Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar HP VIVO Dengan Suara Tanpa Aplikasi


 Cara merekam layar HP VIVO dengan suara tanpa aplikasi - Selain fitur screenshot, fitur rekaman layar atau Screen Record juga sudah menjadi kebutuhan umum bagi setiap pengguna ponsel VIVO. Biasanya fitur ini digunakan untuk membuat sebuah video rekaman layar yang berisi tutorial.

Tidak salah jika fitur rekam layar sangat dibutuhkan untuk para konten kreator video yang membahas tutorial mengenai apapun yang ada di HP VIVO, mulai dari tutorial yang sederhana sampai tutorial yang mendalam. Dengan adanya video rekaman sebagai contoh, penonton akan lebih mengerti dengan tutorial yang di jelaskan.

Sepertinya produsen smartphone VIVO mengerti akan keadaan tersebut, yang akhirnya membuat mereka meluncurkan fitur rekam layar bawaan miliknya sendiri. Dengan ini pengguna dapat melakukan rekaman layar HP VIVO tanpa aplikasi tambahan.

Selain itu, di dalam fitur screen record HP VIVO juga terdapat lagi berbagai fitur dukungan, ini termasuk fitur untuk menampilkan jejak sentuhan, memilih kualitas video rekaman, mode jangan ganggu untuk memblokir notifikasi ketika perekaman layar sedang berlangsung, dan mengaktifkan fitur untuk merekam dengan suara di VIVO.

Menurut admin, yang paling banyak di cari dan dibutuhkan dari beberapa fitur pendukung yang telah disebutkan di atas adalah fitur suara. Yang mana fitur ini memungkinkan pengguna tidak hanya merekam layar saja, namun dengan suaranya juga, baik suara dari audio sistem (internal) maupun dari mikrofon (eksternal).

Tapi meskipun fitur ini merupakan fitur bawaan, masih banyak pengguna yang kesulitan mencari tempat dimana pengaturan rekam layar VIVO itu berada guna mengaktifkan audio atau suara pada rekaman layar tersebut.

Baca Juga:

• Cara Membuat Nama di Layar Kunci HP VIVO Tanpa Aplikasi

• Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali Untuk Menghidupkan Layar VIVO

Oleh karena itu, pada kesempatan ini admin akan membantu kamu untuk memahami bagaimana cara rekam layar di HP VIVO dengan suaranya juga tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Merekam Layar HP VIVO Dengan Suara Tanpa Aplikasi

Agar hasil video merekam layar di pada HP VIVO ada suaranya, kamu bisa menggunakan atau mengikuti metode yang dijelaskan di bawah ini. Namun perlu di ingat, cara ini hanya dapat digunakan di semua tipe HP VIVO yang sudah memiliki fitur merekam layar bawaan.

1. Langkah pertama, kamu harus mengaktifkan suara pada perekam layar terlebih dahulu. Caranya, buka menu Pengaturan di HP VIVO.

2. Saat tiba di pengaturan, di sana kamu pilih "Pintasan & Aksesibilitas".

2. Cara Merekam Layar HP VIVO Dengan Suara Tanpa Aplikasi

3. Pada halaman berikutnya kamu pilih "S-Capture".

3. Cara Merekam Layar HP VIVO Dengan Suara Tanpa Aplikasi

4. Setelah itu, pada opsi "Rekam Layar" kamu pilih "Rekam Suara".

4. Cara Merekam Layar HP VIVO Dengan Suara Tanpa Aplikasi

5. Sekarang saatnya kamu memilih suara rekaman yang akan diambil saat rekam video di mulai. Ada 3 pilihan yang bisa kamu pilih, yaitu:

Audio sistem: Hanya merekam suara yang berasal dari HP VIVO kamu, contohnya suara musik, notifikasi, video, dan sebagainya

Audio mikrofon: Hanya merekam suara yang berasal dari luar HP, contohnya adalah suara kamu sendiri

Suara audio dan mikrofon sistem: Merekam dengan kedua suara di atas

Silahkan kamu pilih opsi suara yang kamu inginkan yang juga akan dimasukan atau direkam saat kamu merekam layar VIVO. Di sana ada 3 pilihan yang sudah di jelaskan fungsinya.

5. Cara Merekam Layar HP VIVO Dengan Suara Tanpa Aplikasi

6. Setelah selesai memilih suaranya, sekarang kita lanjut ke cara melakukan rekaman layar di HP VIVO. Untuk kamu yang tidak tahu caranya, jangan langsung di skip, simak artikel ini lebih lanjut.

7. Merekam layar bisa langsung di mulai melalui pusat kontrol atau bilah notifikasi di VIVO kamu masing-masing. Silahkan kamu buka bilah notifikasi dengan menyeret layar dari atas ke bawah.

8. Setelah itu, kamu tinggal cari dan tap "S-Capture".

8. Cara Merekam Layar HP VIVO Dengan Suara Tanpa Aplikasi

9. Setelahnya kamu akan melihat pop-up melayang. Di dalam pop-up tersebut, tap "Rekam Layar".

9. Cara Merekam Layar HP VIVO Dengan Suara Tanpa Aplikasi

10. Kemudian proses rekaman layar pada HP VIVO kamu akan langsung dimulai, dan kamu bisa memasukan suara apapun untuk mencoba apakah sudah bisa di isi suara atau tidak.

Saat proses rekaman, kamu juga akan melihat pop-up yang menampilkan waktu rekaman tersebut. Pada bagian pop-up tersebut ada pula tombol kotak berwarna merah, tap tombol tersebut apabila kamu ingin menghentikan rekaman layar.

11. Setelah rekaman diberhentikan, hasil videonya akan tersimpan di galeri. Silahkan kamu kunjungi galeri dan putar video tersebut untuk mendengarkan dan mengetahui apakah sudah ada suaranya atau belum. Jika kamu mengikuti tutorial di atas dengan benar, admin yakin hasil rekaman layar di smartphone VIVO kamu pasti sudah memiliki suara.

12. Selesai.

Demikian langkah-langkah dari tutorial merekam layar di HP VIVO beserta dengan suaranya yang dapat kamu lakukan tanpa aplikasi.

Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Tombol Easy Touch di HP VIVO

• 3 Cara Split Screen di HP VIVO Terbaru 2021

Dengan cara di atas kamu tidak perlu lagi melakukan voiceover atau audio overlay untuk menambahkan suara pada video layar yang kamu rekam sebab kamu dapat menambahkan suaranya secara langsung pada saat merekam layar.

Cara di atas dapat kamu coba di semua HP VIVO termasuk VIVO Y15, Y21, Y12, Y16, Y20, Y17, Y30, Y30i dan semua tipe VIVO terbaru lainnya.

Meskipun demikian, perlu kamu ingat bahwa istilah dan tampilan yang tepat di dalam pengaturan HP VIVO bisa saja berbeda tergantung pada versi sistem operasi dan antarmuka pengguna (Funtouch OS) yang digunakan di perangkat VIVO milikmu. Kamu bisa menangani hal ini dengan memilih opsi atau istilah yang hampir sama dengan yang ada di tutorial di atas.

Ulasan mengenai cara merekam layar HP VIVO dengan suara tanpa aplikasi kita akhiri sampai di sini saja. Semoga kamu bisa dengan mudah untuk memahami apa yang admin sampaikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Merekam Layar HP VIVO Dengan Suara Tanpa Aplikasi"