Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Link di Channel YouTube di Android

Cara Menambahkan Link di Channel YouTube di Android

 Berikut ini adalah ulasan tentang cara menambahkan link di channel YouTube di Android. Sebagai seorang pemilik channel, kamu diwajibkan mengetahui cara ini sebab dapat memberikan beberapa manfaat yang nantinya akan kamu rasakan sendiri.

Jika kamu punya blog, website, atau akun sosial media sosial lain, dengan menambahkan linknya di channel YouTube akan mengalihkan pengunjung ke blog, website, atau akun sosial media tersebut sehingga akan meningkatkan visibilitas dan kehadiran kamu secara keseluruhan di ranah online, dan ini juga akan mempermudah proses branding.

Tak sedikit para pemegang channel YouTube yang mengelola dan mengembangkannya hanya dengan bermodalkan HP Android dan aplikasi YouTube saja. Tampilan di aplikasi YouTube memang lebih sederhana dan mudah dipahami apalagi untuk kreator pemula. Namun, disisi lain hal itu juga berdampak pada keterbatasan fitur.

Buat pemula yang baru bergabung di YouTube dan ingin menyumbangkan video-video bermanfaat ke sana, kamu harus tahu dahulu bahwa beberapa fitur yang dibutuhkan oleh kreator tidak disediakan di YouTube versi aplikasi, contohnya seperti fitur untuk menambahkan link di header atau di bagian atas halaman channel YouTube milikmu.

Tapi kamu jangan khawatir, meski kamu tidak bisa menambahkan link di channel YouTube lewat aplikasinya, kamu tetap bisa melakukannya lewat YouTube Studio, yang mana merupakan tempat tersedianya semua fitur yang berguna bagi kreator YouTube untuk memaksimalkan channel miliknya.

Baca Juga: Cara Menambahkan Link Instagram di Profil Facebook

Namun, YouTube Studio yang dimaksud adalah yang versi web. Untuk aplikasi YouTube Studio di Android umumnya hanya digunakan untuk memantau atau melihat analisis dasar tentang perkembangan channel YouTube saja, dan di sana tidak ada fitur untuk mencantumkan dan menampilkan link.

Jadi, jika kamu ingin menambahkan link di channel YouTube di HP Android, dapat kamu lakukan dengan mengakses YouTube Studio lewat browser di Android masing-masing.

Cara Menambahkan Link di Channel YouTube di Android

di profil channel YouTube, kini semua kreator bisa menambahkan link eksternal lebih dari satu, jumlah maksimalnya adalah 10. Link yang ditambahkan boleh berupa link apapun, misalnya website, blog, Facebook, Instagram, X, TikTok, dan tautan atau URL lainnya yang tidak melanggar pedoman komunitas YouTube.

Semua link tersebut bisa diklik oleh siapapun yang sedang mengunjungi kanal YouTube milikmu. Untuk cara menambahkan linknya, silahkan kamu ikuti langkah demi langkah dari tutorial berikut ini:

1. Buka browser apa saja yang terinstall di Android punya kamu.

2. Setelahnya, kunjungi website YouTube Studio menggunakan URL https://studio.youtube.com.

3. Jika sudah login dan berada di dashboard YouTube Studio, tap ikon garis tiga horizontal yang ada dipojok atas kanan.

4. Setelah muncul beberapa pilihan dari sisi kanan layar, kamu harus pilih "Penyesuaian".

Cara Menambahkan Link di Channel YouTube di Android

5. Selanjutnya kamu akan melihat tiga tab, dan dari ketiga tab tersebut, pilih tap tab bernama "Info Dasar".

6. Setelah itu, pada opsi Link, tap "Tambahkan Link" yang berada di sekitar bawah halaman tersebut.

7. Selanjutnya akan muncul dua kolom kotak untuk memberi judul link dan memasukan link tujuannya. Buatlah judul link yang relevan dengan link tersebut, misalnya jika link mengarah ke profil Instagram kamu, maka kamu bisa menamai judulnya dengan nama "Instagram". Ini membantu pengunjung memahami kemana arah link tersebut jika di klik.

Untuk membuat link yang kedua dan seterusnya, tap lagi opsi "Tambahkan Link" lalu lakukan cara yang sama seperti di atas.

8. Selesai menambahkan link, untuk menampilkannya di profil YouTube tap "Publikasikan" yang berada di bagian atas kanan.

Cara Menambahkan Link di Channel YouTube di Android

9. Selesai.

Baca Juga: Cara Membuat Link di Bio Instagram Berwarna Biru

Langkah-langkah di atas akan mengantarkan kamu untuk memaksimalkan fungsi dari channel YouTube. Jika channel tersebut semakin berkembang, tentu kunjungan dari link-link tersebut juga akan semakin banyak.

Cara menambahkan link di channel YouTube lewat HP Android mungkin bisa berbeda dengan di YouTube desktop. Cara di atas memang dikhususkan untuk kreator YouTube yang memanfaatkan ponsel Android untuk mengelola channel miliknya. Jadi, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Link di Channel YouTube di Android"