Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Android Hang Baterai Tanam


Cara Mengatasi HP Android Hang Baterai Tanam

 Cara mengatasi HP Android hang baterai tanam - Smartphone keluaran terbaru sudah hampir semuanya menggunakan teknologi baterai tanam atau baterai non-removable. Baterai tanam di HP Android diklaim mampu memberikan desain HP menjadi lebih tipis karena penempatan baterai langsung menyatu dengan mesin, tidak seperti baterai lepasan atau baterai removable yang memiliki ruang khusus sebagai tempat untuk menyimpan baterai.

Namun dibalik beberapa kelebihan baterai tanam, tentu saja ada juga beberapa kekurangannya, dan salah satu kekurangannya yaitu pengguna kesulitan untuk mengatasi HP Android saat HP tersebut sedang hang. Sebab cara satu-satunya yang biasa digunakan untuk mengatasi HP hang yang kamu tahu hanyalah dengan melepas baterai kemudian menghidupkannya lagi seperti biasa.

Tapi yang jadi masalahnya, yaitu HP yang mereka gunakan sekarang itu menggunakan baterai tanam, dan kamu khawatir akan terjadi masalah yang lebih parah lagi jika mencoba untuk mencabut baterai tanam sendiri karena kamu tidak memiliki keahlian apapun tentang hal itu.

BACA JUGA:

• Cara Merawat Baterai Tanam Agar Awet Dan Tahan Lama

• 7 Cara Mengatasi Speaker HP Sember Dengan Mudah

Jika kamu mematikan HP-nya dengan cara seperti biasa atau dengan menekan tombol power selama beberapa saat, tentu kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu sedangkan kondisi HP kamu sedang hang dan tidak memungkinkan untuk melakukan hal itu.

Nah, saat HP kamu sedang mengalami ngehang atau ngeblank seperti diatas, mungkin sekarang kamu merasa bingung tentang bagaimana cara mengatasi HP Android baterai tanam yang hang. Namun kamu jangan panik terlebih dahulu karena disini admin akan memberikan cara mengatasinya, silahkan simak ulasannya setelah ini.

Cara Mengatasi HP Android Hang Baterai Tanam

Hang atau ngehang adalah kondisi dimana HP Android kita sedang lag namun ditahap yang lebih serius. Secara umum, ciri-ciri HP Android yang hang biasanya akan menampilkan layar macet atau stuck. Tapi didalam kasus yang lebih parah, HP hang hanya akan menampilkan layar putih total, tidak bisa mati dan tidak bisa disentuh.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab HP menjadi hang, salah satunya yaitu sering menjalankan aktifitas yang membuat ponsel harus mengeluarkan kinerja sampai batas maksimalnya atau bahkan lebih, salah satu contohnya bermain game besar dan menyetelnya ke grafik yang tinggi.

Namun selain karna hal itu, terkadang HP hang bisa disebabkan juga oleh performanya yang memang sudah menurun. Masalah seperti ini sering terjadi pada smartphone yang sudah lama digunakan dan ini bisa saja disebut hal yang wajar.

Untuk jawaban bahwa mematikan HP bisa mengatasi hang di HP Android baterai tanam adalah salah satu solusi yang benar, namun sayangnya HP tersebut menggunakan baterai tanam dan kamu tidak bisa melepasnya secara sembarangan.

BACA JUGA:

• Cara Menampilkan Persentase Baterai di HP VIVO

• Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Daya Baterai di HP VIVO

Namun meskipun begitu, jangan langsung berpikir untuk membawa HP kamu ke serivce center atau tempat servis HP karena ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mematikan HP hang tanpa melepas baterai. Sebenarnya caranya hampir mirip ketika kamu ingin mematikan HP seperti biasa namun bedanya hanya dari tombol yang digunakan.

Pada dasarnya, setiap HP Android yang menggunakan baterai tanam sudah dibekali opsi untuk mematikan ataupun memulai ulang HP secara paksa, kita bisa menggunakan opsi ini saat HP berada pada kondisi apapun, contohnya saat HP ngehang, ngelag, eror, bootloop dan masalah lainnya yang mengharuskan kita untuk mematikan HP tanpa adanya kontak atau sentuhan dengan layar, yaitu hanya mengandalkan tombol saja.

Mungkin kombinasi tombol yang ditekan untuk mematikan paksa HP Android akan berbeda untuk setiap merk atau tipe HP yang berbeda juga. Kamu bisa melihat tombol apa saja yang digunakan untuk mematikan paksa HP kamu dengan menekan tombol power selama beberapa detik sampai muncul pilihan untuk mematikan atau mulai ulang HP, nah dibagian bawah halaman itu kamu bisa melihatnya.

Cara Mengatasi HP Android Hang Baterai Tanam

Namun jika sebelumnya kamu tidak pernah mengetahuinya dan untuk mengeceknya pun susah karena HP kamu sudah terlanjur dalam keadaan hang, disini admin akan memberikan beberapa kombinasi tombolnya untuk di semua HP Android. Siapa tahu diantaranya ada yang cocok untuk digunakan di HP Android kamu.

Berikut adalah beberapa kombinasi tombol untuk mematikan paksa HP Android hang yang menggunakan baterai tanam:

1. Tombol Power + Volume Bawah

Tekan tombol power (daya) dan tombol volume bawah (down) secara bersamaan selama kurang lebih 15 sampai 20 detik atau sampai layar menjadi hitam.

2. Tombol Power + Volume Atas

Cara yang kedua yaitu menekan tombol power dan tombol volume atas (up) secara bersamaan selama 15 sampai 20 detik.

3. Tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah

Jika kedua cara diatas masih tidak berhasil, cara selanjutnya yaitu menekan tombol power, tombol volume atas, dan tombol volume bawah secara bersamaan selama 15 sampai 20 detik. Lepaskan tombol tersebut jika layar sudah mati.

Catatan: semua kombinasi tombol diatas ada yang untuk mematikan dan memulai ulang HP (restart), jadi apabila kamu tidak melihat HP kamu hidup kembali secara otomatis artinya kamu harus menghidupkannya secara manual dengan menekan tombol power selama beberapa detik.

BACA JUGA:

• Cara Merawat Dan Men-charge Baterai Smartphone Yang Benar Agar Tetap Awet & Tahan Lama

• Penyebab Dan Cara Mengatasi Sidik Jari HP Tidak Berfungsi

Itulah beberapa kombinasi tombol yang bisa kamu gunakan untuk mematikan paksa HP Android heng, silahkan kamu coba caranya satu-persatu.

Cara diatas bisa kamu coba untuk di semua HP Android seperti HP VIVO, OPPO, Samsung, Asus, Xiaomi dan beberapa HP Android lainnya yang sudah menggunakan baterai tanam. Karena setiap HP baterai tanam pasti sudah dibekali dengan cara alternatif untuk mematikannya secara paksa.

Jika cara diatas berhasil mematikan paksa Android kamu namun setelah dihidupkan kembali tapi masalah hang-nya tidak kunjung hilang dan yang kamu lihat hanyalah layar berwarna putih polos saja, sepertinya kamu memang harus membawa smartphone itu ke tempat service HP, bisa saja masalah yang terjadi pada HP kamu bukanlah masalah sepele dan jika dibiarkan bisa bertambah parah.

Itulah cara mengatasi HP Android hang baterai tanam dengan cara mematikannya secara paksa. Semoga tutorial diatas bisa membantu untuk kamu yang membutuhkannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi HP Android Hang Baterai Tanam"