Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error


Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error

Semua para pengguna smartphone pasti pernah mengalami aplikasi yang digunakan tiba tiba mengalami error ataupun crash, ada banyak sekali penyebab yang membuat aplikasi Android bisa menjadi error. Namun semua itu masih bisa diatasi tergantung dari apa penyebabnya. 

Aplikasi Android yang error tidak semuanya di sebabkan oleh kesalahan dari aplikasi itu sendiri tetapi bisa saja hal itu karena faktor dari hp yang kamu gunakan, misalnya seperti aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat.

Umumnya aplikasi Android yang error juga akan menimbulkan beberapa ciri ciri, diantaranya adalah sering keluar secara tiba tiba, sering mengalami mulai ulang aplikasi dengan sendirinya, atau aplikasi selalu terhenti saat sedang digunakan.

Terkadang dalam beberapa kasus error yang terjadi pada aplikasi tidak mudah ditebak apa penyebabnya. Dan pesan kesalahan yang muncul sering kali berbeda beda.

Nahh, karena penyebab dari aplikasi Android error itu sangat banyak sekali pasti kamu akan bingung mencari cara untuk mengatasinya, apalagi jika kamu tidak mengetahui apa penyebabnya karena setiap error yang terjadi bisa disebabkan oleh beberapa hal bukan karena satu hal saja.

Maka dari itu, jika mengalami aplikasi error hari ini, kamu bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Jika tidak tahu caranya, tenang saja, berikut ini kami sudah merangkum beberapa solusi untuk kamu yang sering mengalami kendala aplikasi error di Android serta apa saja penyebab yang mengakibatkan aplikasi sering mengalami error.

Baca Juga: Pengertian File APK Beserta Fungsi, Cara Membuka File APK Dan Macam Macam Jenis Aplikasi Beserta Contohnya


5 Penyebab Aplikasi Error Di Android

1. Adanya Bug Pada Aplikasi

Salah satu penyebab aplikasi error yang sangat sering sekali terjadi adalah adanya bug atau kesalahan dari aplikasi itu sendiri. Masalah ini terjadi bukan karena kesalahan pengguna maupun perangkat Android yang digunakan.

Hal itu disebabkan oleh adanya kesalahan pada aplikasi yang belum diperbaiki oleh pengembang dari aplikasi tersebut. Untuk masalah ini kamu tidak akan bisa mengatasinya kecuali kamu harus menunggu ada perbaikan bug tersebut didalam pembaruan berikutnya.

Jika aplikasi tersebut sudah menyediakan pembaruan, segeralah untuk menginstall pembaruan tersebut agar error yang terjadi bisa teratasi.


2. Cache Aplikasi Yang Menumpuk

Secara singkat cache adalah file sementara yang tercatat pada aplikasi yang digunakan. Jika dibiarkan secara terus menerus, cache akan menumpuk dan semakin bertambah banyak.

Terlalu banyaknya cache dapat menyebabkan performa dari hp kamu jadi menurun karena cache juga membutuhkan yang namanya ruang penyimpanan. Jika cache terlalu memakan banyak ruang, hal ini dapat membuat hp menjadi berat dan memperlambat loading aplikasi sehingga membuat aplikasi sering mengalami error.

Baca Juga: Penyebab Dan Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot Paling Ampuh


3. RAM Yang Sudah Penuh

Selain dapat menyebabkan smartphone menjadi lemot, RAM yang hampir penuh juga dapat berdampak pada penggunaan aplikasi.

Terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat membuat RAM Android menjadi penuh, saat RAM penuh maka kinerja smartphone akan menurun dan membuat aplikasi yang di gunakan mengalami force close atau aplikasi terhenti.


4. Koneksi Internet Buruk

Saat sedang menggunakan aplikasi atau game yang bersifat online lalu kamu mengalami lag ataupun error lainnya, masalah seperti itu bisa di sebabkan karena koneksi internet yang kamu gunakan sedang mengalami gangguan, entah itu karena sinyal atau masalah jaringan lainnya.


5. Aplikasi Yang Tidak Kompatibel

Penyebab aplikasi error di Android berikutnya adalah aplikasi yang tidak kompatibel. Tahukah kamu apa itu aplikasi tidak kompatibel? Berikut ini bisa juga menjadi jawaban dari pertanyaan kenapa aplikasi tidak bisa berjalan.

Aplikasi tidak kompatibel adalah aplikasi yang tidak cocok untuk perangkat yang digunakan, baik itu dari segi hardware maupun dari segi sistem.

Contohnya jika kamu menggunakan Android Nougat (7.1.2),  lalu kamu ingin memasang aplikasi yang hanya kompatibel pada Android Oreo (8 .1), jika terjadi error saat kamu menggunakan aplikasi tersebut, maka itu adalah hal yang wajar karena ada beberapa kebutuhan dari aplikasi tidak terpenuhi di perangkat yang kamu gunakan.


6 Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error

1. Hapus Cache Pada Aplikasi

Seperti yang sudah di jelaskan diatas bahwa cache yang menumpuk akan memakan banyak ruang penyimpanan. Maka dari itu, kamu harus rutin memeriksa dan menghapus cache pada aplikasi.

Dengan menghapus cache pada aplikasi juga merupakan salah satu cara memperbaiki aplikasi yang terhenti.

Namun, jika kamu ingin menghapus cache pada aplikasi usahakan kamu menghapusnya dengan cara manual saja, jangan menggunakan aplikasi apapun. Kenapa? Karena menghapus dengan cara manual jauh lebih efektif dari pada menggunakan aplikasi.

Jika memang di Android kamu memiliki aplikasi pembersih bawaan, kamu juga boleh menggunakannya. Gunakan dua cara tersebut untuk memaksimalkan pembersihan cache.


Berikut ini cara menghapus cache pada aplikasi secara manual:

• Masuk ke "Pengaturan atau Setelan" di perangkat Android kamu.

• Pilih "Aplikasi dan izin".

• Lalu pilih "Pengelolaan aplikasi".

• Setelah itu pilih salah satu aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.

• Pilih "Penyimpanan internal".

• Sekarang kamu tinggal tap "Hapus cache" / "Hapus memori".

• Selesai.

Baca Juga: Apakah Memasang Aplikasi Antivirus Penting Untuk Smartphone Android? Simak Penjelasannya!


2. Perbarui Aplikasi

Dengan memperbarui aplikasi bisa menjadi cara untuk memperbaiki bug yang mengakibatkan aplikasi Android sering terjadi error atau bisa juga menjadi cara memperbaiki aplikasi yang rusak.

Kamu bisa memperbarui aplikasi Android dengan mudah langsung dari Play Store masing masing.

Baca Juga: Cara Update Aplikasi Android Di Google Play Store Secara Manual Dan Cara Menghentikan Update Otomatis Aplikasi


3. Restart Smartphone

Cara ini bisa dibilang cara yang paling mudah untuk mengatasi aplikasi yang error yang mungkin saja diakibatkan oleh masalah kecil dari sistem Android.

Meskipun cara ini bisa dibilang tidak terlalu ampuh dan tidak pasti juga, tapi banyak orang yang menggunakan cara ini dan banyak dari mereka yang berhasil.

Tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu. Jika memang tidak berhasil, masih banyak cara lainnya yang bisa kamu lakukan.


4. Hapus Data Pada Aplikasi

Menghapus data pada aplikasi beda halnya dengan menghapus cache. Jika menghapus data, maka semua data didalam aplikasi tersebut akan dihapus, hal ini mencakup semua media yang tersimpan didalam aplikasi, seperti foto, video, dan media lainnya.

Jadi, jika didalam aplikasi tersebut tersimpan media atau dokumen penting yang tidak ingin dihapus, kamu bisa memindahkan file media tersebut terlebih dahulu ke dalam folder lain sebelum kamu menghapus data dari aplikasinya.

Selain itu, menghapus data juga akan menghapus semua riwayat penggunaan dari aplikasi tersebut. Contoh jika aplikasinya adalah Facebook, setelah kamu menghapus data aplikasi Facebook yang sudah login dan ketika kamu membukanya lagi maka kamu harus melakukan login ulang. Sama halnya seperti kamu baru menginstall aplikasi Facebook.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi aplikasi Android yang error. Namun perlu diingat, kamu hanya menghapus data saja tetapi tidak dengan aplikasinya.


Berikut ini cara menghapus data pada aplikasi:

• Masuk ke "Pengaturan atau Setelan" di HP Android kamu.

• Pilih "Aplikasi dan izin".

• Lalu pilih "Pengelola aplikasi".

• Setelah itu pilih salah satu aplikasi yang ingin kamu hapus datanya.

• Pilih "Penyimpanan internal".

• Sekarang kamu tinggal tap "Hapus data".

• Selesai.


5. Install Ulang Aplikasi

Menginstall ulang aplikasi adalah menghapus aplikasi secara keseluruhan atau mencopot pemasangan aplikasi kemudian menggantinya dengan yang baru. Jika masalah error yang di timbulkan memang berasal dari aplikasi, maka ini adalah cara terampuh yang bisa kamu lakukan.

Saran sebelum kamu mencopot pemasangan aplikasi, ada baiknya jika kamu melakukan poin nomor 4 diatas terlebih dahulu agar semua data terhapus dan tidak ada yang tersisa.


Berikut ini cara menginstall ulang aplikasi di Android :

• Buka "Pengaturan atau Setelan" di Android kamu.

• Pilih "Aplikasi dan izin".

• Pilih "Pengelolaan aplikasi".

• Setelah itu pilih salah satu aplikasi yang ingin dihapus.

• Selanjutnya tap "Hapus instalasi" atau "Copot pemasangan".

• Setelah aplikasi benar benar terhapus, sekarang kamu masuk ke Play Store lalu cari dan "Install" lagi aplikasi yang sudah kamu hapus tadi.

• Selesai.


6. Perbarui Aplikasi WebView Sistem Android

WebView Sistem Android merupakan aplikasi bawaan dari Android sendiri yang memungkinkan pengembang untuk dapat menampilkan halaman web didalam aplikasi miliknya.

Pembaruan dari aplikasi WebView baru baru ini sedang heboh karena menjadi salah satu penyebab aplikasi tiba tiba menjadi crash saat digunakan.

Cara untuk mengatasinya cukup mudah, kamu hanya perlu memperbarui aplikasi tersebut didalam Google Play Store.


Berikut ini adalah cara memperbaruinya:

• Masuk kedalam aplikasi Play Store di HP Android kamu masing masing.

• Tap kolom pencarian lalu ketikan "WebView Sistem Android", setelah itu cari.

• Pada hasil pencarian, pilih aplikasi "WebView Sistem Android".

• Setelah itu tap "Perbarui" / "Update".

• Selesai.

Baca Juga: 5 Aplikasi Android Keren Dan Canggih Yang Jarang Diketahui


Itulah beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi aplikasi Android yang sering mengalami error.

Cukup sekian dari pembahasan kita kali ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error"