Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Sejarah, Isi dan Bahaya Dark Web

Pengertian, Sejarah, Isi dan Bahaya Dark Web


Pengertian Dark Web

Dark Web adalah bagian dari internet yang tidak bisa di temukan oleh mesin pencarian biasa, tidak sembarang orang dan mesin pencarian bisa mengakses Dark Web. Dark Web hanya bisa di akses melalui mesin pencarian khusus yang memiliki tingkat privasi dan keamanan tinggi seperti Browser TOR (The Onion Router).

Sesuai dengan namannya Dark Web, jika di artikan ke bahasa indonesia adalah web gelap masih merupakan bagian dari web yang menggambarkan banyaknya konten dan situs yang tidak muncul melalui mesin pencarian yang biasa kamu gunakan untuk mencari sesuatu di internet.

Baca Juga : VPN : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja Serta Kekurangan Dan Kelebihan VPN

Dark Web sering disalahgunakan untuk melakukan aktivitas ilegal seperti jual beli obat terlarang, jasa pembunuh bayaran, jual beli organ tubuh manusia dan semua aktivitas ilegal lainnya yang tidak bisa kamu temukan pada internet biasa, hal tersebut mungkin membuat beberapa orang beranggapan bahwa Dark Web selalu bersifat kejahatan, namun nyatanya ada juga beberapa hal positif didalam Dark Web contohnya seperti kamu bisa bergabung dengan club catur atau BlackBook, media sosial yang digambarkan sebagai "Facebook Of Tor", selain itu Dark Web membuat kita menjadi sadar akan pentingnya menjaga privasi untuk menghindari teror dan kejahatan lainnya di dalam internet.


Sejarah Dark Web

Sebelum adanya istilah Dark Web, pada tahun 1994 Jill Ellsowrth menggunakan istilah Invisible Web.

Jill Ellsworth pernah berkata "Situs ini adalah situs yang di desain dengan baik, tetapi tidak melakukan proses registrasi dengan mesin pencarian web apapun. Sehingga tidak ada yang dapat menemukan mereka. Secara teknis, situs tersebut adalah situs yang tersembunyi. Saya menyebutnya sebagai Invisible Web".

Penggunaan istilah Dark Web mulia digunakan secara umum pada tahun 2001 berdasarkan jurnal yang di tulis oleh Mike Bergman.


Isi Di Dalam Dark Web

1. Jual Beli Senjata Ilegal

Di Dark Web terdapat beberapa website yang menawarkan senjata ilegal seperti senjata api, bom dan berbagai macam senjata ilegal lainnya yang sangat mudah kamu temukan didalam Dark Web.

2. Jual Beli Narkoba

Terdapat berbagai jenis narkoba di dalam Dark Web yang bisa kamu temukan dengan bebas.

"Silk Road" adalah sebuah website paling terkenal di dalam dark web yang menjual berbagai macam jenis narkoba, seperti cocaine, cannabis, MDMA, mephedrone dan jenis narkoba lainnya.

Pendiri dari website "Silk Road", Ross Ulbricht, Tertangkap pada tahun 2015 atas tuduhan penyelundupan obat-obatan terlarang, penyusupan komputer, dan pencucian uang.

3. Jasa pembunuh bayaran

Di dalam Dark Web tersedia beberapa website yang menawarkan jasa pembunuh bayaran dengan syarat dan tarif masing-masing yang berbeda-beda pada setiap website.

4. Jual beli organ tubuh manusia

Dark Web juga bisa menjadi sebuah pasar jual beli organ tubuh manusia seperti ginjal, hati, jantung dan organ tubuh lainnya.

5. Konten yang tidak lazim

Ada beberapa website di dalam Dark Web yang menyajikan sebuah video dan foto yang tidak masuk akal dan tidak lazim contohnya seperti, video pornografi anak di bawah umur, kekerasan, pemerkosaan, dan gambar-gambar yang seram dan aneh.

6. Mystery Box

Mystery box adalah sebuah kotak misteri yang bisa kamu beli melalui e-commerce yang ada didalam Dark Web, saat membeli kotak tersebut kamu tidak akan tahu apa isi di dalamnya, biasanya isi di dalam kotak tersebut tidak akan jauh dari barang-barang yang aneh dan seram.

7. Jasa pembuatan dokumen palsu

Website di dalam Dark web juga ada yang menawarkan jasa pembuatan dokumen palsu seperti KTP, paspor sampai Ijazah palsu yang hampir mirip dengan aslinya.

Beberapa hal seperti di atas adalah hal yang biasa ditemukan didalam Dark Web, jadi tidak heran jika kamu menemukan beberapa hal di atas dengan dengan bebas dan mudah didalam Dark Web.

Baca Juga : Pengertian Root Pada Perangkat Android

Bahaya Dark Web

Mengakses Dark Web harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu agar data pribadi kamu tetap aman, jika ingin mengakses dark web tentunya kamu juga harus sudah siap dengan segala konsekuensi yang akan kamu dapat di dalam Dark Web.

Apa saja kah bahaya saat mengakses Dark Web?

Berikut ini bahaya yang bisa mengancam kamu saat mengakses Dark Web.

1. Ancaman virus berbahaya

2. Kebocoran informasi pribadi

3. Terkena serangan hacker

4. Terjebak cyber crime

5. Terkena jailbait

Dark Web bukan situs yang aman untuk kamu jelajahi, jika pengetahuan kamu kurang luas dengan dunia internet khususnya Dark Web sebaiknya jangan sekali-kali untuk mencoba mengakses Dark Web jika tidak ingin terkena ancaman berbahaya dari dalam Dark Web.


Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Sejarah, Isi dan Bahaya Dark Web"