimnya.

Contoh jika ikon fitur pesan video WhatsApp sudah muncul

9. Selesai.

Baca Juga: Cara Mengatasi Voice Note WhatsApp Terlalu Cepat

Di atas adalah langkah-langkah mengaktifkan fitur pesan video yang dapat menjadi cara untuk mengatasi pesan video WhatsApp tidak muncul atau tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi masalah lain seperti misalnya gambar pesan video buram atau blur, usahakan sinyal ponsel kamu stabil  agar dapat menggunakan fitur tersebut dengan lancar tanpa error dan video pesan juga tidak buram.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Pesan Video WhatsApp Tidak Muncul dan Tidak Bisa"