Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Split Screen di HP VIVO Terbaru 2021


3 Cara Split Screen di HP VIVO Terbaru 2021

 Split screen adalah salah satu fitur yang digunakan untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan. Dengan fitur ini pengguna bisa menjalankan aktifitas di dua aplikasi sekaligus didalam satu smartphone.

Pada saat kamu mendengarkan sebuah musik di YouTube, pernahkah kamu berkeinginan untuk membuka aplikasi lain juga tanpa harus menghentikan musik tersebut, karena yang kita tahu video musik di aplikasi YouTube akan berhenti jika kamu membuka aplikasi lain.

Nah, untuk memungkinkan hal seperti diatas kamu bisa menggunakan salah satu cara yaitu dengan mengaktifkan fitur yang bernama split screen tersebut. Fitur ini hadir bersamaan dengan dirilisnya OS Android 7 (Nougat).


Baca Juga:

• Cara Menyembunyikan File Di HP VIVO Tanpa Aplikasi

• Apa Itu Opsi Pengembang? Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Opsi Pengembang di HP VIVO

• 2 Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Di HP VIVO


Rata-rata smartphone Android terbaru saat ini sudah memiliki fitur split screen, contohnya seperti VIVO, Oppo, Xiaomi dan Samsung. Jadi kemungkinan besar smartphone yang kamu gunakan sekarang juga sudah memilikinya. Tapi meskipun begitu yang akan kita bahas kali ini hanyalah cara mengaktifkan fitur split screen di HP VIVO.

Mengaktifkan split screen di VIVO maupun di smartphone lainnya memang sangat mudah, namun untuk cara menggunakannya mungkin kamu akan merasa kebingungan apalagi jika kamu baru pertama kali mengaktifkan dan menggunakan fitur tersebut.

Ada beberapa langkah lainnya yang harus kamu ketahui sesaat setelah kamu berhasil mengaktifkan split screen di HP Android milikmu, contohnya seperti cara untuk menonaktifkan dan mengoperasikannya dengan benar. Tapi untuk pengguna smartphone VIVO tenang saja, kali ini admin akan memberikan 3 tutorial lengkap tentang fitur split screen. Berikut adalah pembahasannya.


3 Cara Split Screen di HP VIVO Terbaru 2021

Perlu diketahui bahwa admin mempraktekan cara dibawah ini menggunakan HP VIVO Y30i yang dimana memiliki fitur split screen bawaan, dan untuk kamu yang menggunakan VIVO tipe lain seperti VIVO Y20, VIVO Y91, VIVO Y91c, VIVO Y11, VIVO Y12 ataupun tipe VIVO lainnya juga bisa mencoba terlebih dahulu cara ini karena mungkin caranya tidak akan jauh berbeda.

Di HP VIVO, ada tiga cara mengaktifkan split screen. Cara yang pertama melalui menu di notifikasi, cara kedua yaitu dengan menggeserkan 3 jari kamu dari bawah ke atas layar, dan cara ketiga melalui recent apps.

Baiklah, jika kamu sudah penasaran bagaimana caranya silahkan simak dibawah ini.


1. Mengaktifkan Split Screen HP VIVO Melalui Menu Notifikasi

Cara yang pertama yaitu dengan mengaktifkannya melalui menu yang ada didalam pusat notifikasi. Cara ini merupakan cara umum yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna smartphone VIVO. Apabila kamu salah satu pengguna yang tidak tahu caranya, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini.

• Buka aplikasi pertama yang ingin kamu split screen.

• Setelah berada didalam aplikasi tersebut, buka menu di panel notifikasi dengan menarik jari kamu dari atas layar ke bawah.

• Selanjutnya kamu aktifkan "Layar Terbagi".

• Setelah itu jendela split screen akan langsung terbuka. Sekarang kamu bisa memilih aplikasi mana yang ingin kamu buka bersamaan dengan aplikasi yang kamu buka saat ini.

• Untuk menonaktifkan split screen di HP VIVO kamu hanya cukup menekan tombol kembali beberapa kali atau bisa juga dengan menarik batas pemisah antara kedua aplikasi tersebut keatas atau kebawah layar.

• Selesai.


2. Cara Split Screen di HP VIVO menggunakan 3 Jari

Sebelum kamu bisa mengaktifkan split screen menggunakan 3 jari di HP VIVO, pastikan bahwa pintasan ini sudah diaktifkan. Umumnya pintasan ini sudah aktif secara bawaan, namun jika dirasa bahwa di smartphone VIVO kamu belum diaktifkan kamu bisa mengaktifkannya dengan cara masuk ke Pengaturan > Pengelolaan Sistem > Pembagian Layar Pintar > Pembagian Layar Secara Manual > Lalu aktifkan opsi Geser ke atas dengan tiga jari untuk membuat layar terbagi.

Jika pintasan sudah diaktifkan, berikut ini cara untuk menggunakannya.

• Langkah pertama sama seperti cara diatas yaitu membuka aplikasi pertama yang ingin kamu split screen.

• Didalam aplikasi tersebut, geser layar dari bawah ke atas dengan tiga jari.

• Setelah itu layar split screen akan terbuka, silahkan kamu pilih aplikasi mana yang ingin dibuka bersamaan dengan aplikasi tersebut.

• Untuk menonaktifkannya sama seperti cara pertama diatas.

• Selesai.


3. Split Screen di VIVO Melalui Recent Apps

Cara split screen di HP VIVO 2021 yang terakhir yaitu melalui recent apps, di cara ini kamu tidak perlu mengaktifkan apapun seperti cara kedua tadi. Bagi kamu yang tidak tahu apa itu recent apps, recent apps adalah kumpulan aplikasi yang sebelumnya pernah kamu gunakan tapi aplikasi tersebut masih berjalan dilatar belakang karena kamu belum menutupnya.

• Buka recent apps atau riwayat aplikasi-aplikasi terbaru yang sebelumnya digunakan.

• Setelah itu cari aplikasi pertama yang ingin kamu split screen. Jika sudah menemukan aplikasinya tap ikon berbentuk dua kotak yang ada di bagian atas aplikasi tersebut.

• Selanjutnya layar terpisah akan terbuka dan kamu tinggal memilih aplikasi kedua yang akan dibuka di layar terpisah tersebut.

• Untuk menonaktifkan fitur tersebut caranya sama juga seperti kedua cara diatas.

• Selesai.


Baca Juga:

• 5 Fungsi Mode Pesawat Yang Jarang Diketahui Orang Banyak

• Cara Menghapus Hot Apps Dan Hot Games Di HP VIVO


Sekarang kamu bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus di HP VIVO milikmu dengan menggunakan fitur split screen.

Itulah 3 cara split screen di HP VIVO terbaru 2021 yang bisa kamu coba dengan sangat mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "3 Cara Split Screen di HP VIVO Terbaru 2021"