Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mode Incognito Google Chrome: Fungsi, Cara Mengaktifkan Dan Cara Menggunakannya


Mode Incognito Google Chrome: Fungsi, Cara Mengaktifkan Dan Cara Menggunakannya

Saat membuka browser Chrome pasti kamu sering melihat fitur yang bernama mode Incognito atau mode samaran. Lalu, apakah kamu sudah tahu fungsi, cara mengaktifkan dan cara menggunakan fitur mode Incognito Google Chrome? Jika belum, dan penasaran dengan salah satu fitur dari Chrome tersebut, simak ulasannya dibawah ini.


Fungsi Mode Incognito Google Chrome

Mode Incognito Google Chrome atau mode samaran merupakan salah satu fitur dari Google Chrome yang fungsi utamanya adalah melindungi privasi penggunanya saat sedang berjelajah di internet. Fitur ini akan melindungi privasi kamu dari semua halaman situs web yang kamu kunjungi.

Saat mode Incognito di Chrome aktif, semua histori penjelajahan dan informasi formulir yang kamu masukan pada situs web tidak akan dicatat dan disimpan. Bahkan didalam mode tersebut kamu tidak akan bisa melakukan tangkapan layar atau screenshot.

Dengan menggunakan mode Incognito, maka Chrome hanya akan mengingat data situs dan cookie pada saat penjelajahan menggunakan mode Incognito saja kemudian akan menghapusnya saat kamu mematikan atau keluar dari mode samaran tersebut.

Semua data yang tidak akan dicatat oleh Google Chrome saat mode pencarian rahasia diaktifkan adalah data situs, cookie, riwayat penelusuran, izin situs yang dikunjungi, dan informasi formulir yang kamu masukan didalam situs web contohnya seperti data login.

Tidak semua browser yang didalamnya terdapat fitur mode Incognito, namun salah satu browser yang sudah jelas memiliki fitur ini adalah Google Chrome.

Apakah mode Incognito aman?

Meskipun dapat menyembunyikan beberapa hal, namun tidak semua data mampu di sembunyikan dalam mode Incognito. Beberapa data yang akan tetap terlihat diantaranya adalah alamat IP, situs yang dikunjungi, dan Internet Service Provider (ISP) yang kamu gunakan.

Fitur ini sangat membantu kamu saat sedang meminjam HP seseorang untuk melakukan penelusuran di internet, sebelum melakukan penelusuran kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu agar semua data yang di catat oleh Chrome tidak akan di simpan sehingga si pemilik HP tidak akan mengetahui semua penelusuran yang kamu lakukan.

Jika salah satu dari fungsi mode Incognito ada yang kamu sukai atau yang menurut kamu sangat berguna, maka kamu bisa mengaktifkan mode Incognito saat hendak melakukan penelusuran menggunakan Chrome di HP Android kamu.

Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah sekali. Jika tidak mengerti caranya, silahkan kamu ikuti saja langkah langkahnya dibawah ini.


Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Data Di Google Chrome Android

• Cara Mengaktifkan Fitur Mode Gelap Di Google Chrome Android


Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Fitur Mode Incognito Chrome Android

Cara Mengaktifkan Mode Incognito Di Chrome :

• Buka aplikasi Google Chrome di HP Android kamu.

• Jika sudah ada pada beranda Chrome, sekarang tap ikon titik tiga yang ada diatas kanan layar.

• Setelah itu tap "Tab samaran baru".

• Selesai.


Sekarang kamu sudah menggunakan mode Incognito tersebut. Meskipun sedang menggunakan mode Incognito, namun untuk cara melakukan penelusurannya sama seperti kamu melakukan penelusuran seperti biasa.


Cara Mematikan Mode Incognito Di Chrome:

• Tap ikon kotak yang didalamnya terdapat sebuah angka.

• Setelah itu tap ikon "X" pada sesi mode Incognito tersebut.

• Selesai.


Untuk menonaktifkan fitur mode Incognito tidak bisa hanya dengan menekan tombol kembali, mekipun kamu keluar dari Chrome, sesi mode Incognito akan tetap aktif jika kamu tidak mematikannya, dan diatas adalah cara untuk mematikannya.

Sekarang aplikasi Chrome kamu sudah kembali normal seperti semula. Semua pengaturan yang ada pada mode Incognito sudah tidak berlaku dan semua penelusuran yang kamu lakukan akan kembali seperti biasanya.


Baca Juga:

• Cara Menampilkan Kursor Panah Di Browser Android

• Apa Yang Di Maksud Dengan Mesin Pencari Dan Macam Macam Mesin Pencari Selain Google


Itulah fungsi, cara mengaktifkan serta cara mematikan mode Incognito Google Chrome. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


Posting Komentar untuk "Mode Incognito Google Chrome: Fungsi, Cara Mengaktifkan Dan Cara Menggunakannya"