Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Samaran di YouTube Android


Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Samaran di YouTube Android

 Pada artikel yang sudah Admin bahas sebelumnya, yaitu tentang tutorial mengaktifkan mode terbatas YouTube, admin sudah berjanji untuk membahas juga tentang fungsi, cara mengaktifkan dan menonaktifkan mode samaran di YouTube. Dan sekarang ini adalah saatnya.

Di sini kita akan membahas fitur mode Incognito atau mode samaran di aplikasi YouTube HP Android secara mendalam, dimulai dari fungsi, cara mengaktifkan, cara menonaktifkan serta kelebihan dan kekurangan menggunakan mode tersebut.

Silahkan simak selengkapnya agar kamu bisa memahaminya secara mendalam.

Apa itu Mode Samaran di YouTube?

Mode samaran YouTube adalah suatu fitur yang termasuk kedalam fitur keamanan di YouTube. Fitur ini dirilis oleh YouTube pada tahun 2018 silam. Memang merupakan fitur yang sudah ada sejak lama.

Meskipun fitur lama namun masih banyak pengguna yang tidak mengerti tentang fitur ini. Bahkan ada sebagian yang menganggap bahwa fitur ini sama dengan fitur mode terbatas yang juga dimiliki oleh YouTube. Padahal keduanya berbeda, dilihat dari namanya saja sudah berbeda.

Secara garis besar, fitur mode incognito di YouTube ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan histori penelusuran dan video yang sudah ditonton dari akun YouTube mereka saat mode tersebut aktif. Menggunakan mode samaran hampir sama seperti kamu menjelajahi YouTube tanpa login.

Dengan begitu, privasi data akun YouTube kamu lebih terjaga saat kamu membuka YouTube pada perangkat yang terhubung ke beberapa pengguna. Selain itu, mengaktifkan fitur mode samaran juga berguna untuk kamu yang tidak ingin aktifitasnya dilacak oleh YouTube.

Sebab, selama kamu menggunakan YouTube dan mode samaran dalam keadaan aktif, semua riwayat penelusuran dan tontonan akan dihapus ketika kamu keluar dari mode samaran tersebut.

Baca Juga:

• Apa Itu Mode Pencahayaan Sinematik di YouTube dan Cara Mengaktifkannya

• Cara Mengaktifkan Mode Gelap YouTube Di Android

Mode samaran tidak berbahaya namun justru dapat memberikan perlindungan keamanan yang lebih besar terhadap privasi. Semua aktifitas kamu dalam mode samaran akan bersifat pribadi.

Mode samaran YouTube di Android biasanya berstatus nonaktif, dan perlu diaktifkan terlebih dahulu jika kamu ingin menggunakannya.

Fungsi Mode Samaran di YouTube

Beberapa fungsi dari fitur mode samaran berikut ini mungkin bisa menjadi alasan kenapa kamu perlu menggunakannya saat berada pada kondisi-kondisi tertentu.

1. Menjaga keamanan privasi

Fitur mode samaran mampu menjaga keamanan privasi tiap pengguna yang mengaktifkannya. Nanti, setelah fitur itu dinonaktifkan, jejak aktifitas dalam sesi mode samaran akan di hapus sehingga tidak akan diketahui oleh orang lain bahkan oleh pihak YouTube sendiri.

2. Memberikan rekomendasikan video yang lebih relevan

Biasanya jika kamu sering menonton atau mencari video di YouTube dengan genre tertentu, genre tentang Android misalnya, maka video yang akan direkomendasikan ke kamu sebagain besar adalah video yang sama dengan genre tersebut.

Namun, hal itu tidak akan terjadi saat kamu menggunakan mode samaran, fitur ini akan memberikan hasil penulusuran video yang lebih relevan dan murni tanpa melihat aktifitas kamu sebelumnya.

3. Menonton video yang dilarang

Meskipun YouTube memilik kebijakan dan filter terhadap konten-konten video yang tidak pantas atau dilarang, namun tetap saja ada video-video yang lolos dari filter dan tetap ditampilkan untuk dibeberapa perangkat tertentu.

Jika kamu ingin menonton video-video semacam itu namun tidak ingin meninggalkan jejak pada akun milikmu, kamu dapat mengaktifkan mode samaran YouTube untuk sementara sewaktu kamu menonton video itu.

4. Menggunakan perangkat bersama

Jika kamu sering bermain YouTube menggunakan perangkat bersama atau bukan perangkat milik pribadi misalnya komputer di sekolah, tempat kerja, atau di warnet. Kamu bisa memanfaatkan fitur mode incognito YouTube agar orang yang menggunakannya setelah kamu tidak akan bisa melihat aktifitas yang kamu lakukan di YouTube.

Itu dia beberapa fungsi mode samaran YouTube.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Samaran di YouTube Android

Mode samaran YouTube tersedia untuk beberapa perangkat baik Android, iPhone, maupun Laptop. Nah, khusus untuk kamu pengguna HP Android yang ingin mengaktifkan ataupun menonaktifkan mode samaran di YouTube, berikut adalah tutorialnya.

Cara mengaktifkan:

1. Pertama kamu buka aplikasi YouTube di HP Android masing-masing.

2. Setelah berada di halaman beranda, tap foto profil kamu disamping kanan atas.

2. Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Samaran di YouTube Android

3. Setelahnya kamu tinggal tap "Aktifkan Mode Samaran".

3. Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Samaran di YouTube Android

4. Selesai.

Penting: Fitur mode samaran hanya bisa diaktifkan jika kamu sudah login di YouTube.

Cara menonaktifkan:

1. Langkah awal sama sepert tadi, yaitu buka aplikasi YouTube di Android.

2. Selanjutnya, di halaman beranda tap ikon mode samaran disamping atas kanan.

2. Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Samaran di YouTube Android

3. Setelah muncul beberapa pilihan, silahkan kamu pilih "Nonaktifkan Mode Samaran".

3. Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Samaran di YouTube Android

4. Selesai.

Sebenarnya, cara mengaktifkan dan menonaktifkan mode samaran di aplikasi YouTube pada HP Android tidaklah berbeda jauh dan keduanya sangat mudah untuk dilakukan. Jika mode samaran dalam keadaan aktif, biasanya kamu akan melihat keterangan "Sedang dalam mode samaran".

Mengaktifkan mode samaran tidak akan mempengaruhi cara penggunaan kamu terhadap aplikasi YouTube, kamu bisa menggunakan YouTube seperti biasanya saja.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Fitur Mode Samaran YouTube

Terlepas dari fungsinya, setiap fitur pasti memilik beberapa kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan fitur mode samaran di YouTube ini.

Setelah kamu tahu cara mengaktifkannya, mungkin kamu juga harus tahu kelebihan dan kekurangan apa saja yang mungkin akan kamu dapatkan ketika menggunakannya.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan mode samaran di YouTube.

Kelebihan:

1. Privasi yang lebih terjaga

Lagi-lagi, fitur ini tak terlepas dari fungsinya untuk lebih memperketat keamanan privasi pengguna.

2. Perlindungan

Selain menjaga keamanan privasi, kelebihan lain dari fitur ini juga mampu melindungi dan mencegah pengguna agar terhindari dari ancaman online dan pelecehan, sebab dengan fitur ini kamu tidak akan memberikan informasi pribadi apapun kepada orang lain.

Kekurangan:

1. Disalahgunakan

Karena dapat bersifat anonim, seseorang bisa saja menggunakan mode samaran untuk berbuat kejahatan tanpa takut ketahuan.

2. Kurang dipercaya

Sebagian pengguna mungkin akan merasa tidak nyaman ketika berinteraksi dengan pengguna lain yang sifatnya anonim karena identitasnya yang tidak jelas/ tidak bisa diketahui.

3. Pembatasan fitur

Saat mode samaran dalam keadaan aktif, mungkin akses kamu ke beberapa fitur lain di YouTube juga akan dibatasi, misalnya tidak bisa berkomentar, menyukai video, mendownload video, melaporkan video, dan menyimpan video. Semua itu tidak akan bisa kamu lakukan dalam mode samaran.

Baca Juga:

• Pengertian dan Fungsi Mode Sepeda Motor di HP Android

• Apakah Mode Pesawat Bisa Menghemat Baterai HP? Berikut Jawabannya

Itulah bahasan mengenai fungsi, cara mengaktifkan dan menonaktifkan mode samaran di YouTube Android serta kelebihan dan kekurangannya.

Selain di YouTube, mode samaran juga tersedia di produk Google yang lain, yaitu di Google Chrome. Jika tertarik kamu juga bisa melihat pembahasannya.

Artikel ini admin akhiri, semoga informasi dan tutorialnya bisa bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Samaran di YouTube Android"