Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root

 Aplikasi bawaan atau aplikasi sistem merupakan sebuah software yang sudah terpasang saat kamu membeli sebuah smartphone baru. Meskipun begitu, tidak semua aplikasi bawaan memiliki peran penting didalam smartphone.

Setelah mengetahui ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak penting dan tidak digunakan, banyak orang yang ingin menghapus aplikasi bawaan di HP Android miliknya namun mereka takut jika aplikasi bawaan yang dihapus dapat memengaruhi sistem Android, misalnya dapat membuat error atau mengalami masalah lainnya.

Apakah aplikasi bawaan bisa dihapus dan apakah menghapus aplikasi bawaan Android itu berbahaya? Jawabannya adalah bisa, untuk berbahaya atau tidaknya itu tergantung dari aplikasi tersebut. Jika aplikasi tidak ada kaitan apapun pada sistem Android kamu bisa sah-sah saja untuk menghapusnya.


Baca Juga:

• 5 Aplikasi Terbaik Untuk HP Android Yang Sudah di Root

• 5 Aplikasi Root Android Terbaik Tanpa PC

• Cara Melihat Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store Terbaru


Pernahkah kamu mendengar tentang istilah Bloatware? Pasti kamu pernah saat membeli sebuah HP baru lalu ketika pertama kali menghidupkan HP tersebut kamu melihat beberapa aplikasi yang sudah terpasang yang menurut kamu aplikasi tersebut bukanlah aplikasi bawaan dari Android.

Nah, itulah yang disebut dengan aplikasi bloatware. Biasanya alasan aplikasi tersebut dijadikan sebagai aplikasi bawaan adalah karena pihak aplikasi sudah bekerja sama dengan produsen smartphone. Meskipun termasuk kedalam aplikasi bawaan, namun tidak jadi masalah jika kamu ingin menghapusnya.

Cara menghapus aplikasi bawaan di Android berbeda dengan menghapus aplikasi yang kamu pasang sendiri, yang mana aplikasi tersebut bisa kamu copot atau uninstall dengan mudah hanya didalam pengaturan aplikasi. Sedangkan untuk menghapus aplikasi bawaan pada HP Android memerlukan sebuah aplikasi khusus.

Jika dirasa kehadiran dari aplikasi-aplikasi bawaan Android tersebut tidak digunakan dan hanya memenuhi ruang penyimpanan saja, kamu bisa menghapusnya dengan cara berikut.


Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root

1. Download dan pasang terlebih dahulu aplikasi Ccleaner, aplikasi ini tersedia gratis didalam Play Store. Setelah aplikasi Ccleaner berhasil terpasang, langsung saja buka aplikasinya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root


2. Didalam aplikasi tersebut, tap ikon garis tiga yang berada diatas kanan layar.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root


3. Setelah itu akan muncul beberapa opsi menu, silahkan kamu tap opsi "Aplikasi".

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root


4. Kemudian dihalaman selanjutnya kamu akan melihat semua daftar aplikasi yang terpasang di HP Android kamu, baik itu aplikasi bawaan ataupun aplikasi yang kamu install sendiri. Jika ingin menghapus aplikasi bawaan (bloatware), pilih aplikasi yang diinginkan lalu tap "HAPUS INSTALASI".

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root


5. Setelahnya akan muncul sebuah pop-up berupa catatan dan pilihan, silahkan kamu pilih "Teruskan".

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root


6. Selesai.

Itulah cara menghapus aplikasi sistem di Android tanpa harus root HP. Caranya sangat mudah, bukan?


Baca Juga:

• 5 Aplikasi Android Keren Dan Canggih Yang Jarang Diketahui

• Cara Menggandakan Aplikasi Di Pengaturan Semua HP Android

• Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error

• Cara Menghapus Hot Apps Dan Hot Games Di HP VIVO


Catatan:

Tidak semua aplikasi sistem Android bisa dihapus dengan menggunakan cara diatas. Umumnya untuk aplikasi yang memang tidak bisa dihapus, maka yang akan dihapus oleh Ccleaner bukan aplikasinya melainkan semua data yang ada pada aplikasi tersebut.

Menghapus aplikasi bawaan tidak bisa sembarangan, ada banyak aplikasi sistem untuk melancarkan pengoperasian di HP Android milikmu yang mungkin kamu sendiri tidak tahu bahwa fungsi dari aplikasi tersebut sangatlah penting.

Jadi kamu perlu mempertimbangkan terlebih dahulu aplikasi apa yang ingin dihapus, apa saja resiko setelah menghapusnya, dan apakah harus kamu menghapus aplikasi tersebut. Ada baiknya lagi jika kamu bertanya kepada teman atau orang disekitar kamu yang mengerti tentang hal tersebut.

Demikian artikel tentang cara menghapus aplikasi bawaan di HP Android tanpa root. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root"