Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjalankan Script di Termux Android


Cara Menjalankan Script di Termux Android

 Cara menjalankan script di Termux Android - Mendengar kata script pasti sudah tidak asing lagi di telinga pengguna aplikasi Termux. Sebab, fungsi script di Termux sangat berpengaruh terutama untuk memudahkan pengguna dalam mengerjakan tugas-tugas tertentu.

Ada banyak sekali jenis script di Termux yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda dengan tujuan dan fungsi yang berbeda pula. Kebanyakan script yang sering kita jumpai di Termux dibuat menggunakan bahasa pemrograman Python, PHP, dan Bash.

Tiap script yang berbeda bahasa program, beda pula struktur kode dan cara menjalankannya. Karena di setiap menggunakan aplikasi Termux kita juga akan menggunakan script, penting bagi kamu untuk mengetahui cara menjalankan script.

Meskipun kamu tidak mampu membuat script Termux sendiri, setidaknya kamu harus bisa menjalankan berbagai script dari berbagai bahasa agar nantinya kamu bisa menjalankan script di Termux sendiri tanpa meminta bantuan atau melihat tutorialnya lagi.

Menjalankan script adalah hal yang paling dasar di dalam aplikasi Termux dan kamu wajib menguasainya. Oleh karena itu, di artikel ini kita akan belajar cara menjalankan script Termux dari berbagai bahasa. Untuk kamu yang belum dan ingin memahaminya, silahkan disimak.

Cara Menjalankan Script di Termux Android

Cara Menjalankan Script di Termux Android

Di sini kita hanya akan membahasa cara menjalankan script untuk beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan saja, bahkan ada beberapa juga yang jarang digunakan namun tetap akan kita bahas untuk menambah wawasan kita semua. Berikut ini adalah pembahasan dan tutorialnya, silahkan disimak.

1. Menjalankan Script Bash

Bash merupakan script shell yang paling banyak digunakan dalam pembuatan sebuah script. Ekstensi dari file Bash adalah .sh dan untuk menjalankan script Bash di Termux, perintahnya:

$ ./namascript.sh

Catatan: Untuk "namascript.sh" adalah nama file script yang ingin kamu jalankan.

Baca Juga: Cara Encrypt dan Decrypt Script Bash di Termux Android

2. Menjalankan Script Python

Bahasa pemrograman Python memiliki dua versi utama yang masih sering digunakan, yaitu Python 2 dan Python 3. Script yang berasa dari kedua versi ini berbeda cara menjalankannya. Namun, ekstensi dari filenya tetap sama yaitu .py. Perintah untuk menjalankannya seperti berikut:

Python 2:

$ python2 namascript.py

Python 3:

$ python namascript.py

Baca Juga: Cara Compile Script Python di Termux Android

3. Menjalankan Script PHP

Nama script dari bahasa pemrograman PHP juga sering terdengar di dalam aplikasi Termux. Script ini memiliki ekstensi file .php, dan untuk menjalankannya di Termux cukup gunakan perintah:

$ php namascript.php

4. Menjalankan Script JavaScript

Ekstensi file dari script yang berasa dari bahasa JavaScript adalah .js dan perintah untuk menjalankannya adalah:

$ node namascript.js

5. Menjalankan Script Ruby

Meskipun script dengan bahasa pemrograman Ruby ini jarang kita temukan di dalam script Termux, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kamu tidak akan melihatnya sama sekali. Jika nanti kamu melihat file dengan ekstensi .rb, kamu bisa menjalankannya di Termux dengan mudah menggunakan perintah:

$ ruby namascript.rb

6. Menjalankan Script Java

Selain Ruby, script dengan bahasa pemrograman Java sepertinya juga jarang kita temui didalam aplikasi Termux. Namun, terkadang ada saja beberapa script yang fungsinya membutuhkan pemrograman Java. Jadi, tidak ada salah untuk kamu mengetahui cara menjalankan script java di Termux. Ekstensi dari script Java sendiri yaitu .java, sedangkan untuk perintah menjalankannya adalah:

$ java namascript.java

Itulah perintah-perintah menjalankan script di Termux dari berbagai macam bahasa pemrograman. Sebenarnya masih ada banyak lagi script yang menggunakan bahasa pemrograman lainnya, namun yang sering beredar di aplikasi Termux hanyalah beberapa script di atas saja.

Nah, untuk mengasah kemampuan menjalankan script, kamu bisa melihat kumpulan script Termux terbaru 2023, atau jika ingin membuat dan menjalankan script sendiri, kamu bisa melihat panduan belajar membuat script sederhana di Termux menggunakan program bash.

Jika kamu menemukan script selain dari beberapa script yang menggunakan bahas pemrograman di atas dan kamu tidak tahu perintah untuk menjalankannya, silahkan komen saja di kolom komentar di bawah ini mungkin saja admin bisa membantunya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan untuk pembahasan mengenai cara menjalankan script di HP Android via aplikasi Termux. Cukup sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menjalankan Script di Termux Android"