Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan Safe Search di Google Chrome Android


Cara Menonaktifkan Safe Search di Google Chrome Android

 Cara menonaktifkan safe search di Google Chrome Android - Kita semua tahu bahwa browser Google Chrome dapat digunakan oleh siapapun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal itu bisa saja membuat hasil pencarian untuk orang dewasa malah di tampilkan untuk anak-anak. Namun itu tidak akan terjadi karena adanya fitur safe search.

Safe search atau pencarian aman adalah fitur yang berguna untuk memfilter konten-konten vulgar pada hasil pencarian yang kamu lakukan di browser. Konten vulgar yang dimaksud seperti pornografi, kekerasan atau konten lain yang tidak pantas untuk dilihat apalagi oleh anak dibawah umur.

Meskipun pelindung pencarian yang diberikan oleh fitur safe search ini tidak begitu akurat atau kadang ada saja konten vulgar yang tetap muncul, namun setidaknya fitur ini mampu mengurangi adanya konten vulgar di hasil penelusuran Google.

Perlu diingat, safe search hanya berfungsi untuk menyembunyikan konten vulgar yang muncul di hasil pencarian, safe search tidak akan menyembunyikan konten vulgar dari situs yang kamu akses secara langsung.

Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Safe Browsing di Google Chrome Android

• Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Data Di Google Chrome Android

Jika kamu merasa tidak terganggu dengan konten-konten vulgar tersebut atau justru kamu sendiri yang ingin mencarinya, kamu tetap bisa untuk membuat safe search off atau menonaktifkannya di Google Chrome HP Android milikmu.

Salah satu keuntungan menonaktifkan safe search di Chrome adalah dapat memberikan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan dengan kata kunci yang kamu cari. Hal itu dikarenakan tidak adanya filter apapun yang membatasinya.

Umumnya, safe search sudah aktif secara default di Google Chrome. Meskipun begitu kamu bisa menonaktifkannya dengan mudah menggunakan cara yang akan admin bagikan dibawah ini.

Cara Menonaktifkan Safe Search di Google Chrome Android

1. Buka aplikasi Google Chrome di HP Android milikmu.

2. Selanjutnya tap kolom pencarian lalu masukan kata kunci apapun kemudian cari.

3. Kemudian pada hasil pencarian tap ikon garis tiga yang berada dipojok kiri atas.

3. Cara Menonaktifkan Safe Search di Google Chrome Android

4. Setelah itu kamu pilih "SafeSearch" atau "Telusur Aman".

4. Cara Menonaktifkan Safe Search di Google Chrome Android

5. Selanjutnya kamu tinggal menonaktifkan saja opsi "Telusur Aman".

5. Cara Menonaktifkan Safe Search di Google Chrome Android

6. Selesai.

Jika kamu melihat ikon berupa gembok di sebelah kanan atas, itu artinya setelan safe search kamu terkunci.

Perlu diketahui, setelan safe search Google Chrome bisa saja diaktifkan oleh layanan jaringan misalnya jaringan Wi-Fi dan Internet Service Provider (ISP), setelan keamanan perangkat, dan browser. Untuk membuka safe search yang terkunci, kamu bisa menghubungi beberapa pihak terkait di atas.

Jika tidak ingin ribet melakukan tindakan di atas namun tetap ingin menonaktifkan safe search di Google yang terkunci, opsi lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan VPN, misalnya Turbo VPN atau VPN untuk Android lainnya.

Dengan menggunakan VPN, biasanya safe search akan otomatis dinonaktifkan tanpa perlu kamu menonaktifkannya lagi. Cara ini berlaku untuk semua browser misalnya Mozilla atau Opera Mini.

Mungkin cukup sampai disini saja pembahasan mengenai cara menonaktifkan safe search di Google Chrome Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menonaktifkan Safe Search di Google Chrome Android"