Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi


Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi

 Efek blur merupakan salah satu efek foto yang sering digunakan oleh banyak orang, entah itu untuk mem-blur objek pada bagian latar belakang atau yang sedang tren baru-baru ini adalah blur pada bagian wajah. Dengan membuat foto menjadi blur akan menjadikan foto tersebut terlihat lebih berkualitas dan kekinian.

Sekarang ini, efek blur tidak hanya bisa kamu jumpai pada kamera digital saja, dibeberapa smartphone juga sudah dibekali kamera dengan fitur seperti ini. Dengan kamera smartphone, kamu juga bisa menyesuaikan ingin membuat blur pada objek yang dekat ataupun objek yang jauh.

Tapi sayangnya, foto hasil jepretan menggunakan kamera smartphone dinilai tidak sebagus jika dibandingkan menggunakan kamera digital. Hal itu bisa disebut wajar karena kamera digital fungsinya memang dikhususkan untuk menghasilkan foto sebaik mungkin, berbeda dengan smartphone yang bisa digunakan untuk banyak hal selain memotret.


Baca Juga:

• Cara Menghapus Background Foto Tanpa Aplikasi

• Cara Membuat Tulisan Berjalan di HP Android Dengan Mudah

• 30 Nama Filter Instagram Yang Sering Dipakai Selebgram


Keluhan yang sering dirasakan oleh sebagian pengguna smartphone saat ingin membuat foto mereka menjadi buram biasanya disebabkan oleh kameranya yang tidak mampu membuat blur pada background foto jika fokus objek jaraknya terlalu jauh. Tapi itu tergantung dari kualitas kamera yang digunakan oleh smartphone itu sendiri.

Sebenarnya, untuk mem-buramkan foto di smartphone tidak perlu mengandalkan kamera bawaan jika dirasa hasilnya akan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Ada cara lain yang bisa digunakan untuk membuat foto jadi blur, bahkan cara ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa aplikasi.

Nah, pada kesempatan ini admin akan membagikan dua cara untuk menghasilkan efek ngeblur pada foto, yaitu blur di bagian wajah dan bagian latar belakang. Untuk kamu yang sudah penasaran bagaimana caranya, simak baik-baik tutorialnya berikut ini.


Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi

Kita semua tahu bahwa untuk menghasilkan foto blur yang keren dan berkualitas harus ada sedikit usaha yang dilakukan. Apalagi jika kamu hanya menggunakan smartphone, tentunya yang harus kamu lakukan adalah mengedit foto itu sedetail mungkin. Mungkin hal itu akan memakan waktu yang tidak sebentar, dan tidak mungkin bisa dilakukan untuk kamu yang sering sibuk.

Tapi, cara yang akan admin bagikan ini tidak akan memakan waktu yang cukup lama. Karena kamu tidak perlu lagi untuk mengeditnya, bahkan untuk kamu yang tidak memiliki keahlian apapun dalam hal edit foto sekalipun pasti bisa melakukannya.

Cara buat foto menjadi kabur ini memang online namun tidak menggunakan aplikasi, yang kita gunakan adalah sebuah website. Untuk tutorial selengkapnya adalah sebagai berikut.


1. Blur Foto Pada Bagian Latar Belakang (Background)

Cara yang akan admin bagikan yang pertama adalah untuk membuat blur pada latar belakang foto. Efek inilah yang paling banyak digunakan oleh orang-orang untuk mendapatkan kesan foto yang berkualitas. Kurang lebih seperti berikut inilah cara untuk membuatnya.


1. Buka aplikasi browser di HP kamu.


2. Setelah berada didalam browser kunjungi halaman website remove.bg.


3. Kemudian dihalaman beranda situs tersebut tap "Upload Image", lalu pilih salah satu foto yang ingin kamu buat blur backgroundnya.

Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi


4. Setelah itu foto yang kamu pilih akan otomatis dihapus latarnya. Langkah selanjutnya tap "Edit" yang ada pada bagian atas foto tersebut.

Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi


5. Sekarang kamu tinggal memilih tingkat blur yang akan diterapkan pada foto tersebut. Disana ada tiga pilihan, yaitu blur tingkat rendah, sedang, dan blur tingkat tinggi.

Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi


6. Kemudian untuk menyimpan foto yang sudah berhasil diblur, tap ikon download yang kamu lihat diatas kanan foto tersebut.

Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi


7. Selesai.

Sekarang kamu bisa melihat hasilnya di galeri HP kamu masing-masing.


2. Blur Foto Pada Bagian Wajah

Untuk membuat foto bagian wajah menjadi blur caranya berbeda dan website yang akan digunakan pun berbeda dengan yang kita gunakan di cara pertama tadi, dikarenakan website tersebut belum menyediakan fitur ataupun efek blur wajah. Namun meskipun begitu caranya tetaplah sama-sama mudah.


1. Langkah pertama sama seperti tadi, yaitu buka terlebih dahulu browser di HP kamu masing-masing.


2. Didalam browser tersebut kunjungi halaman website redacted blur atau redacted.app.


3. Dihalaman situs redacted, unggah foto kamu yang ingin diblur dengan cara tap "Select image", lalu pilih fotonya.

Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi


4. Sekarang saatnya untuk kamu menyesuaikan blur dengan fitur-fitur yang tersedia. Ada dua bentuk blur yang bisa digunakan yaitu bulat dan kotak. Disana kamu juga bisa memilih jenis blur, mengatur tingkat penyembunyian dan tingkat zoom. Silahkan kamu atur saja sesuai dengan yang kamu inginkan.

Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi


5. Setelah semuanya sudah selesai, untuk menyimpan foto tersebut kedalam galeri tap "Unduh".

Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi


6. Selesai.

Untuk hasilnya sudah bisa kamu lihat di galeri.


Baca Juga:

• Cara Menggunakan Aplikasi CapCut Untuk Edit Video Di Android

• Cara Menyalin Tulisan Di Foto Dengan Mudah Di Android

• 5 Aplikasi Galeri Untuk Android Gratis


Itulah cara membuat foto menjadi blur tanpa aplikasi, mulai dari blur latar hingga blur wajah. Kedua cara diatas sangat mudah dilakukan karena kamu tidak diharuskan untuk mengeditnya dengan sedemikian rupa.

Cukup sekian untuk tutorial kali ini, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi"