Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi


Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

 Cara menambah RAM HP Android tanpa root dan tanpa aplikasi - Random Access Memory atau yang biasa disebut RAM, merupakan salah satu komponen cukup penting yang memengaruhi kinerja pada sebuah perangkat, misalnya perangkat Android. Semakin besar RAM yang dimiliki oleh HP Android tersebut, maka akan semakin bagus pula kinerjanya.

RAM yang besar memungkinkan kamu untuk menjalankan aktivitas berat di HP Android milikmu, contohnya menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan (multitasking) atau bermain game-game berat. Karena kapasitas RAM-nya cukup besar, kamu tidak perlu khawatir smartphone tersebut tidak sanggup untuk menampung semua pemrosesan data dari semua aplikasi yang sedang dijalankan.

Oleh karena fungsinya itu, semua pengguna Android pasti ingin memiliki HP dengan RAM yang cukup besar agar bisa menunjang semua aktifitas sehari-harinya didalam smartphone. Jika begitu, kamu bisa menambah RAM di HP Android dengan cara yang aman tanpa root dan tanpa aplikasi. Meskipun tidak semua HP Android bisa melakukan hal ini.

Pasti kamu berfikir bahwa RAM HP Android tidak bisa ditambah ataupun diperbesar karena RAM adalah sebuah hardware. Kamu memang benar bahwa RAM adalah sebuah hardware dan tidak mungkin untuk kita menggantinya dengan yang lebih besar. Tapi, dibeberapa HP Android rilisan terbaru, ada fitur yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas RAM. Fitur ini bernama Extended RAM.

Baca Juga:

• 6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone

• 5 Aplikasi Root Android Terbaik Tanpa PC

• Kelebihan Android 11 Dan Fitur Fitur Canggih Yang Dimilikinya

Extended RAM merupakan sebuah fitur bawaan di beberapa Android keluaran terbaru yang fungsinya memang benar-benar untuk meningkatkan RAM Android tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan dan tanpa melakukan rooting terlebih dahulu di HP tersebut.

Extended RAM bukan hanya sekedar memperluas RAM yang sudah ada dengan membersihkan semua aplikasi yang berjalan tapi kapasitas maksimal RAM-nya tidak berubah atau tidak ditambahkan, hal itu sama saja bohong. Tapi, untuk Extended RAM ini berbeda.

Jika penasaran, berikut ini admin akan membagikan cara menambah RAM HP dengan mudah tanpa aplikasi dan tanpa root, yaitu menggunakan fitur Extended RAM yang sudah tersedia secara bawaan.

Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

Sebelum lanjut ke tutorialnya, kamu harus tahu bahwa tidak semua smartphone Android memilik fitur untuk menambahkan RAM seperti ini, hanya beberapa HP tertentu saja. Di Android 10 dan Android 11, fitur ini sudah sangat sering ditemukan.

Namun meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba agar tidak penasaran dan siapa tahu di Android kamu juga sudah memiliki fiturnya karena akan sangat disayangkan sekali jika kamu tidak memanfaatkan fitur ini.

Apabila HP Android kamu memang benar-benar memiliki fiturnya, pastikan bahwa ruang penyimpanan internal di HP kamu cukup, karena fitur Extended RAM ini akan menggunakan ROM (Read only Memory) atau penyimpanan internal sebagai RAM tambahannya. Minimal ruang penyimpanan yang tersedia di HP kamu 3GB.

Untuk tutorial menambah RAM di HP Android dengan Extended RAM ini cukup mudah karena kamu hanya perlu mengaktifkan Extended RAM tersebut, dan cara untuk mengaktifkannya seperti berikut ini.

1. Buka menu Pengaturan atau Setelan di HP Android kamu masing-masing.

2. Didalam Pengaturan, cari dan pilih opsi "RAM dan ruang penyimpanan".

2. Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

3. Dihalaman selanjutnya kamu pilih opsi "RAM".

3. Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

4. Sekarang kamu tinggal mengaktifkan saja opsi "RAM diperluas".

4. Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

5. Setelah mengaktifkannya, untuk melakukan perubahan mungkin memerlukan mulai ulang telepon. Setelah HP kamu sudah hidup kembali, kamu bisa menggunakannya seperti biasa, yang berbeda hanyalah kapasitas RAM-nya saja yang sudah diperbesar sehingga kinerjanya juga akan meningkat.

6. Selesai.

Itu dia cara tambah RAM HP Android tanpa root dan tanpa aplikasi penambah RAM. Cara tersebut sangat cocok untuk kamu yang sering mengeluh karena RAM di HP sering penuh sehingga HP kamu jadi lemot saat menjalankan tugas-tugas tertentu yang lumayan berat. Untuk caranya sendiri sangat mudah, bukan?

Baca Juga:

• Penyebab Dan Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot Paling Ampuh

• 6 Fakta Unik dan Menarik Android Yang Jarang Diketahui Oleh Penggunanya

• Cara Mengubah Tampilan Android Menjadi iPhone Tanpa Root

Setelah kamu menambahkannya, sekarang kamu bisa merasakan sendiri perubahan yang terjadi di HP Android kamu apakah menjadi lebih lancar dan enteng digunakan dari sebelumnya atau malah biasa-biasa saja? Silahkan kamu nilai saja sendiri.

Admin mempraktekan cara diatas menggunakan HP VIVO Y30i, mungkin caranya akan sedikit berbeda untuk di HP lain, misalnya seperti di HP Samsung, Xiaomi, OPPO, VIVO, Infinix, Realme dan HP Android lainnya. Tapi admin percaya perbedaannya tidak akan terlalu jauh, mungkin hanya dari nama-namanya saja.

Jumlah atau kapasitas RAM yang bisa ditambahkan juga berbeda-beda. Untuk di HP yang admin gunakan sendiri RAM utamanya adalah 4GB dan yang bisa ditambahkan hanya 1GB, jadi totalnya 5GB. Ada juga HP Android yang RAM utamanya 2GB menjadi 4GB dan yang 4GB menjadi 8GB. Itu semua tergantung yang diberikan oleh si developer atau pengembang dari setiap masing-masing HP.

Itulah pembahasan dari cara menambah RAM HP Android tanpa root dan tanpa aplikasi tambahan, yang penting di HP kamu sudah ada fitur Extended RAM. Mungkin cukup sampai disini saja pembahasannya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi"