Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Terminal Emulator Android Terbaik


5 Aplikasi Terminal Emulator Android Terbaik

Aplikasi terminal emulator Android terbaik - Terminal emulator merupakan sebuah software atau perangkat lunak aplikasi yang memiliki banyak fungsi. Umumnya aplikasi ini digunakan untuk berinteraksi dengan sistem operasi atau server melalui antarmuka baris perintah.

Dengan menggunakan terminal emulator memungkinkan pengguna untuk memasukan perintah teks, menjalankan script, membuat program, mengelola program, mengakses file lokal, mengelola server jarak jauh, mengedit file, dan masih banyak lagi.

Semua tugas tersebut juga bisa kamu ambil alih menggunakan perangkat Android dengan memanfaatkan aplikasi terminal emulator untuk Android yang sudah tersedia beberapa. Salah satu aplikasi terminal Android yang mungkin namanya sudah tidak asing lagi di telinga kamu adalah Termux.

Selain karena kita sering membahas tentang aplikasi tersebut di website ini, memang pada dasarnya Termux termasuk ke dalam aplikasi terminal emulator yang paling banyak digunakan oleh pengguna Android.

Tapi, masih banyak aplikasi emulator selain aplikasi Termux yang dapat kamu temukan di Play Store. Dengan aplikasi-aplikasi ini kamu juga dapat mengakses sebagian fitur dan kemampuan perangkat Android yang tidak bisa kamu akses pada antarmuka biasa.

Baca Juga:

• 5 Aplikasi Hacker Yang Tersembunyi di Play Store

• 5 Aplikasi Root Android Terbaik Tanpa PC

Nah, untuk melakukan hal tersebut di Android, berikut ini admin berikan rekomendasi aplikasi terminal emulator terbaik di Android yang dapat kamu download gratis di Play Store.

5 Aplikasi Terminal Emulator Android Terbaik

Secara garis besar, aplikasi terminal emulator pada Android memberikan kamu akses ke shell environment yang lebih luas dan fleksibel. Tentunya hal ini memungkinkan kamu untuk melaksanakan berbagai tugas yang berkaitan dengan perintah, eksplorasi sistem, dan pengelolaan server.

Perangkat Android bisa melakukan hal tersebut karena adanya aplikasi terminal yang dikhususkan untuk berjalan di sistem operasi Android. Jika penasaran dengan beberapa aplikasinya, di bawah ini daftar aplikasi emulator terminal Android terbaik dan gratis yang tersedia di Play Store.

1. Termux

1. Termux - 5 Aplikasi Terminal Emulator Android Terbaik
Sumber foto: https://play.google.com

Pada urutan pertama sudah tidak salah lagi adalah aplikasi Termux. Termux dianggap sebagai aplikasi terminal emulator terbaik karena menyediakan koleksi paket Linux yang lebih luas dan ekstensif. Hal ini memberikan pengguna akses penuh untuk menjalankan lingkungan Linux di Android.

Selain itu, dengan Termux, kamu dapat menginstal berbagai alat dan paket yang sudah tersedia di repositori APT (Advanced Package Tool) yang mana sangat kompatibel dengan salah satu distribusi Linux yang cukup populer, yaitu Debian.

Namun, sekarang ini Termux memberhentikan pembaruan aplikasinya di Play Store karena suatu alasan teknis. Jika ingin memperbaruinya, sebagai alternatif pengguna Android bisa menginstal di Github resmi Termux. Jika tidak ingin ribet, kamu bisa melihat cara memperbarui aplikasi Termux ke versi terbaru.

Namun, jika HP Android kamu sering mengalami masalah ketika mengoperasikan Termux, jangan khawatir. Masih banyak aplikasi terminal emulator seperti aplikasi Termux.

2. UserLAnd - Linux On Android

2. UserLAnd - 5 Aplikasi Terminal Emulator Android Terbaik
Sumber foto: https://play.google.com

Aplikasi terminal emulator mirip Termux yang bisa kamu coba adalah aplikasi yang bernama UserLAnd. Aplikasi ini merupakan terminal emulator open source yang dapat menjalankan berbagai distro Linux seperti Debian, Ubuntu, Kali Linux, dan lainnya tanpa memerlukan akses root pada Android.

Aplikasi ini menawarkan pengalaman pengguna yang lebih mudah dalam mengoperasikan sebuah terminal. Kamu akan lebih mudah ketika ingin terhubung ke sesi VNC untuk mendapatkan pengalaman grafis yang lebih friendly dan pengaturan yang lebih mudah untuk beberapa distro Linux umum.

Aplikasi terminal Linux Android ini sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar Linux hanya dengan melalui perangkat Android. Saat pertama kali aplikasinya di buka, kamu akan di beri beberapa pilihan distribusi Linux. Jika memilih salah satunya kamu akan langsung diarahkan ke serangkaian petunjuk pengaturan. Jadi kamu tinggal mengikuti saja arahan yang diberikan.

3. AnLinux : Linux Tanpa Root

3. AnLinux - 5 Aplikasi Terminal Emulator Android Terbaik
Sumber foto: https://play.google.com

AnLinux jadi aplikasi terminal emulator Android terbaik sebab mendukung berbagai protokol untuk menjalankan berbagai macam distribusi Linux di HP Android, diantaranya proot, chroot, dan LXC atau Linux Containers.

Sehingga, dengan begitu keamanan kamu akan lebih terjaga ketika menjalankan Linux di Android karena dijalankan dilingkungan yang aman dan terisolasi. Aplikasi terminal Android ini membutuhkan aplikasi Termux untuk bekerja dan Android 5.0 diatasnya.

AnLinux juga menawarkan pilihan untuk menyimpan data menggunakan penyimpanan eksternal, misalnya kartu SD dan USB. Dengan ini kamu tidak perlu khawatir lagi penyimpanan internal kamu akan terkuras lebih banyak ketika ingin menginstal Linux.

4. Termius

4. Termius - 5 Aplikasi Terminal Emulator Android Terbaik
Sumber foto: https://play.google.com

Aplikasi selanjutnya yang menjadi rekomendasi terminal emulator terbaik untuk digunakan di Android adalah aplikasi Termius. Dengan aplikasi ini kamu dapat menghubungkan perangkat Android dengan SSH, Telnet, SFTP, dan Mosh bawaan.

Aplikasi ini memiliki dukungan keyboard virtual yang didalamnya terdapat semua tombol pintasan khusus yang biasanya dibutuhkan oleh terminal. Tidak hanya itu, ada juga navigasi canggih dengan menggerakan perangkat untuk mengemulasi gerakan tab, penunjuk, home, end, dan lain sebagainya.

Dari segi tampilan, kamu dapat menjalankan beberapa sesi secara bersamaan dengan interface multi-tab dan dukungan tampilan terpisah. Kamu juga bisa menyesuaikan tema dan font dengan lebih mudah.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan versi berbayar (Pro). Yang membedakan antara kedua versi ini adalah dari segi fitur dan kemampuan yang mana versi berbayar lebih unggul.

5. ConnectBot

5. ConnectBot - 5 Aplikasi Terminal Emulator Android Terbaik
Sumber foto: https://play.google.com

ConnectBot menjadi aplikasi yang layak di coba untuk kamu yang mencari terminal emulator Android yang ringan dan sederhana. Aplikasi ini memiliki ukuran download yang sangat kecil, yaitu hanya sekitar 2.0 MB.

Meskipun begitu, fitur yang dimilikinya tidak kalah lengkap dengan aplikasi terminal lain. Untuk keamanan, aplikasi ini menggunakan protokol SSH untuk mengamankan lalu lintas antara perangkat Android dengan server jarak jauh, dan menyediakan lapisan enkripsi yang kuat untuk mengamankan data sensitif saat melakukan koneksi.

Baca Juga:

• 5 Aplikasi Sadap WA Gratis Dan Terbaik Di Android

• Cara Menjalankan Script di Termux Android

Itulah 5 aplikasi terminal emulator terbaik untuk Android. Perlu diperhatikan, untuk menggunakan aplikasi emulasi terminal memerlukan sedikit pemahaman tentang perintah dasar yang ada didalamnya.

Yang namanya terminal emulator pasti memilik fungsi utama yang tidak jauh berbeda. Yang harus kamu pilih adalah aplikasi terminal yang support dan kompatibel dengan ponsel Android yang digunakan.

Pilihan aplikasi terminal emulator terbaik di Play Store dapat bervariasi tergantung pada preferensi masing-masing pengguna dan tujuan spesifik. Kamu dapat mencoba beberapa aplikasi di atas dan memilih salah satu terminal Android yang paling cocok dengan kebutuhan kamu.

Demikian dari pembahasan mengenai 5 aplikasi terminal emulator Android terbaik. Semoga informasi dan ulasannya dapat membantu kamu untuk lebih mudah memilih mana apk terminal emulator terbaik yang mesti kamu gunakan. Cukup sekian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "5 Aplikasi Terminal Emulator Android Terbaik"