Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 10 Ciri Ciri Jika HP Kamu Sedang Di Hack


Inilah 10 Ciri Ciri Jika HP Kamu Sedang Di Hack


Cara Mengetahui HP Di Hack Atau Di Sadap

Saat ini smartphone menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan, tidak sedikit orang yang menggunakan smartphone untuk menyimpan berbagai data penting. Tapi, apakah kamu yakin data penting yang kamu simpan di HP kamu aman dari hacker?

Untuk menjawab pertanyaan di atas kamu harus mengenali ciri ciri HP di hack, setelah itu baru kamu mencari cara untuk menghentikan dan mencegah HP di Hack.

Umumnya HP yang sedang di hack akan memunculkan tanda tanda yang tidak biasa. Misalnya, baterai yang tiba tiba boros padahal HP sedang tidak digunakan, iklan yang terus menerus bermunculan di pop-up, pemakaian data internet yang tiba tiba meningkat, dan masih banyak lagi tanda tanda lainnya tergantung dari metode peretasan yang digunakan oleh si hacker.


10 Ciri Ciri HP Di Hack


1. Muncul Aplikasi Tidak Dikenal

Muncul aplikasi tidak dikenal

Untuk meretas sebuah smartphone, seorang hacker biasanya menggunakan perantara sebuah aplikasi, aplikasi tersebut tidak akan kamu lihat pada daftar menu aplikasi di HP kamu karena sang hacker mungkin sudah menyembunyikannya. Namun kamu masih tetap bisa melihatnya dengan cara masuk ke pengaturan > pengelola aplikasi, setelah itu cek apakah ada aplikasi mencurigakan yang sebelumnya tidak pernah kamu pasang, jika ada silahkan hapus atau copot pemasangan aplikasi tersebut di HP kamu.


2. Baterai HP Yang Tiba Tiba Terkuras

Baterai HP yang tiba tiba terkuras

Jika merasa baterai di HP kamu tiba tiba terkuras padahal kamu tidak menggunakannya bisa jadi hal tersebut adalah ciri ciri HP sedang di hack. Untuk mengirimkan data dari smartphone kamu ke perangkat si hacker tentu saja aplikasi yang di gunakan oleh hacker akan terus bekerja di background tanpa kamu sadari. Hal ini akan berakibat baterai smartphone kamu menjadi cepat terkuras dan panas. Untuk cek aplikasi apa saja yang sedang berjalan di background HP kamu bisa melihatnya di pemakaian baterai.


Baca Juga : Cara Merawat Dan Men-charge Baterai Smartphone Yang Benar Agar Tetap Awet & Tahan Lama


3. HP Tiba Tiba Lemot

HP tiba tiba lemot

Apakah kamu pernah merasa saat sedang menjalankan aplikasi atau program yang sekiranya ringan di jalankan untuk HP kamu tapi HP kamu tetap saja lemot, mungkin saja hal ini di karenakan ada Malware yang sedang berjalan bersamaan dengan aplikasi yang sedang kamu gunakan, akibatnya HP akan menjadi terasa lemot meskipun kamu hanya menjalankan aplikasi yang ringan.


Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mempercepat Android Yang Lemot Paling Ampuh


4. Pop-up Tidak Jelas Yang Terus Bermunculan

Pop-up tidak jelas yang sering bermunculan

Pernah tidak kamu menerima notifikasi pop-up yang terus bermunculan. Jika pernah kamu harus waspada, selain notifikasi tersebut mengganggu bisa jadi juga itu adalah sebuah perantara untuk melancarkan aksi seorang hacker agar bisa menyadap HP mu. Cara kerjanya adalah ketika kamu mengklik iklan tersebut Malware yang di gunakan hacker akan secara otomatis aktif. Untuk cara mengatasi serangan hacker seperti ini, jangan membuka iklan tersebut dan kamu juga bisa memblokir notifikasi  aplikasi dari mana pop-up tersebut berasal agar tidak muncul lagi di HP mu.


5. WiFi yang sering aktif sendiri

Wifi yang sering aktif sendiri

Dengan menggunakan jaringan Wi-Fi hacker akan lebih mudah untuk melakukan transfer data, jika kamu sering menggunakan WiFi gratis yang ada di tempat umum maka kamu harus lebih berhati hati lagi. Bisa saja seseorang memanfaatkan jaringan WiFi tersebut untuk melakukan pencurian data.


6. Lokasi Tiba Tiba Aktif

Lokasi tiba tiba aktif

Peretasan tidak selalu identik dengan pencurian data, ada juga peretas yang ingin mengetahui lokasi seseorang dengan cara menyadap HP korban kemudian menjalankan program yang dapat mengaktifkan lokasi di perangkat si korban, dengan begitu seorang hacker akan sangat mudah untuk mengetahui lokasi dari korbannya.


7. Kuota Internet Menjadi Lebih Boros

Kuota internet menjadi lebih boros

Selain baterai smartphone menjadi lebih boros, kuota boros juga menjadi salah satu ciri ciri HP di hack atau disadap. Bagaimana tidak, saat aplikasi yang di tanam hacker melakukan transfer data, secara otomatis kuota di HP kamu juga akan menjadi terkuras.


Baca Juga : 6 Cara Mudah Agar Kuota Di Smartphone Android Kamu Menjadi Lebih Irit


8. HP Sering Mengalami Reboot

Hp sering mengalami reboot

Jika smartphone kamu sering mengalami Reboot dengan sendirinya, bisa jadi HP kamu sudah di hack dan ditanamkan sebuah virus oleh seseorang yang bisa membuat smartphone kamu menjadi sering melakukan reboot dengan sendirinya dan mengalami eror.


9. Nomor Yang Tidak Dikenal Pada Riwayat Panggilan

Nomor yang tidak dikenal pada riwayat panggilan

Sekarang coba masuk ke riwayat panggilan di HP kamu, jika melihat ada panggilan masuk maupun panggilan keluar dari nomor tidak dikenal yang sebelumnya kamu tidak merasa melakukan panggilan ataupun menerima panggilan dari nomor misterius tersebut, maka waspadalah bisa jadi nomor itu adalah nomor dari seorang hacker yang hendak mengambil data data penting di HP kamu.


10. Suara Aneh Saat Melakukan Panggilan

Suara aneh saat melakukan panggilan

Saat melakukan panggilan lalu kamu mendengar suara bising atau suara aneh yang menggangu padahal sinyal di smartphone stabil, kamu patut curiga bisa saja hal tersebut berasal dari seseorang yang sedang memata-matai kamu melalui panggilan.


Baca Juga:

• Ciri Ciri WhatsApp Diretas Dan Cara Mengatasinya

• Cara Mengetahui Akun Facebook Dibajak Orang Lain Dan Cara Mengatasinya


Itulah tanda atau ciri ciri HP di hack, setelah mengetahui ciri cirinya mungkin kamu lebih bisa berhati-hati lagi dan tetap waspada terhadap peretasan atau pencurian data penting yang suatu saat bisa saja terjadi.


2 komentar untuk "Inilah 10 Ciri Ciri Jika HP Kamu Sedang Di Hack"