Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Pengaturan HP Android Seperti Semula Tanpa Menghapus Data


Cara Mengembalikan Pengaturan HP Android Seperti Semula Tanpa Menghapus Data

 Cara mengembalikan pengaturan HP Android seperti semula tanpa menghapus data - Hampir semua pengaturan di HP Android bisa kita ubah sesuai dengan keinginan masing-masing. Namun terlalu banyak mengubah pengaturan bawaan HP kadang bisa membuat kamu pusing sendiri karena ada saja pengaturan yang kamu sendiri tidak mengerti fungsi dan cara menggunakannya.

Tak jarang pengguna yang ingin mengembalikan pengaturan Android ke semula karena merasa ada yang aneh setelah mengubah beberapa pengaturan sistem dan khawatir jika dibiarkan akan membuat HP jadi eror.

Untungnya, ketika kamu mengalami masalah seperti itu, kamu tidak perlu mengembalikan HP itu ke setelan pabrik atau melakukan factory reset yang mana hal tersebut cukup ribet dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Belum lagi kamu harus mencadangkan semua data penting kamu terlebih dahulu.

Baca Juga:

• Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

• Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

Kamu tidak perlu melakukan itu semua karena sekarang ini opsi reset HP sudah semakin berkembang dan beragam jenisnya. Kamu bisa melakukan reset untuk hal-hal tertentu saja, misalnya hanya me-reset pengaturan sistem atau me-reset pengaturan jaringan.

Dengan hanya me-reset pengaturan HP ke pengaturan awal tidak mengharuskan kamu untuk mencadangkan data dan memulihkannya lagi karena yang di reset ulang hanyalah pengaturan saja. Semua data penting yang tersimpan di Android kamu tidak akan terhapus termasuk data-data aplikasi.

Selain caranya lebih mudah, cara ini juga terbilang sangat aman sekali. Tapi jika kamu masih bingung dan takut untuk melakukannya sendiri, kamu bisa melihat tutorial mengembalikan pengaturan HP ke seperti semula berikut ini.

Cara Mengembalikan Pengaturan HP Android Seperti Semula Tanpa Menghapus Data

Mengubah pengaturan di HP seperti semula bisa dilakukan dengan mudah tanpa aplikasi, tanpa kode reset, dan juga tanpa tombol kombinasi, yang benar adalah melalui pengaturan di HP itu sendiri. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka menu Pengaturan di HP Android kesayanganmu masing-masing.

2. Didalam pengaturan kamu pilih "Pengelolaan Sistem".

2. Cara Mengembalikan Pengaturan HP Android Seperti Semula Tanpa Menghapus Data

3. Setelah itu pilih "Buat cadangan & atur ulang".

3. Cara Mengembalikan Pengaturan HP Android Seperti Semula Tanpa Menghapus Data

4. Pada opsi "Setel ulang" kamu akan melihat 3 pilihan dibawahnya, diantara pilihan tersebut silahkan kamu pilih "Atur ulang semua pengaturan".

4. Cara Mengembalikan Pengaturan HP Android Seperti Semula Tanpa Menghapus Data

5. Jika HP kamu menggunakan keamanan berupa sandi, pin, ataupun pola, mungkin kamu akan diminta untuk memasukannya terlebih dahulu. Silahkan masukan sandi yang kamu gunakan dan selanjutnya kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan.

6. Selesai.

Jika kamu sudah berhasil mengikuti langkah-langkah di atas, semua pengaturan yang sudah kamu ubah sebelumnya akan dikembalikan lagi ke pengaturan default atau pengaturan bawaan pabrik sama seperti kamu baru membelinya pertama kali.

Pengaturan-pengaturan yang termasuk diantaranya adalah pengaturan jaringan, nada dering, pengaturan dari fitur-fitur bawaan, notifikasi, dan semuanya. Tapi itu semua tidak akan menghapus data apapun yang sebelumnya sudah tersimpan.

Itulah cara mengembalikan pengaturan HP Android seperti semula tanpa menghapus data. Jika masih ada yang tidak kamu pahami dari pembahasan di atas, boleh kamu tanyakan melalui komentar di bawah ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Baca Juga:

• Cara Mengatasi HP Android Hang Baterai Tanam

• Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Pengaturan HP Android Seperti Semula Tanpa Menghapus Data"