Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menghemat Kuota di Telegram HP Android

5 Cara Menghemat Kuota di Telegram HP Android

 Cara menghemat kuota di Telegram HP Android - Aplikasi Telegram merupakan platform yang serbaguna, selain untuk chat, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk aktifitas lain misalnya menonton film, berbagi konten dengan grup, membuat bot untuk otomatisasi aktifitas tertentu, dan banyak lagi.

Berbagai fitur didalamnya seakan mampu menghipnotis pengguna untuk menjadi betah berlama-lama di dalam aplikasi tersebut. Dan saking asyiknya kadang pengguna lupa bahwa bisa saja aktifitas yang dilakukan membuat kuota internetnya cepat habis atau boros.

Meskipun memiliki banyak fitur canggih, kadang pengguna sering kali dihadapkan dengan masalah penggunaan kuota data yang tinggi saat menggunakan Telegram di HP Android miliknya. Bahkan ada pengguna yang tidak mengetahui penyebabnya.

Untuk memastikan lagi bahwa penggunaan kamu di aplikasi Telegram boros kuota, kamu bisa melihat cara mengetahui aplikasi boros kuota di Android. Jika setelah di cek dan aplikasi Telegram masuk kedalam daftar aplikasi yang mengkonsumsi kuota cukup besar, maka selanjutnya kamu harus mengetahui cara hemat kuota di Telegram.

Baca Juga: Cara Melihat Pengguna Sekitar di Telegram iPhone dan Android

Sebenarnya, Telegram bukanlah aplikasi yang boros kuota jika kamu menggunakannya untuk hal yang wajar-wajar saja misalnya seperti chattingan. Tetapi, jika kamu menggunakannya untuk menonton video atau film apalagi dengan kualitas yang tinggi, sudah pasti aktifitas tersebut membutuhkan konsumsi data internet yang besar.

Di artikel ini admin akan memberikan 5 tips agar kuota internet di Android kamu tetap irit meskipun kamu sering menggunakan aplikasi Telegram.

5 Cara Menghemat Kuota di Telegram HP Android

1. Mengaktifkan Fitur Hemat Data Panggilan

Untuk kamu yang sering menggunakan aplikasi Telegram sebagai media untuk melakukan panggilan, entah panggilan biasa ataupun panggilan video (video call), tahukah kamu bahwa hal tersebut juga bisa membuat kuota internet kamu boros.

Dan untuk mengatasinya, Telegram sudah menyediakan kamu fitur untuk menghemat data saat melakukan panggilan. Fitur ini bisa kamu setel aktif di dalam pengaturan aplikasi Telegram itu sendiri, kamu dapat mengaktifkan fitur ini untuk menghemat data di Telegram.

Untuk cara mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Telegram di ponsel Android kalian masing-masing.
  • Setelah di beranda aplikasinya tap ikon garis tiga atau ikon berbentuk hamburger yang berada dipojok kiri atas.
  • Kemudian akan muncul beberapa pilihan dari sisi kiri layar, di sana kamu pilih "Pengaturan".
  • Selanjutnya kamu pilih "Data dan Penyimpanan".
  • Setelah itu kamu pilih opsi "Hemat data untuk panggilan".
  • Untuk langkah terakhirnya kamu pilih "Selalu" agar mode hemat data akan tetap aktif saat kamu berada di jaringan apapun.
  • Selesai.

5 Cara Menghemat Kuota di Telegram HP Android

2. Kurangi Menonton Film di Telegram

Meskipun bukan aplikasi resmi untuk menonton film, ada banyak sekali channel-channel di Telegram yang sering membagikan film-film. Kamu bisa menonton filmnya secara langsung atau bisa juga dengan mendownloadnya kemudian menontonnya di galeri.

Namun, jika kamu ingin kuota di Telegram jadi hemat, saran admin kurangi menonton atau mendownload film di Telegram. Biasanya film-film tersebut berkualitas cukup tinggi dan tidak ada pilihan kualitasnya. Hal itu tentunya akan membuat kuota internet cepat terkuras.

Sebagai gantinya lebih baik kamu menonton film lewat aplikasi yang fungsi utamanya memang untuk menonton film, contohnya seperti Disney+ Hotstar, Netflix, YouTube Movies, VIU, WeTV, Google TV, Iflix, dan platform nonton film lainnya yang legal. Selain aman, di sana kamu juga bisa memilih kualitas yang paling rendah untuk menghemat kuota.

3. Nonaktifkan Fitur Download Otomatis

Telegram memliki fitur untuk mendownload atau mengunduh file apapun yang kamu terima baik dari chat pribadi, grup, dan channel yang kamu ikuti. Jika fitur ini disetel aktif, kuota data kamu akan boros apalagi jika file yang kamu terima ukurannya besar-besar.

Jika kamu sering melihat file-file baru di galeri ataupun di File Manager HP Android milikmu padahal kamu tidak pernah mendownload file tersebut, itu bisa jadi menandakan bahwa fitur download otomatis di Telegram kamu aktif.

Demi menghemat kuota di Telegram, kamu harus menonaktifkan fitur download otomatis tersebut bahkan ketika kamu menyukainya. Pengaturan dari fitur unduhan otomatis ini tersedia di halaman yang sama dengan fitur hemat data panggilan yang kita bahas di atas tadi. Namun agar lebih jelas, admin buatkan tutorialnya dari awal lagi. Silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya:

  • Buka menu aplikasi Telegram.
  • Kemudian di dalam aplikasinya, tap ikon garis tiga dipojok kiri atas layar.
  • Pada pilihan yang muncul, kamu pilih "Pengaturan".
  • Selanjutnya cari dan pilih opsi "Data dan Penyimpanan".
  • Setelah itu pada opsi "Pengunduhan media otomatis" nonaktifkan semua opsi dibawahnya termasuk opsi "Saat menggunakan data seluler", "Saat terhubung Wi-Fi", dan "Saat roaming".
  • Sekarang semua file di Telegram tidak akan didownload otomatis di jaringan apapun dan itu akan mengurangi pemakaian data internet pada ponsel Android kamu.
  • Selesai.

5 Cara Menghemat Kuota di Telegram HP Android

4. Jangan Terlalu Banyak Masuk Grup dan Channel

Cara mengirit kuota di Telegram yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah jangan terlalu banyak masuk atau bergabung ke grup dan channel yang menurut kamu tidak terlalu penting. Meskipun kamu tidak aktif di dalam grup atau channel tersebut, namun ketika ada chat dari grup kamu akan tetap menerimanya juga karena kamu adalah salah satu anggotanya.

Meskipun kuota yang dihabiskan tidak terlalu besar, chat yang masuk tetap membutuhkan kuota dan hasilnya hanya akan membuat kuota internet kamu terbuang sia-sia untuk chat yang tidak penting. Apalagi jika grup tersebut aktif, semakin grup aktif maka akan semakin banyak pula chat yang masuk. Semakin banyak chat yang masuk, maka akan semakin besar pula pengeluaran kuota internet kamu.

Jadi, kamu harus membiasakan diri untuk bergabung hanya dengan grup dan channel Telegram yang penting saja, misalnya dengan grup yang berkaitan dengan pekerjaan atau channel yang membahas hal-hal penting di hidup kamu, entah seputar hobi atau hal lainnya.

Selain hal itu dapat menghemat pengeluaran kuota internet, itu juga dapat membuat aplikasi Telegram tidak lemot dan berat saat digunakan.

5. Jangan Membagikan Media Berukuran Besar

Jika kamu adalah seseorang yang aktif di dalam grup maupun channel di Telegram, pasti kamu sering membagikan foto atau video kedalamnya dengan tujuan untuk menghibur orang lain atau mungkin untuk meramaikan grup dan channel milikmu.

Akan tetapi, mulai sekarang kamu harus bisa mengurangi kegiatan tersebut karena itu bisa jadi penyebab Telegram memakan lebih banyak kuota internet atau boros. Belum lagi aplikasi Telegram memungkinkan kamu untuk membagikan file dengan ukuran maksimal 2GB untuk setiap satu file yang kamu kirimkan.

Kuota sebasar 2GB bukanlah jumlah yang kecil, bayangkan saja jika kamu membagikan file dengan ukuran mencapai segitu, bukankah itu termasuk tidak ramah kuota internet? Untuk itu, kamu perlu menghindari membagikan file atau media yang berukuran besar.

Baca Juga:

• Cara Membatasi Penggunaan Data Seluler di Android

• Cara Melihat File Telegram Tersimpan Dimana di Android

Itulah 5 cara menghemat kuota di Telegram HP Android. Jika beberapa cara tersebut kamu lakukan dengan sungguh-sungguh, admin berani jamin kuota internet di smartphone Android kamu akan menjadi lebih irit terutama saat menggunakan aplikasi Telegram.

Namun, jika kamu merasa kurang puas dengan beberapa cara di atas dan mau yang lebih irit lagi, kamu bisa membarenginya dengan mengaktifkan fitur mode hemat data di ponsel masing-masing. Hal ini akan membuat 5 cara menghemat kuota Telegram di atas menjadi lebih efektif lagi.

Posting Komentar untuk "5 Cara Menghemat Kuota di Telegram HP Android"