Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis


8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis

 8 Aplikasi pemutar musik offline di Android gratis - Setiap perangkat Android pasti sudah dibekali dengan aplikasi pemutar musik bawaan yang juga dapat digunakan tanpa harus tersambung ke internet. Tapi, terkadang pengguna tidak puas dengan fitur yang disajikannya.

Di HP Android merk apapun, aplikasi pemutar musik bawaan memang seringnya hanya menyediakan fitur-fitur biasa saja, tidak ada fitur yang spesial untuk menunjang kebutuhan pengguna saat mendengarkan musik. Selain itu, dari segi tampilannya pun kadang tidak menarik.

Dikarenakan hal itu, banyak diantara pengguna yang ingin berganti ke aplikasi pemutar musik offline dari pihak ketiga yang bisa di download secara gratis. Saat ini jumlah dari aplikasi musik offline untuk Android sudah tidak terhitung, itu memungkinkan kamu untuk memilih aplikasi dengan fitur yang kamu cari, sebab tiap aplikasi pasti memiliki fitur yang berbeda.

Meskipun aplikasi musik offline memiliki keterbatasan untuk streaming musik seperti yang bisa dilakukan di aplikasi JOOX, Spotify, dan Resso. Selain itu, kamu juga cuma bisa mendengarkan lagu yang ada di penyimpanan lokal saja, namun ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi ini.

Baca Juga:

• 5 Aplikasi Edit Video Android Offline Terbaik

• Cara Mematikan Musik Otomatis di Android Tanpa Aplikasi

• 20 Situs Download Musik Terbaik dan Gratis 2021

Aplikasi musik yang bersifat offline biasanya lebih ringan digunakan, ukuran downloadnya lebih kecil, bisa mendengarkan musik tanpa kuota dan tanpa adanya iklan yang bisa mengganggu aktifitas saat memilih lagu yang hendak diputar.

Jika ingin mencoba aplikasi ini, mungkin kamu akan menemukan banyak aplikasi serupa di Play Store dan akan bingung memilih mana aplikasi pemutar music offline terbaik yang bisa kamu install gratis. Namun sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena admin sudah mengumpulkan beberapa aplikasi pemutar musik gratis dan offline yang bisa dijadikan rekomendasi.

8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis

Semua aplikasi pemutar musik yang ada dalam daftar di bawah ini tersedia di Play Store, jadi keamanan dari menggunakan aplikasi ini sudah terjamin.

1. AIMP

1. AIMP - 8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis
Sumber foto: https://play.google.com

Aplikasi diurutan pertama bernama AIMP, aplikasi ini memiliki segudang fitur canggih yang membuat pengguna tidak hanya sekedar mendengarkan lagu saja, namun dibantu dengan fitur yang mampu memberikan pengalaman musik-an yang lebih baik.

Beberapa fitur utama yang dimiliki platform musik offline ini ialah fitur untuk mengganti tema, pengatur waktu tidur, fitur ekualiser yang cukup lengkap, membuat banyak playlist, dan kamu juga bisa mengatur daftar antrean musik sesuai keinginan sendiri.

Selain itu, aplikasi musik juga ini mendukung berbagai macam format audio diantaranya MP3, MP4, MPC, MPGA, MTM, OGG, AAC, APE, DFF, DSF, FLAC, M4A, M4B, MO3, MOD, MP2 OPUS, S3M, TTA, UMX, WAV, WEBM, WV, dan XM. 

Menurut data di Play Store, aplikasi AIMP sudah di download lebih dari 10 juta pengguna Android. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis dengan ukuran download yang ringan, yaitu hanya 5,88 MB.

2. Poweramp Music Player

2. Poweramp - 8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis
Sumber foto: https://play.google.com

Aplikasi musik offline terbaik untuk perangkat Android yang selanjutnya adalah Poweramp Music Player. Platform musik ini juga memiliki sejumlah fitur keren untuk kebutuhan mendengarkan musik, sebagian dari fitur tersebut dapat di akses meskipun tanpa koneksi internet.

Aplikasi ini menyediakan 10 ekualiser grafis yang dioptimalkan untuk berbagai format dan preset. Sedangkan untuk fitur lainnya yaitu ekualiser parametrik, mono mixing, stereo expansion, reverb, dan sistem musicFX jika HP Android kamu mendukungnya.

Aplikasi ini juga mendukung pemutaran musik di latar belakang dan saat layar mati atau saat layar terkunci. Dan kamu juga bisa memutar musik langsung dari folder di penyimpanan Android kamu.

Saat menggunakan aplikasi musik ini, kamu akan dimudahkan lagi dengan adanya berbagai macam navigasi seperti usap ke bawah untuk membuka daftar putar sekarang, geser sampul album untuk lagu selanjutnya atau sebelumnya, geser layar ke kiri atau ke kanan dari daftar putar untuk kembali cepat dan masih banyak lagi.

Untuk mencoba fitur-fitur tersebut, kamu bisa langsung download aplikasi ini di Google Play Store secara cuma-cuma. Untuk ukuran downloadnya sendiri sekitar 8,29 MB saja. Kamu akan menjadi salah satu dari 50 juta orang yang pernah mendownloadnya.

3. Pemutar Musik

3. Pemutar Musik - 8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis
Sumber foto: https://play.google.com

Pemutar musik merupakan salah satu platform aplikasi pemutar musik offline dan gratis besutan dari Recorder & Music Apps. Dari segi tampilan, aplikasi ini memiliki interface yang sederhana serta mudah digunakan. Didalamnya terdapat fitur tema bagi kamu yang ingin membuat tampilannya lebih stylish.

Aplikasi ini mendukung pemutaran dari berbagai file musik dan audio misalnya MP3, MP4, WAV, MO3, M4A dan masih banyak lagi. Tiap lagu yang baru ditambahkan akan dengan cepat terdaftar di dalam aplikasi ini dan kamu bisa langsung memutarnya di sana.

Jika ingin lebih mudah lagi saat ingin memainkan lagu, kamu bisa menambahkan widget dari aplikasi ini ke layar beranda dan nantinya kamu bisa memutar lagu tanpa masuk ke aplikasinya lagi, cukup melalui widget itu saja.

Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat daftar putar baru sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada pula fitur Tambahkan ke Antrian yang dapat digunakan untuk menambahkan beberapa lagu dan memutar lagu secara selektif.

Dan sebagai fitur tambahan lainnya kamu juga bisa memotong lagu dan menjadikannya sebagai nada dering dengan melakukannya secara langsung dari aplikasi Pemutar Musik ini.

Kamu bisa menikmati semua fitur yang ada di dalam aplikasi ini secara gratis dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu di Play Store dengan ukuran download 7,54 MB, tidak kalah ringan dengan aplikasi pemutar musik sebelumnya.

4. Musicolet

4. Musicolet - 8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis
Sumber foto: https://play.google.com

Aplikasi Musicolet masuk ke dalam rekomedasi aplikasi musik offline gratis di Android karena untuk menggunakan semua fitur yang ada di dalam aplikasi ini memang benar-benar tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali. Dan di dalam aplikasi ini tidak terdapat iklan apapun.

Musicolet mendukung hampir semua bentuk pengelolaan file musik langsung di dalam aplikasinya. Jadi, di dalam platform ini kamu bisa memindahkan/menyalin lagu, mengganti nama folder, menghapus lagu dan lain sebagainya.

Sedangkan dari segi fitur untuk musiknya tidak kalah canggih dari aplikasi lainnya, Musicolet menawarkan pengguna fitur ekualiser prasetel dan pengaturan ekualiser terpisah untuk headphone, speaker, bluetooth dan lainnya.

Hebatnya lagi, aplikasi musik ini mendukung fitur lirik offline dari file audio ID3 tag yang memungkinkan Musicolet untuk menampilkan informasi tentang lagu yang diputar termasuk lirik. Kamu bisa menambahkan lirik tertanam menggunakan pengubah tag ID3 atau menggunakan file format .irc yang dimiliki.

Pada aplikasi pemutar musik ini terdapat fitur pintasan atau widget dan kamu bisa menambahkan pintasan secara spesifik, misalnya pintasan dari album, daftar putar, dan artist.

Dengan semua fitur canggih yang ditawarkan, Musicolet bisa kamu dapatkan secara gratis dan dapat digunakan ketika offline. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menghemat kuota.

5. Oto Music

5. Oto Music - 8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis
Sumber foto: https://play.google.com

Jika yang kamu cari adalah aplikasi musik terbaik offline dengan ukuran sangat ringan, mudah digunakan, dan memiliki tampilan yang friendly, mungkin kamu harus mencoba aplikasi yang bernama Oto Music.

Aplikasi ini hadir dengan beberapa fitur dan material yang dirancang khusus untuk Android, seperti diantaranya dukungan otomatis Android, chromecast, dukungan lirik normal, dukungan beberapa artis, genre dan album dengan pemisah khusus, dan masih banyak lagi.

Jika sudah bosan dengan tampilannya, kamu bisa mengganti tema utama, tema yang sedang diputar, mengganti warna aksen dan warna sorot, tema Amoled, tema default sistem seperti tema gelap, tema terang dan penghemat baterai. Tema di aplikasi Oto Music bisa kamu personalisasikan sesuka hati.

Seperti yang dikatakan di awal tadi, aplikasi ini sangat ringan dengan ukuran download hanya 4,91 MB saja, kamu bisa mengunduhnya dengan gratis di Play Store masing-masing.

6. Pulsar Music Player

6. Pulsar - 8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis
Sumber foto: https://play.google.com

Aplikasi musik offline Pulsar ini memiliki UI dengan material yang sederhana, kamu bisa mengelola dan memainkan musik dengan lebih mudah berdasarkan berkas, album, artis, dan genre. Serta ada juga playlist pintar yang akan mengelompokkan lagu yang sering diputar, lagu baru ditambahkan dan trek baru diputar.

Pulsar didukung dengan pemutaran gapless yang mampu memainkan satu trek musik ke trek musik lainnya tanpa adanya jeda atau keheningan. Dengan kata lain, ketika sebuah lagu berakhir, lagu berikutnya akan langsung dimulai tanpa jeda.

Tidak hanya itu, aplikasi musik ini juga memiliki beberapa fitur dukungan lainnya seperti tema warna-warni, menampilkan lirik offline, dukungan sunting ID3 tag, pencarian cepat di album, dukungan chromecast, dan pengatur waktu tidur yang dapat menghentikan musik secara otomatis berdasarkan waktu yang kamu tentukan sendiri.

Pulsar memiliki fitur untuk menelusuri ulang lagu perpustakaan, kamu bisa menggunakan fitur ini jika ada lagu yang baru ditambahkan namun tidak muncul di dalam aplikasinya.

7. MediaMonkey

7. Media Monkey - 8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis
Sumber foto: https://play.google.com

MediaMonkey merupakan aplikasi pemutar musik dan video dengan fitur pengaturan suara, ekualiser, dukungan untuk menampilkan lirik secara offline, dan kemampuan untuk editing informasi musik seperti judul, artis, album dan sampul album.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mendeteksi adanya duplikat file musik di perpustakaan atau koleksi musik lokal. Ada juga fitur podcaster yang dapat digunakan untuk mendownload dan mengatur percakapan podcast.

MediaMonkey memiliki User Interface yang simpel dan sederhana sehingga akan memudahkan kamu untuk mengelola musik klasik, podcast, buku audio, dan musik-musik lainnya. Pengguna juga bisa mentransfer musik dari PC ke perangkat Android berkat adanya fitur sinkronisasi.

MediaMonkey hadir dalam dua versi yaitu versi gratis dan berbayar, serta versi offline dan versi online. Yang membedakan antara versi-versi tersebut hanya dari segi fitur yang dimana ada tambahan fitur di versi online dan berbayar.

Namun, bagi pengguna yang ingin mendengarkan musik di perpustakaan lokal saja, fitur di versi gratis sudah cukup mendukung.

8. Pi Music Player

8. Pi - 8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis
Sumber foto: https://play.google.com

Pi Music Player merupakan aplikasi pemutar lagu offline yang memiliki banyak fitur pendukung untuk mendapatkan pengalaman terbaik mendengarkan musik di Android. Berbagai fitur yang dimilikinya tidak kalah keren dan canggih dari aplikasi-aplikasi sejenisnya.

Selain memiliki tampilan antarmuka yang menarik, aplikasi ini juga menawarkan 25 tema latarbelakang dengan beberapa kategori, ada tema gelap, tema terang, dan tema mengkilap untuk membuat tampilannya lebih elegan.

Untuk fitur-fitur yang dimilikinya antara lain fitur berbagi album, widget, memotong dan membuat nada dering, pengatur waktu tidur, geser untuk mengganti lagu, mengedit informasi lagu, pemutar musik di layar kunci dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

• Cara Mengetahui Judul Lagu Dari Video TikTok, YouTube dan Instagram

• Cara Menghilangkan Suara di Video Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Itulah dia 8 aplikasi pemutar musik offline di Android gratis yang layak kamu coba. Diantara aplikasi-aplikasi tersebut ada beberapa aplikasi yang juga bisa digunakan saat online untuk membuka beberapa fitur lainnya.

Meskipun termasuk ke dalam aplikasi berkategori offline, namun untuk soal fitur tidak lah pelit. Pengguna akan disuguhkan dengan berbagai fitur dukungan untuk mendapatkan pengalaman bermusik yang lebih baru dan lebih canggih.

Semoga informasi dan ulasan di atas bisa membantu kamu untuk menemukan aplikasi musik offline yang selama ini kamu cari. Cukup sekian dan terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "8 Aplikasi Pemutar Musik Offline di Android Gratis"