Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fitur HP VIVO yang Jarang Diketahui Pengguna

10 Fitur HP VIVO yang Jarang Diketahui Pengguna

 Fitur HP VIVO yang jarang diketahui pengguna - Semakin maju perkembangan dari sebuah smartphone, semakin ketat pula persaingan yang terjadi di dalam industri tersebut. Persaingan ini melahirkan banyak smartphone dengan berbagai fitur dan kemampuan yang lebih canggih.

Setiap brand smartphone tak ingin kalah dengan brand lainnya, entah dari segi fitur maupun performanya. Begitupun dengan smartphone VIVO yang juga tak ingin kalah canggih dalam soal fitur.

Banyak smartphone VIVO yang dirancang dengan berbagai fitur canggih. Tapi sayangnya, tidak semua pengguna peduli dan mau mengeksplorasi fitur apa saja yang terdapat di dalam HP VIVO miliknya, sehingga banyak fitur yang jarang diketahui dan jarang digunakan juga oleh pengguna.

Namun kita tidak bisa menyalahkan pengguna, sebab mungkin saja memang letak fiturnya rahasia dan tersembunyi sehingga membuat pengguna VIVO tidak menyadari akan adanya fitur tersebut.

Tetapi yang disayangkan adalah karena beberapa diantara fitur yang telah diintegrasikan di HP VIVO saat ini, ada fitur yang sebenarnya cukup bermanfaat. Dengan berbagai fitur tersebut pengguna dapat memaksimalkan fungsi dan potensi dari HP VIVO miliknya.

Baca Juga: Apa itu Aplikasi iManager VIVO dan Fungsinya?

Maka dari itu, untuk kamu yang mungkin penasaran dan tertarik ingin mengetahui apa saja fitur di HP VIVO yang jarang diketahui, yang juga mencakup fitur rahasia dan fitur tersembunyi, pada artikel ini admin akan mengenalkan kamu dengan beberapa fitur tersebut.

10 Fitur HP VIVO yang Jarang Diketahui Pengguna

Jika kamu adalah orang yang sering oprek-oprek jeroan software ponsel VIVO, mungkin kamu akan familiar dengan beberapa fitur VIVO di bawah ini. Meskipun begitu mungkin ada saja beberapa diantaranya yang belum kamu ketahui.

Berikut ini 10 daftar fitur bawaan HP VIVO yang jarang kita tahu:

1. Menambahkan RAM

Fitur yang pertama adalah fitur Extended RAM yang berfungsi untuk menambahkan RAM di HP VIVO milikmu. Fitur ini mampu menjadikan sebagian ruang penyimpanan internal sebagai RAM tambahan. Umumnya kapasitas RAM yang bisa ditambahkan antara 1GB-2GB.

Fitur ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang hobi bermain game, sering menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan, dan aktifitas lain yang membutuhkan konsumsi RAM lebih besar. Fitur ini dapat kamu akses dengan membuka Pengaturan > RAM & ruang penyimpanan > RAM > kemudian aktifkan RAM Diperluas. Atau untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat cara menambahkan RAM HP.

2. Mengubah Suara Potret Kamera

Fitur pengubah suara potret atau suara jepretan kamera bisa kamu temukan dibeberapa HP VIVO keluaran terbaru. Biasanya, suara saat kamu memfoto hanya bisa diatur aktif dan tidak aktif saja. Namun kini kamu juga bisa mengubah suaranya.

Setidaknya ada 3 suara yang tersedia yang bisa digunakan, yaitu Rhyhm, Scifi, dan Machine. Untuk mengubahnya, silahkan kamu kunjungi Pengaturan > Suara & getaran > Suara Pop-up kamera > pilih suara kamera yang ingin kamu pakai.

3. Mengubah Mode Kamera ke 23MP (Megapiksel)

Fitur mengubah mode kamera - 10 Fitur HP VIVO yang Jarang Diketahui Pengguna

Fitur rahasia HP VIVO yang jarang diketahui dan bahkan dianggap bohongan alias tidak ada adalah fitur untuk mengubah sensor kamera ke 23 Megapiksel. Ada beberapa HP VIVO yang memiliki 3 jenis kamera belakang dengan resolusi 2MP, 8MP, dan 13MP. Jadi jika ditotalkan semuanya akan menjadi 23MP.

Nah, untuk menghasilkan kamera 23MP, kamu bisa menggabungkan semuanya dengan cara buka aplikasi Kamera bawaan di HP VIVO kamu lalu tap ikon Pengaturan Kamera yang berada disudut kanan atas layar, kemudian kamu tinggal mengaktifkan resolusi kamera 23MP.

Baca Juga: Download Gcam VIVO Y Series dan Cara Menginstalnya

4. Menyalakan Senter dengan Menggoyangkan HP

Nah, untuk fitur yang satu ini pasti masih banyak pengguna ponsel VIVO yang belum mengetahuinya. Fitur ini akan memudahkan kamu saat butuh penerangan dari senter HP, kamu tinggal menggoyangkan untuk menghidupkannya.

Cara tersebut dapat kamu lakukan ketika layar HP terkunci atau saat di layar beranda. Namun, kamu perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Untuk caranya, masuk ke menu Pengaturan > Pintasan dan Aksesibilitas > Gerakan Pintar > kemudian aktifkan opsi Goyangkan untuk menghidupkan senter.

5. Tap 2X Untuk Menghidupkan Layar

Fitur tap 2X untuk menghidupkan layar - 10 Fitur HP VIVO yang Jarang Diketahui Pengguna

Fitur yang jarang diketahui di HP VIVO yang berikutnya ini berguna untuk menghidupkan layar tanpa menekan tombol power. Makanya fitur ini banyak digunakan oleh pengguna VIVO yang tombol powernya bermasalah. Jadi caranya adalah dengan tap layar 2X dan layar akan langsung menyala.

Langkah-langkah untuk mengaktifkannya cukup sederhana, karena fitur ini masih termasuk ke dalam fitur Aksesibilitas di HP VIVO, jadi cara mengaktifkannya tidak akan jauh berbeda seperti kamu mengaktifkan fitur menyalakan senter dengan menggoyangkan HP seperti di atas.

Pertama, buka menu Setting/Pengaturan > Pintasan dan Aksesibilitas > Gerakan Pintar > Hidupkan layar cerdas > sekarang aktifkan opsi Ketuk dua kali untuk menyalakan layar. Jika ingin tutorial lebih jelas, kamu bisa melihat cara mengaktifkan ketuk layar 2 kali untuk menghidupkan layar VIVO.

6. Screenshot Panjang

Pernah melihat seseorang membagikan gambar berupa screenshot panjang di media sosial? Jika pernah, kamu harus tahu bahwa hal tersebut bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Hampir semua merek smartphone VIVO rilisan terbaru sudah memiliki fiturnya secara bawaan.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan screenshot dengan batas ketinggian yang bisa kamu sesuaikan sendiri. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat cara screenshot panjang.

7. Screenshot dengan 3 Jari

Selain fitur untuk screenshot panjang, fitur screenshot dengan 3 jari juga jarang diketahui oleh pengguna HP VIVO. Fitur ini akan memungkinkan kamu melakukan screenshot dengan lebih cepat dan mudah, yakni dengan menggeser 3 jari dari atas sampai ke bawah layar.

Cobalah praktekan hal tersebut sekarang. Jika tidak bisa, mungkin kamu perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu dengan membuka Pengaturan > pilih Pintasan dan Aksesibilitas > S-Capture > lalu aktifkan Geser ke bawah dengan 3 jari untuk tangkapan layar.

Jika kurang paham dengan langkah-langkah di atas, kamu bisa melihat langkah-langkah yang lebih jelas di artikel cara screenshot HP VIVO dengan 3 jari.

8. Fitur NFC

Fitur NFC - 10 Fitur HP VIVO yang Jarang Diketahui Pengguna

NFC atau Near Field Communication merupakan salah satu fitur HP VIVO yang sangat jarang diketahui. Pada dasarnya fitur ini memang hanya dimiliki oleh beberapa HP VIVO kelas menengah (Mide-range) hingga kelas atas (Flagship). Contohnya seperti VIVO X60 Pro, VIVO V20, VIVO Y53s, VIVO X50, VIVO V20 SE, dan VIVO V23.

Dengan Fitur ini kamu dapat melakukan berbagai hal dengan mudah, misalnya untuk transfer file, pembayaran online, men-charge, dan berbagi layanan lainnya. Semua itu dapat kamu lakukan hanya dengan mendekatkan perangkat VIVO kamu dengan perangkat tujuan.

9. Smart Split

Smart Split adalah fitur yang dapat digunakan untuk membuka 2 aplikasi secara bersamaan. Fitur ini akan membantu kamu untuk melakukan berbagai kegiatan yang bersangkutan dengan hal tersebut. Kamu tidak perlu bolak-balik antara satu aplikasi ke aplikasi lain sebab kamu bisa menjalankan keduanya dalam waktu bersamaan.

Biasanya untuk menggunakan fitur ini kamu tinggal menggeser 3 jari kamu dari bawah ke atas layar dan kemudian layar HP kamu akan terbagi menjadi dua. Selain dengan cara itu, kamu juga bisa mengaktifkan melalui menu yang ada didalam status bar HP VIVO kamu. Biasanya fitur ini bernama Layar Terbagi. Jika membutuhkan panduan, kamu bisa melihat 3 cara split screen di HP VIVO terbaru.

10. *#558# Dial Rahasia HP VIVO

Jika daftar sebelumnya lebih mengarah ke fitur HP VIVO jarang diketahui, untuk yang terakhir ini agak sedikit berbeda, yaitu sebuah kode dial yang jika dipanggil akan mengarahkan kamu ke sebuah halaman bernama Factory Test. Dihalaman tersebut kamu bisa mengecek dan mengetahui semua kerusakan yang terjadi pada HP VIVO kamu.

Pada halaman Factory Test, berbagai fungsi perangkat keras seperti layar sentuh, sensor, kamera, mikrofon, speaker, konektivitas jaringan, dan komponen hardware lainnya dapat diuji untuk memastikan bahwa semuanya beroperasi dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

Fitur tersembunyi ini biasanya digunakan oleh para teknisi atau pihak yang terkait dalam pengembangan dan perbaikan perangkat VIVO. Jadi untuk kamu yang tidak memahami cara penggunaan Factory Test, sebaiknya kamu jangan menggunakan fitur tersebut untuk bermain-main.

Baca Juga:

• 8 Fitur Gboard yang Jarang Diketahui Pengguna Android

• Fitur Rahasia Unik Dan Menarik Di Mesin Pencarian Google Yang Jarang Orang Tahu!

Jadi, itulah 10 fitur HP VIVO yang jarang diketahui pengguna. Beberapa fitur tersebut bisa kamu temukan di HP VIVO Y15s, Y02, Y12s, Y15, V5, Y30, Y30i, dan lainnya.

Tapi, tidak semua model HP VIVO memiliki beberapa fitur tersebut, atau ada beberapa fitur tersembunyi lainnya yang mungkin juga tidak disebutkan didalam daftar di atas. Untuk menemukan lebih banyak fitur lagi, kamu bisa menjelajahi menu Pengaturan, karena disanalah tempat semua fitur berada.

Posting Komentar untuk "10 Fitur HP VIVO yang Jarang Diketahui Pengguna"