Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Polling di Instagram Story

 Cara membuat polling di Instagram story - Pembahasan mengenai fitur di story Instagram mungkin sudah sering kita lakukan. Sebab fitur menarik yang ada di story IG tidak habis-habis dan terus diperbarui sepanjang waktunya. Dan diantaranya ada fitur polling yang cukup menarik untuk dibahas.

Dengan menggunakan fitur polling di Instagram Stories, kamu bisa mengajukan pertanyaan dengan 2 sampai 4 opsi jawaban yang dapat kamu tentukan sendiri. Secara default, opsi jawabannya adalah "Ya" atau "Tidak". Namun kamu bisa menggantinya dengan opsi jawaban singkat versi kamu sendiri.

Setelah kamu membuat dan membagikan polling di IG story, nantinya orang yang melihat story polling tersebut bisa memberikan jawaban dengan 2 pilihan yang tersedia.

Biasanya fitur voting atau polling di Instagram ini sering digunakan untuk meminta pendapat kepada orang lain atau followers kamu. Misalnya kamu ingin mewarnai rambut kamu namun belum menemukan warna yang cocok untuk digunakan.

Nah, kamu bisa meminta pendapat dari semua follower IG kamu dengan membuat polling dengan pertanyaan misalnya "Apa warna yang cocok untuk rambut Saya?", dan kamu berikan 2 opsi jawaban dibawahnya misalnya "Silver" atau "Biru".

Baca Juga:

• Cara Membuat Story IG dari Postingan Video Orang Lain

• Cara Menyembunyikan Story IG dari Orang Tertentu

Selain untuk meminta pendapat, fitur ini juga bisa membangun interaksi dan keterlibatan yang lebih dekat antara kamu dengan followers. Mereka akan senang dan merasa dihargai karena sudah diikutsertakan secara langsung dalam proses pengambilan keputusan.

Meskipun cara membuat polling di IG Story ini tidaklah sulit bahkan terbilang sangat mudah dan juga langkah-langkahnya tidak ribet, tapi pasti ada saja sebagian pengguna yang kurang update tentang fitur ini sehingga tidak mengetahui cara menggunakannya.

Jika kamu adalah salah satu dari pengguna yang admin maksud, tenang saja, disini admin akan membantu kamu untuk mempelajari cara membuat vote atau polling di story IG dengan mudah.

Cara Membuat Polling di Instagram Story

Membangun interaksi dengan followers di Instagram bisa melalui berbagai cara dan salah satunya adalah dengan membuat polling di Instagram. Dengan ini kamu bisa mengajukan pertanyaan polling yang lucu dan menghibur.

Fitur ini juga penting jika kamu ingin mengambil keputusan berdasarkan pandangan dan opini banyak orang. Kamu bisa membuat polling Instagram dengan mengikuti langkah-langkah dari tutorial berikut ini:

1. Pertama, buka aplikasi Instagram di ponsel kalian semua.

2. Setelah terbuka, tap "Cerita Anda" dengan ikon (+) yang ada disudut kiri atas. Ini sama halnya ketika kamu ingin membuat story baru.

3. Selanjutnya pilih media foto atau video yang hendak dijadikan story. 

4. Selesai memilih, seperti biasa kamu akan diarahkan ke halaman edit story terlebih dahulu. Nah, dihalaman itulah kamu bisa menambahkan polling. Sekarang kamu lihat beberapa opsi edit yang berada dibagian atas, diantara opsi edit tersebut, tap ikon kotak dengan wajah tersenyum.

4. Cara Membuat Polling di Instagram Story

5. Setelah itu, di halaman berikutnya kamu pilih stiker bertuliskan "Poll" atau "Polling".

5. Cara Membuat Polling di Instagram Story

6. Langkah selanjutnya adalah membuat pertanyaan untuk polling dan jangan lupa juga untuk membuatkan beberapa opsi jawabannya. Untuk opsi jawaban ini bisa kamu tambahkan sampai 4. Agar tampilannya lebih cantik dan menarik, kamu bisa mengubah warna dari stiker polling tersebut dengan tap ikon bulat berwarna yang berada di atas tengah. Jika sudah semuanya, tap ikon centang disudut atas kanan.

6. Cara Membuat Polling di Instagram Story

7. Setelah stiker polling berhasil ditambahkan ke story, kamu bisa mengubah ukuran dan tata letaknya agar tidak menutupi bagian penting dari gambar/video story. Namun usahakan juga agar polling tersebut tetap terlihat secara jelas.

8. Sekarang kamu sudah bisa mengirim story polling tersebut ke story Instagram masing-masing.

9. Setelah beberapa saat, kamu bisa melihat hasil polling di Instagram dengan melihat story kamu sendiri kemudian menggeser jari kamu dari bawah ke atas pada story tersebut. Selanjutnya kamu akan melihat berapa banyak orang yang memilih masing-masing opsi jawaban serta persentase perbandingannya. Agar kamu mendapatkan hasil suara polling yang maksimal, lihatlah hasilnya setelah 24 jam.

9. Cara Membuat Polling di Instagram Story

10. Selesai.

Dengan melihat dan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa buat polling di Instagram story dengan lebih mudah.

Baca Juga:

• Cara Menonaktifkan Komentar di Story Instagram Android

• Cara Menambahkan Musik di Story Instagram Android

• Cara Menambahkan Link di Story Instagram Android 2022

Pastikan kamu membuat pertanyaan polling yang cocok dengan gambar atau video di story tersebut. Hal itu akan membantu followers kamu memahami lebih jelas tentang tema polling yang dilakukan.

Story polling bersifat sama dengan story IG pada umumnya, yaitu hanya tersedia dalam waktu 24 jam. Setelah waktu tersebut tiba, kamu bisa melihat hasil polling yang sebenarnya atau yang sudah ditetapkan.

Jika ada banyak followers kamu yang bertanya dan ingin tahu juga tentang hasil pemenang dari polling tersebut, kamu bisa membagikan hasilnya ke story Instagram kembali, nanti semua followers kamu bisa melihatnya di sana.

Demikian pembahasan dari cara membuat polling di Instagram story. Semoga kamu memahami semua yang disampaikan di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Polling di Instagram Story"