Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage

Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage

 Sebelumnya, cara mengubah profil Facebook menjadi halaman atau fanspage biasa dilakukan dengan menggunakan link https://www.facebook.com/pages/create.php?migrate. Sekarang link tersebut sudah tidak bisa digunakan, yang artinya fitur sudah tidak tersedia.

Namun, Facebook tidak begitu saja menghapus fitur tersebut, melainkan menggantinya dengan fitur lain. Untuk mengubah profil akun Facebook menjadi halaman sudah dipermudah dan disederhanakan lagi semenjak Facebook mengusung fitur bernama mode profesional.

Hampir sama seperti fitur sebelumnya, fitur mode profesional juga memungkinkan kamu untuk membuat fanspage Facebook dari profil. Seperti namanya, mode profesional akan membuat tampilan profil Facebook kamu mirip dengan halaman fanspage yang profesional, dan ini juga akan mengubah tombol tambahkan teman menjadi tombol untuk mengikuti.

Orang-orang yang berteman dengan kamu akan menjadi pengikut. Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah keuntungan untuk kamu yang memiliki jumlah teman Facebook yang cukup banyak. Selain itu, halaman juga menyediakan fitur dukungan yang lebih banyak dibandingkan dengan fitur di akun Facebook biasa.

Biasanya salah satu alasan seseorang ingin mengubah profil Facebook jadi halaman adalah untuk menghasilkan uang lewat berbagai monetisasi yang tersedia di halaman Facebook, seperti diantaranya iklan di Reels, Bonus, Siaran Langsung, Iklan In-Stream dan Langganan.

Oleh karena itu kebanyakan fitur di mode profesional sebenarnya lebih dikhususkan untuk mereka para kreator digital Facebook sebagai alat untuk mengukur Insight, pendapatan, audiens, jangkauan halaman, dan alat bisnis digital lainnya.

Tapi, meskipun kamu bukan seorang konten kreator, kamu tetap dapat mengubah profil menjadi halaman Facebook karena untuk beralih ke mode profesional tidak memerlukan syarat apapun. Dan setelah beralih, kamu juga bisa beralih lagi ke profil biasa kapanpun kamu mau.

Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage

Meskipun bisa digunakan tanpa syarat, namun fitur Facebook profesional tidak tersedia untuk semua akun. Jadi, berharap saja bahwa Facebook sudah menyediakannya untuk akun kamu.

Sedangkan untuk mengubahnya sebenarnya bisa juga menggunakan Facebook Lite tapi ada beberapa fitur di mode profesional yang tidak tersedia atau eror di aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, disini kita akan menggunakan aplikasi Facebook biasa atau Facebook Biru.

Berikut ini cara mengubah profil Facebook menjadi halaman dengan fitur mode profesional:

1. Buka aplikasi Facebook Biru dan login dengan akun Facebook kamu yang ingin diubah jadi halaman.

2. Setelah memasuki halaman beranda, tap foto profil kamu yang letaknya tepat di samping kiri box status.

2. Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage

3. Di halaman profil akun kamu, tap ikon titik tiga disamping kanan opsi "Edit profil".

3. Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage

4. Selanjutnya kamu pilih menu "Aktifkan Mode Profesional". Jika tidak melihat menu tersebut berarti fiturnya belum tersedia untuk akun kamu. Silahkan coba kembali dengan akun Facebook yang lain jika kamu memilikinya.

4. Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage

5. Kemudian kamu tap tombol "Aktifkan" yang berwarna biru.

5. Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage

6. Akun kamu sudah berubah menjadi akun profesional dan sekarang kamu berada di halaman penyiapan untuk akun tersebut. Di sana kamu bisa melengkapi detail tentang akun seperti menautkan akun WhatsApp, memilih kategori profil, menambahkan link website jika memilikinya, dan lainnya. Untuk detail yang sudah dilengkapi akan tetap menggunakan yang saat ini kamu gunakan atau menggunakan data sebelumnya yang sudah ada di profil kamu.

7. Jika kamu ingin melihat bagaimana hasil tampilan dari akun Facebook setelah menjadi halaman, silahkan kembali ke halaman profil akun kamu lalu tap ikon titik tiga (seperti langkah ketiga di atas) kemudian pilih opsi "Lihat sebagai".

7. Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage

8. Kamu sudah bisa melihat tampilan profilnya seperti apa yang dilihat oleh orang lain ketika mengunjunginya. Tampilannya kurang lebih seperti contoh gambar di bawah ini.

8. Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage

9. Apabila suatu waktu kamu ingin mengembalikan akun Facebook ke profil biasa lagi, kamu dapat menonaktifkan mode profesional dengan cara yang mudah. Kamu tinggal mengunjungi halaman profil Facebook lalu tap ikon titik tiga seperti tadi, kemudian kamu pilih "Nonaktifkan Mode Profesional".

9. Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage

Ingat, menonaktifkan mode profesional juga akan menonaktifkan semua fitur yang dibawanya.

10. Selesai.

Baca Juga:

• 2 Cara Copy Link Fanspage Facebook di Android

• Cara Mengaktifkan Profil Picture Guard Facebook di Termux Android

Itu dia cara mengubah profil Facebook menjadi halaman fanspage dengan mudah menggunakan fitur mode profesional. Kamu tidak perlu membuat halaman baru yang terpisah dengan profil akun pribadi.

Layaknya sebuah Facebook page, kamu akan menemukan banyak fitur baru untuk akun kamu, salah satunya adalah fitur yang bernama "Dasboard Profesional" yang dapat kamu lihat di bagian halaman profil. Di dalam fitur tersebut kamu akan menemukan banyak fitur lainnya yang dapat kamu pelajari sendiri dengan mengunjunginya secara langsung.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Profil Facebook Menjadi Halaman Fanspage"