Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Link Phising, Penipuan, dan Link Berbahaya


Cara Mengecek Link Phising, Penipuan, dan Link Berbahaya

 Cara mengecek link phising, penipuan dan link berbahaya - Fungsi dari sebuah link memang sangat membantu sekali terutama untuk mengakses sebuah halaman web dengan sangat mudah, yaitu hanya dengan mengklik linknya. Bisa diibaratkan link adalah jalan pintas yang menjembatani kamu untuk langsung masuk ke situs tertentu.

Tapi sayangnya, link juga sering digunakan untuk aksi kejahatan di Internet contohnya seperti untuk melakukan phising dan penipuan. Biasanya, link akan dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat mengelabui dan membuat target tertarik untuk membukanya. Tanpa mengecek link tersebut, mungkin kamu tidak akan tahu bahwa link itu berbahaya.

Pada dasarnya tujuan dari link penipuan dan link phising itu tidak jauh berbeda, yaitu sama-sama untuk mencuri data seseorang namun metodenya saja yang sedikit berbeda. Web phising biasanya berisi form untuk login dengan tampilan yang mirip dengan web aslinya sehingga orang tidak akan menyadarinya.

Baca Juga:

• Pengertian, Sejarah, Isi dan Bahaya Dark Web

• Inilah 10 Ciri Ciri Jika HP Kamu Sedang Di Hack

Sedangkan web penipuan biasanya akan mengiming-imingi kamu hadiah kemudian meminta kamu untuk memasukan data diri agar dapat menerima hadiah tersebut. Mungkin kamu akan bingung karena takutnya hadiah yang diberikan adalah sungguhan, bukan penipuan. Namun disisi lain kamu juga khawatir.

Nah, karena untuk membedakan tampilan halaman web asli dan halaman web phising sedikit sulit, maka diperlukan cara cek link phising dan link penipuan. Ini akan memastikan apakah website dari link yang kamu kunjungi benar-benar aman atau justru berbahaya.

Cara Mengecek Link Phising, Penipuan, dan Link Berbahaya

Untuk menghindari serangan phising dan penipuan di internet, kamu bisa mengecek link itu aman atau tidak sebelum kamu mengunjunginya. Untuk alat mengecek linknya sendiri tidak perlu mencari jauh-jauh karena Google juga sudah menyediakannya.

Google memiliki fitur bernama Google transparency report safe browsing check. Fitur ini mampu menganalisa status website berbahaya atau tidak hanya dengan memasukan linknya saja. Jadi sangat cocok untuk mengetahui link phising dan penipuan.

Untuk cara mengecek linknya cukup mudah, silahkan kamu ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka browser di HP kamu masing-masing. Agar caranya lebih sesuai kamu bisa menggunakan browser yang admin gunakan juga, yaitu Google Chrome.

2. Setelah didalam browser, kunjungi Status situs Safe Browsing.

3. Didalam halaman situs tersebut, masukan link atau URL yang ingin kamu cek pada kolom dibawah opsi "Periksa status situs". Sebagai contoh admin akan memeriksa situs ini. Jika sudah, tap ikon kaca pembesar.

3. Cara Mengecek Link Phising, Penipuan, dan Link Berbahaya

4. Selanjutnya hasil pemeriksaan akan muncul dibawahnya. Bisa dilihat bahwa status situs teknoinfo09 aman dengan keterangan "Tidak ditemukan konten yang tidak aman".

4. Cara Mengecek Link Phising, Penipuan, dan Link Berbahaya

5. Jika link yang kamu periksa tidak aman maka kolom keterangannya akan berwarna merah dan berisi sebuah peringatan. Kamu jangan coba-coba untuk membuka link tersebut.

6. Selesai.

Baca Juga:

• Macam Macam Teknik Hacking Yang Sering Digunakan Hacker Di Seluruh Dunia

• 5 Aplikasi Hacker Yang Tersembunyi di Play Store

Kelebihan cek link menggunakan cara di atas selain mudah dan juga tanpa aplikasi, proses pengecekan berlangsung cepat dan akurat.

Selain dapat mengecek link website phising dan mengecek link penipuan, alat dari Google ini juga dapat digunakan untuk mengecek dan mendeteksi link dari web berbahaya lainnya, salah satu contohnya web yang berisi virus.

Itulah pembahasan dari cara mengecek link phising, penipuan dan link berbahaya lainnya menggunakan alat dari Google. Semoga tutorial di atas bisa membantu kamu agar terhindar dari kejahatan di internet. Cukup sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Link Phising, Penipuan, dan Link Berbahaya"