Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi


Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi

 VIVO merupakan salah satu smartphone yang cukup diminati sehingga banyak digunakan oleh banyak orang. Tak ayal jika didalam smartphone VIVO terdapat banyak sekali fitur yang begitu bermanfaat bagi pengguna. Salah satunya tidak lain dan tidak bukan adalah fitur keamanan.

Keamanan memang sudah menjadi fitur yang wajib dimiliki oleh setiap smartphone untuk menjaga kerahasiaan data dan privasi pengguna. Di HP VIVO sendiri ada beberapa fitur keamanan bawaan yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah fitur untuk menyembunyikan aplikasi.

Nah, setelah sebelumnya kita sudah pernah membahas tutorial melakukan kunci aplikasi di VIVO, sekarang ini kita juga akan membahas lagi tentang fitur keamanan lain yang dimilikinya, yaitu fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi ataupun game tanpa bantuan dari aplikasi pihak ketiga.


Baca Juga:

• Cara Kunci Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi

• Cara Menghilangkan Easy Touch di VIVO Y30 Dan Y30i

• Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root


Pastinya kamu pernah dong, suatu ketika ingin menyembunyikan aplikasi di VIVO milikmu karena merasa bahwa menguncinya saja tidak akan cukup, dan yang kamu inginkan ialah aplikasi tersebut tidak muncul didalam daftar menu aplikasi. Dengan begitu orang lain yang meminjam HP kamu tidak bisa melihat apalagi membukanya.

Fitur di VIVO ini tidak hanya dapat menyembunyikan aplikasi saja bahkan kamu bisa mengunci aplikasi yang sudah disembunyikan. Pastinya hal itu akan memberikan keamanan yang lebih tinggi pada aplikasi tersebut. Sangat keren, bukan?

Untuk kamu yang sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara lengkapnya, silahkan ikuti terus pembahasan berikut ini.


Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi

Menyembunyikan sebuah aplikasi adalah cara paling ampuh untuk menjaga data penting yang ada didalam aplikasi itu sendiri agar tidak bocor ke publik atau ke orang lain. Selain itu, cara ini juga bermanfaat untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai namun masih dibutuhkan.

Jika kamu merasa ribet karena terlalu banyaknya menu aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan di beranda HP VIVO milikmu, kamu tidak perlu menghapusnya, cukup dengan menyembunyikannya saja. Jadi kamu tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut jika sewaktu-waktu kamu butuh.

Terlepas dari semua fungsinya, ada sebagian orang khusunya pengguna VIVO yang masih merasa kebingungan saat ingin menyembunyikan aplikasi agar aplikasi tersebut tidak ditampilkan kedalam beranda atau menu aplikasi. Padahal VIVO sendiri sudah menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk hide aplikasi.

Nah, untuk kamu yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut di VIVO milikmu, berikut ini admin berikan tutorialnya. Silahkan disimak.


Cara menyembunyikan aplikasi di HP VIVO

1. Buka menu pengaturan atau setting di VIVO kamu masing-masing.


2. Didalam pengaturan, pilih opsi "Privasi".

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi


3. Lalu dihalaman selanjutnya pilih "Privasi dan enkripsi aplikasi".

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi


4. Setelah itu pilih opsi "Sembunyikan Aplikasi".

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi

5. Sekarang kamu tinggal memilih saja aplikasi yang ingin disembunyikan dengan cara mengaktifkan tombol yang kamu lihat pada tiap-tiap aplikasi tersebut.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi


6. Ada dua cara untuk melihat aplikasi yang disembunyikan, cara pertama yaitu dengan mengunjungi laman "Privasi dan enkripsi aplikasi" itu sendiri, dan yang kedua menggunakan pintasan, yaitu dengan usap ke atas dengan dua jari ketika sedang berada didalam beranda. Tapi jika ingin menggunakan pintasan kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu opsi "Lihat aplikasi tersembunyi".

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi

7. Kamu juga bisa mengunci folder tempat aplikasi VIVO tersebut disembunyikan, caranya dengan mengaktifkan opsi "Verifikasikan kata sandi privasi".

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi


8. Sedangkan untuk mengatur kapan waktu aplikasi tersebut akan disembunyikan lagi secara otomatis setelah kamu selesai menggunakannya, tap opsi "Cara dan kapan menyembunyikan aplikasi".

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi


9. Pada halaman selanjutnya kamu akan melihat tiga opsi yaitu:

Ketika mengunci layar: artinya aplikasi tersebut akan disembunyikan lagi hanya setelah layar terkunci.

Saat keluar untuk kembali ke antarmuka siaga: artinya aplikasi akan disembunyikan otomatis ketika kamu keluar dari aplikasi tersebut.

Setelah berjalan di latar belakang selama periode waktu tertentu: untuk opsi yang terakhir ini artinya kamu bisa menyesuaikan sendiri kapan waktu aplikasi akan disembunyikan setelah kamu keluar dari aplikasi tersebut atau setelah aplikasi tersebut berjalan dilatar belakang.

Silahkan kamu atur saja sesuai dengan keinginan masing-masing.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi

10. Selesai.


Sekarang aplikasi di VIVO kamu tidak akan lagi bisa dilihat ataupun dibuka oleh orang yang meminjam HP kamu karena mereka tidak tahu bahwa ada beberapa aplikasi yang sudah disembunyikan. Selian itu, mereka juga tidak akan tahu tempat dari aplikasi-aplikasi tersebut berada.

Tapi sayangnya, cara diatas hanya bisa dilakukan di HP VIVO yang sudah memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan sebuah aplikasi. Meskipun begitu, admin yakin bahwa sebagian besar smartphone Android yang ada saat ini pasti sudah memiliki fitur seperti itu. Jika dirasa HP kamu tidak memilikinya, jangan bersedih terlebih dahulu sebab kamu masih bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.


Baca Juga:

• Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Dengan Mudah

• Cara Menyembunyikan File Di HP VIVO Tanpa Aplikasi

• Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error


Itulah cara menyembunyikan aplikasi di HP VIVO tanpa aplikasi tambahan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi"