Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Salin Link Telegram untuk Grup, Channel, dan Profil

Cara Salin Link Telegram untuk Grup, Channel, dan Profil

 Cara Salin Link Telegram untuk Grup, Channel, dan Profil - Telegram adalah platform pesan instan yang sangat populer dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif setiap bulannya. Platform ini hadir dengan berbagai fitur yang menarik sebut saja diantaranya adalah fitur grup dan channel yang sering kamu gunakan untuk berbagi konten dengan orang banyak.

Selain itu, Telegram juga dibekali dengan fitur dasar yang hampir dimiliki oleh aplikasi pesan Instan atau media sosial lain, yakni fitur untuk menyalin link dari grup, channel, ataupun profil akun Telegram milikmu. Fitur ini akan memudahkan kamu ketika ingin mendapatkan lebih banyak anggota dengan mempromosikan channel maupun grup tersebut kepada teman-teman kamu di WhatsApp, Facebook, Twitter, dll.

Dengan share linknya, teman-teman kamu juga akan dimudahkan ketika ingin mengunjungi channel, grup, dan profil Telegram milikmu tanpa harus menyimpan nomor telepon yang kamu gunakan di Telegram.

Baca Juga: Cara Melihat File Telegram Tersimpan Dimana di Android

Mungkin hampir semua pengguna media sosial sudah tahu bahwa fitur link ini memang ada. Namun, meskipun begitu tidak semua pengguna tahu cara menyalinnya karena tiap media sosial memiliki tampilan interface yang berbeda, begitupun dengan tutorial salin link di Telegram yang sudah pasti langkah-langkahnya berbeda dengan di platform lain.

Cara Salin Link Telegram

Cara Salin Link Telegram untuk Grup, Channel, dan Profil

Jika kamu masih bingung bagaimana cara salin link grup, channel, dan profil Telegram, di bawah ini admin sudah menyiapkan berbagai tutorialnya yang dapat kamu lihat dan praktikan dengan mudah.

Cara Salin Link Grup Telegram

Ketika kamu membuat grup di Telegram, sistem akan otomatis membuat tautan atau link undangan unik untuk grup tersebut. Admin grup dapat menggunakan link tersebut untuk mengundang teman untuk bergabung dengan grup.

Jika grup tersebut di private, yang bisa melihat linknya hanya admin saja. Sedangkan jika grup bersifat publik, maka semua orang dapat bergabung, melihat link, dan membagikannya.

Di Telegram, admin grup memiliki kemampuan untuk membuat link grup khusus yang akan kadaluwarsa dan tidak akan berfungsi lagi sesuai waktu yang ditentukan.

Jika kamu ingin salin tautan grup Telegram, langkah-langkah yang harus kamu lakukan seperti berikut ini.

  1. Buka aplikasi Telegram di smartphone kamu.
  2. Selanjutnya masuk ke percakapan grup yang linknya akan disalin.
  3. Setelah itu tap nama grup yang berada di bagian atas.
  4. Kemudian sekarang kamu tap ikon pensil yang berada di atas kanan layar.
  5. Pada halaman selanjutnya tap "Tautan Undangan".
  6. Sekarang kamu tinggal tap "Salin".
  7. Selesai.

Cara Salin Link Channel Telegram

Link grup dan link channel di Telegram hampir bersifat sama, yaitu jika channel bersifat private, maka yang dapat melihat dan menyalin link hanya admin saja. Namun jika channel bersifat publik, semua orang dapat menemukan channel tersebut, melihat linknya dan membagikannya.

Jika kamu ingin menyalin link channel Telegram untuk dibagikan ke media sosial lain agar mendapatkan lebih banyak anggota, caranya seperti berikut ini.

  1. Buka menu aplikasi Telegram.
  2. Selanjutnya masuk ke channel tujuan kamu.
  3. Jika sudah, tap nama channel yang ada pada bagian atas layar.
  4. Selanjutnya kamu tap opsi "Tautan undangan".
  5. Kemudian tap "Salin Tautan".
  6. Selesai.

Untuk copy link channel Telegram sendiri dan orang lain caranya tetap sama saja seperti di atas.

Baca Juga: Cara Membuat Channel Telegram Versi Terbaru di Android

Cara Salin Link Profil Telegram

Sebelumnya kamu harus tahu jika link profil ini dibagikan ke orang lain dan di klik, maka orang tersebut akan dibawa masuk ke roomchat dan bisa langsung mengirim chat ke kamu. Jadi untuk mencegah chat spam dari orang lain, hanya bagikan link profil Telegram kamu kepada orang-orang yang kamu percaya saja.

Di Telegram kamu dimungkinkan untuk salin link profil akun sendiri dan profil orang lain, kedua caranya akan kita bahas berikut ini.

Cara salin link profil Telegram sendiri:

  1. Langkah pertama buka aplikasi Telegram.
  2. Dihalaman utama aplikasi, tap ikon garis tiga yang kamu lihat dipojok atas kiri layar.
  3. Selanjutnya tap foto profil kamu.
  4. Tekan lama bagian username untuk menyalinnya.
  5. Selesai menyalin username, sekarang kamu sudah bisa membuat linknya sendiri dengan format https://t.me/username. Untuk bagian username ganti dengan username kamu yang sudah disalin tadi namun tanpa tanda @. Contohnya jika username Telegram kamu @heiiinas, berarti link profil kamu adalah https://t.me/heiiinas.
  6. Selesai.

Cara salin link profil Telegram orang lain:

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Kunjungi halaman roomchat kamu dengan orang yang tautan profilnya akan kamu salin.
  3. Selanjutnya tap nama kontak tersebut yang berada di atas halaman chat.
  4. Setelah itu kamu tap bagian username untuk menyalinnya.
  5. Selesai menyalin username, sekarang kamu sudah bisa membuat linknya sendiri dengan format https://t.me/username. Ganti tulisan username dengan username orang tersebut yang sudah kamu salin tadi, caranya sama seperti cara di atas.
  6. Selesai.

Hampir mirip dengan Instagram, tautan akun Telegram juga menggunakan username dibelakangnya. Jadi, jika kamu mengganti username, tautan akun kamu juga akan otomatis terganti dengan username baru tersebut.

Baca Juga:

• Cara Menambahkan Link di Bio Twitter Lewat HP

• Cara Copy Link Grup Facebook Lite

Itu dia beberapa cara salin link telegram untuk grup, channel, dan profil yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Setelah mendapatkan linknya, kamu bisa membagikan link tersebut untuk mempromosikannya dan mendapatkan lebih banyak jangkauan baik untuk grup, channel, maupun profil.

Posting Komentar untuk "Cara Salin Link Telegram untuk Grup, Channel, dan Profil"