Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Aplikasi Boros Kuota di Android


Cara Mengetahui Aplikasi Boros Kuota di Android

 Jika kamu sering merasa bahwa kuota internet di Android kamu boros tapi kamu tidak mengetahui penyebabnya padahal kamu sendiri sudah sebisa mungkin untuk menghemat kuota tersebut, artinya kamu harus tahu cara mengetahui aplikasi boros kuota di Android.

Biasanya, kuota internet di HP menjadi boros karena disebabkan oleh aplikasi-aplikasi yang sering kamu gunakan sehari-hari. Karena aplikasi yang kamu gunakan tidak hanya satu, itu akan membuat kamu kesulitan untuk mengetahui mana aplikasi yang paling banyak memakan kuota.

Bahkan terkadang, saat kamu mengaktifkan data seluler, ada saja aplikasi-aplikasi yang langsung menggunakan kuota internet padahal kamu tidak membukanya. Contoh kecilnya seperti aplikasi WhatsApp, Facebook, Instagram, Telegram dan aplikasi serupa lainnya.

Untuk beberapa aplikasi tersebut masih menjadi hal yang wajar, karena jika tidak memakan kuota, kamu tidak bisa menerima chat baru yang dikirimkan oleh orang lain saat kamu sedang offline. Dan kuota internet yang dikonsumsi oleh aplikasi-aplikasi itu juga tidak terlalu besar.

Baca Juga:

• Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah

• Cara Menggandakan Aplikasi Lebih Dari 2 di HP Android

Tapi untungnya sekarang ini hampir semua perangkat Android sudah menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat pemakaian kuota yang dikeluarkan untuk setiap aplikasi, baik untuk aplikasi yang sering digunakan maupun aplikasi yang jarang digunakan dan dalam waktu perhari maupun perbulan.

Fitur ini sangat pas digunakan untuk kamu yang ingin menghemat kuota data internet. Karena dengan mengetahui aplikasi mana saja yang boros kuota di HP Android milikmu, kamu bisa mengurangi penggunaan aplikasi tersebut agar pengeluaran kuota jadi lebih sedikit.

Cara Mengetahui Aplikasi Boros Kuota di Android

Jika ingin mengetahui aplikasi penyedot kuota Android, dapat kamu lakukan tanpa bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Umumnya fitur ini sudah dibekalkan pada setiap HP Android agar pengguna bisa dengan mudah menganalisa aplikasi-aplikasi yang jadi penyebab kuota cepat habis.

Bagi kamu yang ingin cek aplikasi apa saja yang membuat kuota internet boros, kamu bisa mengetahuinya dengan mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini:

1. Masuk ke menu Setelan atau Pengaturan di Android milikmu.

2. Didalam pengaturan, tap SIM Ganda dan jaringan seluler.

2. Cara Mengetahui Aplikasi Boros Kuota di Android

3. Pada halaman selanjutnya tap Pengelolaan lalu lintas data.

3. Cara Mengetahui Aplikasi Boros Kuota di Android

4. Setelah itu tap Detail penggunaan data.

4. Cara Mengetahui Aplikasi Boros Kuota di Android

5. Pada halaman ini kamu bisa memilih ingin melihat penggunaan data aplikasi untuk harian atau bulanan. Disana kamu juga sudah bisa melihat aplikasi boros kuota. Pada urutan pertama adalah aplikasi yang paling boros. Jika ingin tahu lebih detail tentang penggunaan data pada aplikasi tersebut, kamu tinggal tap saja aplikasinya.

5. Cara Mengetahui Aplikasi Boros Kuota di Android

6. Sekarang kamu bisa mengetahui pemakaian kuota dari aplikasi tersebut mulai dari latar depan (saat aplikasi digunakan), rata-rata pemakaian harian, pemakaian latar belakang, dan seluruh total kuota yang dihabiskan untuk satu waktu.

6. Cara Mengetahui Aplikasi Boros Kuota di Android

7. Selesai.

Baca Juga:

• Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root

• Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error

Itulah cara mengetahui aplikasi boros kuota di Android yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Mungkin tidak semua HP Android memiliki cara yang sama untuk cek penggunaan kuota aplikasi seperti diatas. Namun meskipun demikian, admin percaya bahwa caranya tidak akan berbeda jauh.

Cukup sekian untuk artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Aplikasi Boros Kuota di Android"