Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Aplikasi iManager VIVO dan Fungsinya?

Apa itu Aplikasi iManager VIVO dan Fungsinya?

 Apa itu aplikasi iManager VIVO dan fungsinya? - Untuk kamu pengguna smartphone VIVO yang termasuk keluaran terbaru, pernahkah kamu melihat aplikasi dengan ikon perisai yang bernama iManager didalam daftar menu aplikasi?

Nah, jika kamu sering melihat aplikasinya namun sama sekali tidak pernah menggunakannya, kamu harus tahu bahwa aplikasi tersebut memiliki beberapa peran sangat penting bagi smartphone VIVO milikmu. Jadi, sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkannya.

Apabila kamu penasaran mengapa aplikasi tersebut disebut sangat penting, kamu akan mengetahuinya melalui penjelasan berikut ini, silahkan simak!

Apa itu Aplikasi iManager VIVO?

Apa itu Aplikasi iManager VIVO dan Fungsinya?

iManager adalah aplikasi bawaan atau bloatware di HP VIVO yang dikembangkan oleh VIVO Mobile Communication Co., Ltd. iManager berguna untuk memantau kinerja dan keamanan dari ponsel VIVO milikmu serta mampu menganalisa semua masalah yang terjadi pada sistem dan aplikasi yang terpasang.

Kehadiran aplikasi ini bisa menggantikan posisi dari aplikasi antivirus dan aplikasi manajemen penyimpanan pihak ketiga. iManager bisa mendeteksi aplikasi berbahaya yang terinstall di ponsel VIVO dan juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan sistem perangkat dan menawarkan fleksibilitas tahap lanjut.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membersihkan file sampah dan cache, meningkatkan kinerja perangkat, memanajemen memori telepon, dan mencadangkan berbagai data penting seperti kontak, musik, pesan, video, dan foto dengan sistem manajemen perangkat yang mudah dan efisien.

Baca Juga: Apa Itu Opsi Pengembang? Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Opsi Pengembang di HP VIVO

Hingga saat ini aplikasi iManager terus dikembangkan, dan seiring perkembangannya, aplikasi ini sudah menciptakan berbagai fitur keamanan yang lebih canggih lagi untuk menangani virus atau masalah lain yang mungkin dapat mengancam keamanan sistem dan merugikan pengguna.

iManager akan mengirimkan notifikasi pemberitahuan ketika smartphone VIVO kamu mengalami kendala atau memerlukan perbaikan yang harus dilakukan sesegera mungkin.

Jika dibandingkan dengan aplikasi antivirus lain, iManager VIVO memiliki kemampuan yang lebih powerfull sehingga mampu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap sistem. Didalamnya terdapat berbagai alat utilitas yang memudahkan kamu untuk melakukan pemeliharaan dan mengoptimalkan performa ponsel VIVO milikmu.

Jadi, sebenarnya jika di ponsel VIVO kamu tersedia aplikasi iManager, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi antivirus atau aplikasi pembersih ruang pihak ketiga. Semua fungsi dari aplikasi tersebut tersedia didalam aplikasi iManager.

Fungsi aplikasi iManager VIVO

Adapun beberapa fungsi iManager pada HP VIVO yang sering digunakan, diantaranya sebagai berikut:

1. Mengoptimalkan Kinerja Perangkat

Mengoptimalkan kinerja merupakan fungsi utama dari aplikasi iManager. Ini bisa termasuk ke dalam berbagai hal, salah satu contohnya adalah menghentikan aplikasi yang berjalan di latarbelakang untuk memperluas RAM dan memperpanjang masa pakai baterai.

Jika kamu tidak memiliki waktu luang untuk melakukan pemeliharaan lebih dalam terhadap VIVO milikmu, kamu bisa melakukannya hanya dalam sekali ketuk saja dan alat ini akan langsung bekerja untuk mengatasi semua masalah dan memelihara sistem agar kinerjanya tetap stabil.

2. Menghapus Cache dan File Sampah

Biasanya pada menu utama aplikasi iManager, kamu akan menemukan opsi untuk membersihkan sampah atau cache yang tidak digunakan yang tersimpan di aplikasi. Dengan menggunakan iManager, kamu dapat menghapus file ini hanya dengan sekali ketuk saja. Bahkan aplikasi ini juga bisa menghapus cache memori secara otomatis jika memang tidak diperlukan lagi.

3. Pendeteksi Keamanan

VIVO iManager hampir mirip dengan aplikasi pembersih virus seperti Clean Master dan CCleaner karena keduanya memiliki fungsi yang dapat membantu mengidentifikasi dan menghapus berbagai jenis malware seperti virus, trojan, worm, spyware, dan adware yang mungkin ada di perangkat VIVO milikmu.

Selain memindai aplikasi berbahaya, iManager juga menyediakan fitur untuk memindai kerentanan sistem dan melindungi pembayaran melalui aplikasi dengan memasukan aplikasi tersebut kedalam fitur kotak brankas pembayaran, aplikasi yang dilindungi termasuk aplikasi E-Wallet dan M-Banking.

4. Pengelola Lalu Lintas Data

Aplikasi iManager di HP VIVO juga bisa digunakan untuk memantau lalu lintas data seperti melihat pemakaian data harian, mingguan, dan bulanan. Detail penggunaan data dari setiap aplikasi bisa kamu lihat di aplikasi ini entah untuk SIM 1 maupun SIM 2. Dengan ini kamu bisa mengetahui aplikasi mana saja yang menghabiskan data paling banyak.

Jika kamu merasa data internet kamu terlalu boros, kamu bisa mengaktifkan fitur mode hemat data di aplikasi ini atau membatasi beberapa aplikasi untuk menggunakan data internet.

5. Pengelola Aplikasi

Semua bentuk pengelolaan aplikasi seperti memperbarui, mencopot pemasangan, mengelola izin, menyembunyikan aplikasi, kunci aplikasi, mencadangkan data aplikasi, dan lainnya. Itu semua dapat kamu lakukan dengan lebih mudah hanya didalam aplikasi iManager saja.

Baca Juga: Fungsi dan Cara Menggunakan EasyShare di HP VIVO

Selain daftar di atas, masih banyak lagi fungsi iManager HP VIVO yang dapat kamu ketahui secara langsung dengan membuka aplikasinya. Tampilan aplikasi ini sangat sederhana dan ramah pengguna, sehingga itu akan membuat kamu lebih mudah untuk memahami tentang alat dan fitur-fitur didalamnya.

Tapi, setiap HP VIVO mungkin memiliki tampilan iManager yang berbeda dan fitur didalamnya juga berbeda. Namun, fungsi utama dari aplikasi ini tetap sama, hanya saja untuk aplikasi iManager versi terbaru mungkin memiliki beberapa fitur tambahan atau peningkatan dari fitur-fitur yang sudah ada.

Itulah sedikit banyak penjelasan tentang apa itu aplikasi iManager VIVO beserta fungsinya. Semoga setelah membaca penjelasan di atas, rasa penasaran kamu tentang aplikasi tersebut sudah terobati. Dan setelah tahu fungsinya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi iManager VIVO sebaik-baiknya.

Cukup sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Apa itu Aplikasi iManager VIVO dan Fungsinya?"