Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Teknik Hacking Yang Sering Digunakan Hacker Di Seluruh Dunia


Macam Macam Teknik Hacking Yang Sering Digunakan Hacker Di Seluruh Dunia

Ada berbagai macam cara yang sering dilakukan oleh hacker untuk melakukan aksi hacking. Meskipun semuanya memiliki metodenya masing masing untuk meretas, namun ada beberapa teknik yang umumnya sering digunakan oleh para hacker.

Agar terhindar dari serangan hacker yang berbahaya, ada baiknya jika kamu mengetahui macam macam teknik hacking yang sering mereka gunakan. Dengan begitu, kamu bisa untuk memahami serta melakukan antisipasi terhadap serangan tersebut yang bisa saja korban berikutnya adalah kamu.

Umumnya seorang hacker tidak hanya meretas dengan mengelabui sistem, tetapi hacker juga bisa memanfaatkan penggunanya yang lalai, sehingga hal tersebut membuat sang hacker menjadi lebih mudah untuk melancarkan aksi peretasan. Bicara kasarnya, kamu memberikan izin kepada hacker untuk meretas sistem milikmu sendiri. Kamu tidak akan mengetahui melalui apa kamu mengizinkannya. Namun jelasnya, kamu sudah berhasil dikelabui oleh hacker tersebut.

Hal seperti diatas sering kali terjadi karena kamu benar benar tidak memahami tentang dasar dari jenis serangan hacker yang digunakan. Memahami bukan artinya kamu juga harus menguasai. Disini kamu hanya perlu memahami tentang bagaimana cara kerja dari serangan tersebut sehingga nantinya kamu juga bisa untuk menghindarinya.


Baca Juga:

• 5 Hacker Asal Indonesia Yang Ditakuti Dunia

• Inilah 10 Ciri Ciri Jika HP Kamu Sedang Di Hack


Berikut ini kita akan membahasa macam macam teknik peretasan yang paling umum digunakan oleh para hacker di dunia.


Macam Macam Teknik Hacking Yang Sering Digunakan Oleh Hacker

1. Phising

Phising - Macam Macam Teknik Hacking Yang Sering Digunakan Hacker

Sesuai dengan namanya, meskipun phising yang dimaksud bukan lah phising untuk memancing ikan, akan tetapi phising didalam dunia internet juga memiliki makna yang sama.

Umumnya teknik phising digunakan untuk mendapatkan sebuah password seperti password akun media sosial, game, dan password penting lainnya pada setiap akun. Parahnya lagi, phising juga dapat digunakan untuk mendapatkan password atau PIN rekening.

Teknik hack phising merupakan salah satu cara yang sering digunakan oleh hacker untuk memancing korban masuk kedalam halaman situs jebakan yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tampilannya akan sangat mirip sekali dengan halaman aslinya, dengan begitu korban tidak akan curiga.

Phising juga sering kali menggunakan halaman situs web yang bersifat menarik agar si korban tertarik kemudian login. Contohnya halaman untuk mendapatkan hadiah berupa uang, mobil, smartphone dan hadiah hadiah lainnya.

Saat kamu login didalam halaman tersebut, maka semua data yang kamu masukan akan dicatat kemudian dikirimkan kepada hacker yang membuat halaman login tersebut.

Untuk menghindari serangan hacker jenis ini, kamu harus tetap waspada saat memasukan data penting didalam sebuah situs, pastikan bahwa situs tersebut adalah situs yang terpercaya. Selain itu, jangan membuka link yang dikirimkan oleh orang yang tidak kamu kenal.


2. DDoS

DDoS - Macam Macam Teknik Hacking Yang Sering Digunakan Hacker

DDoS (Distributed Denial of Service) merupakan cara peretasan yang digunakan oleh hacker untuk melumpuhkan jaringan, server, ataupun sistem. Untuk kamu yang sering berkecimpung didalam dunia internet pasti sudah sering sekali mendengar istilah DDoS.

Cara kerja dari DDoS adalah dengan membanjiri lalu lintas jaringan atau server dengan data yang bertujuan agar server menjadi lemah sehingga fungsinya juga ikut terganggu dan bahkan tidak dapat beroperasi sama sekali karena sudah menampung banyak data.

Biasanya serangan DDoS tidak hanya dilakukan oleh satu perangkat saja, namun ada banyak perangkat yang secara bersamaan melakukan serangan tersebut. Jika kamu melakukannya sendiri, hal itu tidak akan berarti signifikan, mungkin sistem juga akan menganggap bahwa itu adalah traffic yang wajar wajar saja.

Contohnya jika pada website, DDoS juga merupakan salah satu teknik hacking website dengan cara menyerangnya. semakin banyak orang yang menyerang website tersebut maka semakin cepat pula website mengalami down. Jika sudah down, maka akibatnya website tersebut tidak akan bisa di akses.


3. Brute Force

Brute Force - Macam Macam Teknik Hacking Yang Sering Digunakan Hacker

Brute Force merupakan nama serangan yang digunakan oleh hacker untuk mencoba masuk kedalam suatu sistem dengan menggunakan rangkaian kemungkinan kata sandi yang digunakan.

Program yang digunakan sang hacker akan mencoba beberapa kata sandi sampai menemukan kata sandi yang sesuai. Teknik hacking ini sepintas memang terlihat lebih sederhana jika kamu bandingan dengan jenis serangan lainnya.

Biasanya program ini di bantu oleh wordlist, wordlist berisi kombinasi kata, kode, angka, dan karakter. Program akan menggunakan wordlist tersebut untuk melakukan pencocokan pada setiap kata yang ada didalam wordlist sampai menemukan kata atau password yang cocok yang digunakan sistem.

Metode hacking ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang sesuai karena program akan mencocokan tiap kata satu persatu. Kadang cara ini juga tidak berhasil jika sistem menggunakan password yang cukup sulit untuk ditebak, misalnya password yang digunakan berupa kombinasi angka huruf dan karakter.


4. Trojan

Trojan - Macam Macam Teknik Hacking Yang Sering Digunakan Hacker

Trojan merupakan bagian dari virus ataupun malware yang mengelabui targetnya dengan cara menjadikan dirinya sebagai salah satu perangkat lunak. Trojan sering kali digunakan oleh hacker untuk mendapatkan akses kepada perangkat yang sudah tertanam virus ini.

Meskipun trojan termasuk kedalam salah satu virus tetapi fungsi trojan sedikit berbeda dengan jenis virus lainnya, trojan tidak menyerang secara langsung namun trojan memiliki banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh pembuat trojan kepada perangkat korbannya.

Jika perangkat kamu sudah terinfeksi virus ini maka si pembuat virus trojan tersebut dapat dengan mudah mengakses perangkat kamu dengan menggunakan Remot Access Trojan (RAT). Dengan begitu, hacker tersebut bisa dengan mudah juga untuk mendapatkan informasi serta mengendalikan perangkat kamu dari jarak jauh.

Cara mencegah hacker mengendalikan perangkat kamu dengan virus trojan ini adalah, jangan menginstall aplikasi dari sumber tidak dikenal, jangan memasang file aplikasi yang dikirim dari orang yang mencurigakan atau orang yang tidak kamu kenal sebelumnya.


5. Carding

Carding - Macam Macam Teknik Hacking Yang Sering Digunakan Hacker

Carding adalah kejahatan di internet yang di lakukan dengan cara berbelanja menggunakan kartu kredit milik orang lain yang didapatkan secara ilegal, umumnya dengan mencuri data di internet.

Jenis serangan hacker ini sangat merugikan sekali terutama jika dari segi materi. Carder atau sebutan dari pelaku carding, akan berbelanja sesuka hati dengan menggunakan kartu kredit orang lain.

Tips agar kamu terhindar dari carding adalah, jangan melakukan transaksi online di situs yang tidak terpercaya dan jangan pernah menggunakan jaringan public saat sedang melakukan transaksi.

Selain itu, merahasiakan data pribadi juga penting, jika kamu ingin terhindar dari serangan hacking jenis ini, maka penting juga bagi kamu untuk mengetahui cara mengamankan data dari hacker.


Baca Juga:

• Cara Mengetahui Akun Facebook Dibajak Orang Lain Dan Cara Mengatasinya

• Tips Menjaga Keamanan Akun Facebook Agar Tidak Mudah Di Hack


Itulah macam macam teknik hacking yang sering digunakan oleh hacker di seluruh dunia. Beberapa teknik tersebut seolah menjadi dasar yang harus dikuasi oleh seorang hacker, kebanyakan hacker yang sudah profesional pasti sudah menguasai dan memahami betul tentang teknik meretas diatas. Namun semua itu masih bisa diatasi jika kamu mengerti tentang dasarnya dan tetap waspada terhadap serangan dari hacker yang suatu saat mungkin akan terjadi.

Sekian dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.


Posting Komentar untuk "Macam Macam Teknik Hacking Yang Sering Digunakan Hacker Di Seluruh Dunia"