Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

 Cara melihat pengguna sekitar di Telegram - Beberapa platform pesan instan dibekali dengan fitur yang dapat mempermudah pengguna untuk mencari teman atau kenalan baru. Sama halnya seperti fitur find people nearby atau pengguna sekitar yang ada di aplikasi Telegram.

Jika sebelumnya teman yang tersedia di aplikasi chatting hanyalah dari kontak yang sudah terdaftar di buku telepon saja, namun adanya fitur pengguna sekitar mampu mengubah itu semua. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menemukan teman baru bahkan saat kamu tidak memiliki nomor teleponnya sekalipun.

Dengan menggunakan fitur pengguna sekitar Telegram, kamu bisa melihat orang-orang yang sedang berada dekat dengan lokasi kamu saat ini. Tidak hanya bisa mengetahuinya saja, namun kamu juga bisa memulai obrolan perkenalan dengan orang atau pengguna tersebut.

Pasti kamu pernah merasa bosan karena harus ngobrol dengan orang itu-itu saja, dan ingin menjalin hubungan pertemanan baru dengan orang yang lokasinya sama dengan lokasi kamu. Nah, fitur pengguna disekitar milik Telegram ini akan mengabulkan keinginan kamu itu.

Selain itu, di sana kamu juga bisa membuat atau bergabung dengan grup lokal yang isinya adalah orang-orang disekitar kamu. Grup ini dapat menjadi tempat yang berguna untuk berbagai hal seperti berdiskusi masalah lingkungan, berbagi informasi terbaru, mengetahui peristiwa penting yang sedang viral di daerah tersebut, dan masih banyak lagi.

Untuk melihat pengguna sekitar di Telegram, kamu wajib mengaktifkan fitur lokasi di HP kamu baik itu iPhone maupun Android. Namun tidak cukup sampai disitu saja, ada beberapa opsi lain yang mungkin perlu kamu aktifkan agar dapat melihat orang atau pengguna sekitar dengan lancar tanpa ada masalah apapun.

Baca Juga:

• Cara Menggunakan Fitur Pengguna Sekitar, Pohon Pesan, dan Cari Teman di MiChat

• Cara Membuat Grup di Telegram di Android

Jadi untuk menghindari masalah itu, kamu perlu melihat cara menggunakan fitur pengguna sekitar di Telegram. Dan bersyukurlah untuk kamu yang sedang berada di sini, karena admin akan memberikan tutorialnya untuk pengguna iPhone (iOS) dan juga Android.

Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

Mencari pengguna sekitar di aplikasi Telegram di iPhone dan di Android, semua langkah-langkahnya sama bahkan hampir tidak ada yang berbeda. Jadi satu tutorial di bawah ini bisa kamu gunakan untuk di kedua perangkat tersebut. Jika ada perbedaan kecil, kamu tinggal menyesuaikan dengan istilah dan tampilannya saja.

Fitur pengguna sekitar bisa kamu nikmati di aplikasi Telegram versi terbaru. Jika fitur ini tidak muncul di iPhone atau Android milikmu, maka perlu dilakukan update aplikasi terlebih dahulu melalui App Store atau Play Store di perangkat masing-masing.

Baiklah, takutnya kamu sudah tidak sabar, langsung saja berikut ini tutorial melihat pengguna sekitar atau people nearby di Telegram Android dan iPhone:

1. Buka menu aplikasi Telegram di HP iPhone atau Android kamu.

2. Di dalam menu utama aplikasi tersebut, tap ikon garis tiga disudut kiri atas layar tepatnya disamping kiri tulisan "Telegram".

2. Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

3. Pada pilihan yang muncul dari sisi kiri, silahkan kamu pilih "Pengguna Sekitar".

3. Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

4. Jika lokasi di perangkat kamu belum diaktifkan, mungkin kamu akan diminta untuk mengaktifkannya terlebih dahulu, jadi silahkan kamu aktifkan lokasi.

5. Di halaman selanjutnya kamu sudah bisa melihat daftar pengguna sekitar dan juga grup sekitar. Daftar tersebut diurutkan berdasarkan dari jarak yang paling dekat. Agar kamu juga bisa terlihat di pengguna sekitar orang lain, tap "Buat saya terlihat". Setelahnya orang lain yang sedang menggunakan fitur pengguna sekitar sudah bisa melihat kamu.

5. Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

6. Jika kamu ingin mengirimkan chat ke salah satu pengguna sekitar, tap foto profilnya, kemudian kamu bisa memilih opsi untuk "Tambah ke kontak" atau "Kirim pesan".

6. Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

7. Sekarang kita beralih ke opsi Grup Sekitar. Jika kamu ingin membuat grup sekitar kamu sendiri, tap "Buat grup lokal". Selanjutnya tap "Buat Grup". Kemudian kamu tinggal buat nama untuk grup tersebut. Jika sudah, tap ikon bulat centang disudut kiri bawah. Sekarang grup kamu sudah jadi dan lokasi grup ditetapkan berdasarkan lokasi kamu sekarang.

7. Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

8. Jika kamu ingin bergabung dengan grup sekitar di Telegram, pilih salah satu grupnya, kemudian tap "Bergabung". Setelahnya kamu  sudah berhasil gabung dengan grup tersebut tanpa harus menunggu persetujuan lagi. chat grup sekitar itu juga akan ditampilkan ke halaman chat utama di Telegram.

8. Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

9. Jika kamu ingin keluar dari grup, masuk ke grup tersebut lalu tap ikon titik tiga yang berada disudut atas kanan. Pada pilihan yang muncul, tap "Keluar grup". Setelah keluar, chat grup itu tidak akan ditampilkan lagi dihalaman chat utama.

9. Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

10. Selesai.

Di atas adalah tutorial bagaimana cara melihat pengguna sekitar di Telegram dan juga beberapa cara untuk menggunakan berbagai fitur didalamnya. Cara tersebut dapat kamu praktekkan di iPhone dan Android.

Baca Juga:

• Cara Membuat Channel Telegram Versi Terbaru di Android

• Cara Melacak Lokasi Seseorang Tanpa Diketahui Menggunakan Termux

Perlu diingat bahwa pengguna Telegram yang dapat kamu temukan adalah pengguna yang sedang menggunakan fitur pengguna sekitar itu juga, dan mereka sudah memilih untuk bisa dicari dan ditemukan. Begitupun sebaliknya, pengguna lain juga bisa menemukan kamu saat kamu menggunakan fitur tersebut.

Saat sedang menggunakan fitur tersebut, penting untuk mengutamakan privasi akun Telegram kamu. Mengingat fitur ini menggunakan layanan lokasi, mungkin bisa saja seseorang memanfaatkannya untuk melacak lokasi kamu.

Demikian dari pembahasan cara melihat pengguna sekitar di Telegram iPhone dan Android. Jika masih ada pertanyaan mengenai fitur tersebut, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ini. Cukup sekian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android"