Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Logout Akun Google Tanpa Menghapus Akun di HP

Cara Logout Akun Google Tanpa Menghapus Akun di HP

 Cara logout akun Google tanpa menghapus akun di HP - Dalam penggunaan smartphone sehari-hari, akun Google memiliki peran yang begitu penting. Bisa dikatakan sebagian besar fungsi di smartphone bergantung pada akun Google, sebab beberapa aplikasi Android ada yang wajib menggunakan akun Google agar bisa digunakan.

Misalnya aplikasi Play Store, kamu tidak akan bisa menggunakan aplikasi ini untuk menginstall aplikasi yang diinginkan jika tidak memiliki akun Google. Selain Play Store, beberapa produk Google lain juga membutuhkannya, seperti Google Duo, Gmail, Google Chrome, dan Google Drive untuk membuat cadangan data-data penting.

Pada kesempatan tertentu, mungkin kamu pernah login atau memasukan akun Google kamu di HP lain untuk mengakses berbagai layanan Google yang diantaranya sudah disebutkan di atas. Nah, setelah tugas diselesaikan, kamu pasti ingin mengeluarkan lagi akun Google di perangkat lain yang tidak kamu percaya demi menjaga kerahasiaan dan keamanan data didalamnya, namun tanpa menghapusnya.

Tetapi untuk logout akun Google tanpa menghapus akun tidak seperti logout dari aplikasi media sosial yang caranya jauh lebih mudah. Untuk akun Google ini prosesnya akan melibatkan pengaturan akun di perangkat Android kamu.

Baca Juga:

• Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

• Cara Menerjemahkan Buku di Google Book ke Bahasa Indonesia

Sudah banyak orang yang ingin melakukannya namun takut caranya salah, khawatir bukannya logout malah menghapus akun secara permanen yang mana akan membuat kamu kehilangan data dan akses ke aplikasi-aplikasi yang terhubung dengan akun Google tersebut.

Oleh karena itu, dalam artikel ini Admin akan membagikan tutorial step-by-step yang mudah dan aman untuk logout akun Google di HP kamu tanpa menghapus akun. Kamu tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data karena cara ini akan menjaga data di akun Google kamu tetap aman selama proses logout.

Cara Logout Akun Google Tanpa Menghapus Akun di HP

Penting: Cara berikut ini lebih dikhususkan untuk pengguna HP Android. Untuk pengguna iPhone tentu caranya berbeda.

1. Buka aplikasi layanan Google apapun yang ada di HP kamu. Jika ingin lebih sama, bukalah Gmail (ini hanya digunakan sebagai perantara untuk mengakses pengaturan akun di Android).

2. Di dalam Gmail, tap foto profil akun Google kamu yang terletak disudut kanan atas layar tepatnya disamping kanan kolom pencarian.

2. Cara Logout Akun Google Tanpa Menghapus Akun di HP

3. Selanjutnya kamu tap "Kelola akun di perangkat ini". Opsi ini biasanya ada pada bagian paling bawah halaman.

3. Cara Logout Akun Google Tanpa Menghapus Akun di HP

4. Kemudian akan tampil semua akun Google yang telah login di HP Android kamu. Silahkan pilih salah satu akun yang ingin kamu keluarkan.

4. Cara Logout Akun Google Tanpa Menghapus Akun di HP

5. Setelah itu, kamu bisa mengetahui aplikasi apa saja yang disinkronisasikan dengan akun tersebut. Jika kamu menghapusnya atau logout berarti kamu setuju bahwa sinkronisasinya akan dibatalkan. Untuk langsung logout, tap "Hapus akun".

5. Cara Logout Akun Google Tanpa Menghapus Akun di HP

6. Setelah itu akan muncul pop-up untuk konfirmasi keputusan kamu dengan keterangan jika mengeluarkan akun kamu akan menghapus data yang terkait dengan akun tersebut seperti kontak dan email. Namun, kamu tak usah khawatir, data tersebut hanya di hapus di HP itu saja, jika kamu login akun tersebut di HP lain, kamu tetap bisa melihat datanya. Jika sudah yakin, tap "Oke".

6. Cara Logout Akun Google Tanpa Menghapus Akun di HP

7. Akun Google itu akan segera logout, jika kamu tidak lagi melihat akun tersebut didalam daftar akun perangkat, tandanya kamu berhasil.

8. Selesai.

Dengan mengikuti tutorial di atas, akun Google kamu akan otomatis logout dari semua aplikasi termasuk Gmail, Play Store, Chrome, Duo, GBook, dan semua aplikasi Google lainnya. Jadi kamu tidak perlu untuk mengeluarkannya satu-persatu.

Baca Juga:

• 3 Cara Menampilkan Berita di Google Chrome Android

• Cara Share Link Google Drive Android 2022

Itulah langkah-langkah logout akun Google tanpa menghapus akun di HP. Akun tersebut beserta semua data didalamnya akan tetap ada dan masih bisa digunakan di HP lain.

Posting Komentar untuk "Cara Logout Akun Google Tanpa Menghapus Akun di HP"