Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Keyboard Koreksi Otomatis di Gboard Android


Cara Mengaktifkan Keyboard Koreksi Otomatis di Gboard Android

 Cara mengaktifkan keyboard koreksi otomatis di Gboard Android - Ketika kita harus mengetik dengan cepat dan terburu-buru, kesalahan kata pada penulisan pasti sering terjadi. Jika kamu sering mengalami kejadian seperti itu, jangan risau, karena aplikasi Gboard (Google Keyboard) di Android kamu memiliki fitur koreksi otomatis.

Fitur koreksi otomatis atau Auto-Correct merupakan salah satu fitur di keyboard Gboard atau mungkin juga dimiliki oleh aplikasi keyboard lain yang fungsi utamanya adalah untuk mengoreksi setiap kata yang salah ketik.

Setiap kata yang dianggap salah atau tidak ada di kamus Gboard akan dibenarkan secara otomatis dengan kata yang hampir mirip. Misalnya kamu menulis kata "sayanh" namun kata tersebut tidak tersedia di kamus dan yang tersedia hanya kata "sayang", maka kata "sayanh" itu akan otomatis diubah menjadi kata "sayang". Kurang lebih seperti itulah cara kerja dari fitur koreksi otomatis.

Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan Gboard (Google Keyboard)

• Cara Mengubah Ukuran Keyboard Gboard di Android

Bisa dipastikan bahwa dengan menggunakan fitur koreksi otomatis ini kamu tidak perlu capek lagi untuk menghapus dan menulis ulang tulisan yang salah ketik atau typo.

Fitur koreksi otomatis pada Gboard ini bisa kamu aktifkan dan nonaktifkan dengan bebas. Umumnya, dibeberapa perangkat Android fitur ini sudah aktif secara default. Jika di HP Android kamu tidak dan kamu ingin mencobanya, kamu bisa mengaktifkannya dengan cara seperti berikut.

Cara Mengaktifkan Keyboard Koreksi Otomatis di Gboard Android

Sebelumnya perlu di ingat cara ini khusus hanya untuk Android yang menggunakan papan ketik Gboard. Jika kamu menggunakan papan ketik lain tentu caranya tidak akan sama.

1. Langkah pertama adalah dengan membuka menu aplikasi Gboard di HP masing-masing. Jika tidak menemukan menunya, kamu masuk ke aplikasi apapun untuk menulis. Jika keyboardnya sudah muncul, tekan lama tombol koma lalu pilih ikon roda gear.

Agar nantinya lebih mudah untuk masuk ke aplikasi Gboard lagi, kamu bisa lihat cara menampilkan ikon aplikasi Gboard di menu aplikasi.

2. Setelahnya kamu akan langsung dibawa ke menu pengaturan Gboard. Di sana kamu pilih "Koreksi teks".

2. Cara Mengaktifkan Keyboard Koreksi Otomatis di Gboard Android

3. Selanjutnya kamu tinggal mengaktifkan opsi "Koreksi otomatis".

3. Cara Mengaktifkan Keyboard Koreksi Otomatis di Gboard Android

4. Jika ingin saran kata ditampilkan di atas keyboard, kamu juga bisa mengaktifkan "Tampilkan strip saran".

5. Selesai.

Baca Juga:

• Cara Ganti Keyboard Android Dengan Mudah

• 6 Aplikasi Keyboard Android Terbaik 2023

Begitu mudahnya cara untuk mengaktifkan koreksi teks otomatis di aplikasi Gboard HP Android. Sekarang kamu bisa mengetik dengan cepat tanpa takut salah, kalo salah pun akan langsung dibenarkan.

Namun tiap fitur pasti memiliki kelebihan serta kekurangan dan salah satu kekurangan menggunakan fitur ini kadang bisa salah mengoreksi kata yang hampir sama dengan kata lain. Jika merasa terganggu dengan hal itu, kamu dapat menonaktifkan fitur koreksi otomatis di Gboard dengan menonaktifkan lagi opsi "Koreksi otomatis" yang tadi kamu aktifkan.

Itulah pembahasan singkat tentang cara mengaktifkan keyboard koreksi otomatis di Gboard Android. Semoga tutorialnya bisa bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Keyboard Koreksi Otomatis di Gboard Android"