Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android

Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android

 Cara membuat suara notifikasi berbeda di setiap aplikasi di Android - Suara notifikasi adalah bunyi yang kita dengar sebagai pengingat adanya pemberitahuan baru yang masuk di smartphone Android kita. Karena perannya yang cukup penting, fitur ini sudah ada dari sejak ponsel jadul sampai ponsel canggih kaya sekarang ini.

Namun, perkembangan teknologi di Android sudah merubah banyak hal termasuk fitur suara notifikasi ini. Di sistem operasi Android yang lebih baru seperti Android 9 (Pie) sampai Android 13 (Tiramisu), suara notifikasi aplikasinya dapat kamu kostumisasi lebih dalam lagi dengan mengganti dan membuat suara notifikasi setiap aplikasi menjadi berbeda.

Meskipun ada sebagian aplikasi yang menggunakan nada dering notifikasi khas miliknya sendiri, namun umumnya pengaturan bawaan dari ringtone notifikasi di Android di atur sama untuk semua aplikasi, kamu akan menerima notifikasi dengan bunyi sama, baik dari aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga yang kamu install.

Dengan suara notifikasi yang sama, terkadang hal tersebut membuat kita sulit untuk mengidentifikasi aplikasi mana yang mengirimkan notifikasi saat kita sedang tidak menggunakan ponsel. Namun, dengan mengatur suara notifikasi yang berbeda di setiap aplikasi, kamu bisa dengan mudah untuk mengetahui asal notifikasi tersebut tanpa menghidupkan layar, cukup dengan mendengar suaranya saja.

Baca Juga: Cara Menggandakan Aplikasi Lebih Dari 2 di HP Android

Karena kamu bisa mengganti suara notifikasi di aplikasi tertentu, fitur ini bisa kamu gunakan untuk membedakan notifikasi yang penting dan yang tidak penting. Jika merasa ada aplikasi yang notifikasinya sangat penting dan tidak boleh terlewatkan karena berkaitan dengan pekerjaan atau hal lain yg perlu diprioritaskan, kamu tinggal membedakan suara notifikasinya saja.

Pengaturan suara notifikasi di aplikasi Android tidak terbatas sampai situ saja, melainkan kamu juga bisa menggantinya dengan suara notifikasi kustom atau suara ringtone sendiri yang kamu dapatkan dari hasil mendownload. Suara tersebut bisa digunakan untuk satu atau beberapa aplikasi pilihanmu. Namun untuk ini kamu perlu menyiapkan suara notifikasinya dahulu.

Dalam artikel ini teknoinfo09.com telah menyusun panduan tentang cara membuat suara notifikasi berbeda di setiap aplikasi. Langkah-langkahnya serupa di semua smartphone Android, hanya saja istilah nama menunya mungkin sedikit bervariasi. Kami telah menguji tutorial ini pada perangkat Android merek VIVO.

Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android

Membuat suara notifikasi berbeda di tiap aplikasi itu dilakukan melalui pengaturan sistem Android, tidak didalam aplikasinya, tanpa root dan juga tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

1. Pertama, masuk ke menu Pengaturan di HP Android kamu.

2. Di Pengaturan, selanjutnya kamu masuk ke menu "Aplikasi & Izin".

2. Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android

3. Kemudian kamu pilih "Pengelola aplikasi" untuk menampilkan semua aplikasi yang terinstall.

3. Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android

4. Setelah semua aplikasi tampil, pilih salah satu aplikasi yang ingin kamu ganti nada suara notifikasinya. Sebagai contoh admin memilih aplikasi Instagram.

5. Setelahnya kamu pilih "Notifikasi".

5. Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android

6. Kemudian kamu pilih notifikasi jenis apa yang suaranya akan diganti. Di sana akan ada banyak pilihan seperti notifikasi komentar, pesan, suka, dan sebagainya. Jadi, semua suara jenis notifikasi juga bisa kamu buat berbeda meskipun dalam satu aplikasi yang sama.

6. Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android

7. Setelah menentukan jenis notifikasinya, sekarang kamu pilih "Suara" / "Volume".

7. Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android

8. Sekarang saatnya kamu memilih suara notifikasi yang ingin diterapkan, biasanya akan ada pratinjau dari tiap suara saat kamu memilihnya. Di sana ada beberapa suara notifikasi bawaan, jika kamu ingin menggunakan suara sendiri, pilih "Nada dering kustom".

8. Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android

9. Lalu akan tampil daftar semua file audio yang tersimpan di Android kamu, ini termasuk musik, rekaman suara, dan jenis file audio lainnya. Pilih salah satu untuk menjadikannya sebagai suara notifikasi aplikasi tersebut.

Baca Juga: 8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis

11. Jika ingin mengganti suara notifikasi aplikasi lain, ulangi cara di atas namun pada bagian menu "Pengelola aplikasi", pilih aplikasi yang suara notifnya ingin kamu ganti. Caranya sesimpel itu.

12. Selesai.

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat suara notifikasi berbeda-beda di setiap aplikasi. Jadi jika lain kali kamu ingin mengganti suara notifikasi untuk aplikasi tertentu, kamu bisa melakukannya dengan mudah jika sudah paham caranya.

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root

Ingat, sebelum menggunakan cara di atas, kamu perlu memastikan bahwa mode diam atau silent di Android kamu sudah dinonaktifkan. Mungkin kamu tidak akan bisa mengatur suara notifikasi jika mode diam dalam keadaan aktif. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android"