Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu

Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu

 Cara membuat reels di Instagram dengan lirik lagu - Gulungan atau reels merupakan sebuah fitur untuk membagikan konten video pendek di platform Instagram. Bisa dibilang konsep reels ini hampir serupa dengan di TikTok, yang dimana sekumpulan video sudah tersusun di satu tempat dan kamu tinggal scroll ke atas untuk memutar video berikutnya.

Jika kamu piawai dalam menghasilkan video reels yang berkualitas dan menarik, rutin membuat dan membagikan reels bisa menjadi salah satu cara yang terbukti efektif untuk meningkatkan jumlah followers dan kunjungan profil kamu karena reels dapat muncul di feed dan di eksplore Instagram pengguna lain.

Sekarang ini, salah satu elemen yang wajib ada di reel Instagram yang menarik adalah adanya musik disertai lirik didalamnya. Membuat reels Instagram dengan lirik lagu sedang menjadi trend dan hampir semua pengguna mengikuti trend ini, karena cara membuatnya pun juga gampang.

Untuk membuat liriknya bisa kamu lakukan tanpa aplikasi edit video pihak ketiga, sebab Instagram sudah menyediakan sendiri menu untuk menambahkan dan menampilkan lirik lagu di video reels. Selain itu, tampilan dari lirik lagu tersebut juga bisa di edit dan disesuaikan sendiri.

Baca Juga:

• Cara Menambahkan Musik di Story Facebook Lite

• Cara Membuat Status WhatsApp Musik Tanpa Aplikasi

Namun, membuat reels dengan lirik lagu hanya bisa dilakukan untuk video yang berdurasi 90 detik dan kurang dari itu. Untuk durasi lirik dan lagunya akan mengikuti durasi video reels yang kamu buat. Cukup dengan menambahkan lagu, kamu dapat menampilkan lirik otomatis dengan mudah.

Jika kamu ingin membuat reels dari video yang sudah ada musik atau suaranya, audio asli di video biasanya akan otomatis dimatikan, namun ada opsi yang bisa kamu pilih untuk bisa memutar kedua musik tersebut secara bersamaan dengan lirik yang tetap ada.

Berikut ini panduan lengkap untuk kamu yang ingin tahu tutorial membuat reels di Instagram dengan lirik lagu.

Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu

Sebelum mengikuti tutorial di bawah ini harap pastikan bahwa aplikasi Instagram yang digunakan sudah di update ke versi terbaru. Seperti biasa, ini dilakukan agar tidak ada perbedaan pada cara dan tampilannya.

1. Buka menu aplikasi Instagram di HP kamu.

2. Di beranda, tekan menu berbentuk ikon (+) tepat di tengah-tengah bawah.

2. Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu

3. Selanjutnya geser tab di bagian bawah untuk berpindah ke fitur "Reel". Lalu di halaman ini juga kamu bisa langsung memilih untuk membuat reel dari video yang ada di galeri atau membuat langsung dengan mengetuk opsi "Kamera" di bagian atas. Silahkan pilih dan buat videomu terlebih dahulu.

3.0. Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu
3.1. Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu

4. Setelah masuk ke halaman editor reels, tap menu dengan bentuk ikon musik yang ada di bagian atas.

4. Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu

5. Selanjutnya pilih lagu yang ingin ditambahkan. Kamu juga bisa mencari lagu  secara spesifik dengan menggunakan opsi pencarian.

6. Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu

6. Setelah memilih salah satu lagu, kamu akan diarahkan ke halaman untuk mengedit liriknya. Beberapa opsi edit yang tersedia diantaranya:

• Jika ingin mengubah warna tulisan lirik, tap ikon bulat warna-warni, lalu pilih warna yang diinginkan.

• Jika ingin mengubah font dan gaya tulisan lirik, tap huruf Aa di bagain bawah.

• Untuk mengubah bagian lirik yang ditampilkan, gunakan penggeser untuk memilihnya.

Setelah semuanya sudah diatur, tap ikon centang yang berada di atas kanan layar.

6. Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu

7. Setelah kembali ke halaman editor reels, kamu bisa memindahkan penempatan lirik tersebut dengan cara menggesernya ke area yang diinginkan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan opsi edit lain untuk lebih mempercantik reels. Setelah selesai, untuk menggunggah reels tersebut, tap tombol "Berikutnya".

7. Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu

8. Sebelum diunggah, kamu bisa membuat caption atau keterangan yang menggambarkan tentang reels tersebut. Jika ingin langsung mengunggahnya, tap tombol "Bagikan".

8. Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu

9. Selesai.

Cara membuat reels di Instagram dengan lirik dapat kamu praktikan dengan mengikuti langkah-langkah mudah di atas.

Baca Juga:

• Cara Membuat Reels di Facebook Lite Mudah

• Cara Membagikan Reels ke Story WA di Android

Setelah mengerti caranya, penting juga untuk memperhatikan kesesuaian antara lirik lagu dengan videonya. Anggaplah video hanyalah sebuah background untuk lirik tersebut, dan ketika liriknya tidak nyambung dengan video, kelihatannya malah tidak menarik dan justru aneh.

Untuk kamu yang tidak bisa menambahkan lirik pada lagu yang di pilih padahal versi Instagram yang kamu gunakan sudah versi terbaru dan sinyal kamu dalam keadaan stabil, bisa jadi itu bukanlah sebuah kesalahan atau terjadinya eror pada fiturnya, tetapi karena lagu yang kamu pilih memang tidak mendukung penggunaan lirik.

Ada lagu yang mendukung lirik dan ada juga yang tidak. Jika ingin membuat reels dengan lirik, maka carilah lagu yang ada liriknya.

Demikian pembahasan dari cara membuat reels di Instagram dengan lirik lagu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik Lagu"