Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi


Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

 Cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa aplikasi - Saat kamu sedang membersihkan penyimpanan di HP Android yang sudah menumpuk, baik itu dengan menghapus sampahnya atau file-file tidak penting yang sudah tidak terpakai lagi, pasti kamu pernah secara tidak sengaja menghapus file yang justru sangat penting, entah itu file berupa foto, video, musik, ataupun dokumen.

Kadang ada juga sebagian pengguna smartphone Android yang secara sengaja menghapus file ketika menemukan file yang formatnya tidak umum atau cukup asing tidak seperti beberapa jenis file yang admin sebutkan diatas.

Mungkin hal itu terjadi karena mereka menganggap bahwa file itu hanyalah sebuah cache atau sampah saja. Padahal, bisa saja file tersebut berisi kumpulan data-data penting dari sebuah aplikasi. Dan setelah dihapus aplikasinya menjadi eror atau sebagian data yang tersimpan didalamnya terhapus. Jika tahu begitu pasti kamu ingin mengembalikan file itu lagi atau membatalkan penghapusan file.

Baca Juga:

• Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android

• Pengertian File APK Beserta Fungsi, Cara Membuka File APK Dan Macam Macam Jenis Aplikasi Beserta Contohnya

Apalagi jika file yang kamu hapus itu adalah file asli atau file satu-satunya dan kamu tidak memiliki salinannya lagi, pasti kamu akan merasa kesal dan bingung untuk mencari solusi bagaimana cara mengembalikan file yang sudah dihapus di Android kamu itu.

Namun, beruntung bagi kamu yang menggunakan HP Android versi terbaru atau keluaran terbaru, karena didalam HP Android keluaran terbaru hampir semuanya sudah memiliki fitur yang kita sebut saja namanya wadah daur ulang atau file sampah.

Jadi, dengan fitur ini kamu bisa mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa menggunakan aplikasi apapun. Dan untuk cara menggunakannya atau melakukannya bisa kamu lihat di tutorial yang akan admin bagikan setelah ini.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

Mengembalikan file terhapus di Android bisa dilakukan dengan mudah tanpa melakukan root terlebih dahulu karena sudah ada fitur yang memungkinkan hal tersebut. Dengan fitur ini, semua file yang kamu hapus di HP Android tidak akan dihapus secara langsung namun akan disimpan terlebih dahulu ditempat khusus dan akan dihapus permanen sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jadi, kamu masih memiliki kesempatan jika ingin mengembalikan lagi file yang sudah terhapus itu.

Sepertinya, hampir semua HP Android seperti OPPO, Xiaomi, Samsung, VIVO dan beberapa smartphone keluaran terbaru lainnya sudah ditanamkan fitur ini didalamnya.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan tutorialnya, kamu harus menentukan terlebih dahulu file apa yang ingin kamu kembalikan setelah kamu menghapusnya. Karena untuk cara mengembalikan file video atau foto dengan file musik atau file-file lainnya berbeda tempat.

Jika file foto dan video, kamu bisa melakukannya didalam menu Album. Sedangkan untuk file musik dan jenis-jenis filenya lainnya, bisa kamu lakukan didalam menu File Manager. Dan disini yang akan admin bagikan tutorialnya adalah untuk file video dan foto di Android.

Cara Mengembalikan File Terhapus di HP Android Tanpa Aplikasi

1. Buka menu Album atau Galeri di HP Android kamu masing-masing.

2. Setelah itu, gulir layar kebawah untuk mencari dan menemukan folder dengan nama "Baru dihapus". Biasanya folder ini berada dibagian paling bawah. Jika sudah ketemu, silahkan kamu pilih folder tersebut.

2. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

3. Dihalaman inilah kamu bisa melihat file yang sudah dihapus di HP milikmu. Pilih salah satu file yang ingin kamu kembalikan atau membatalkan untuk menghapusnya.

3. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

4. Selanjutnya kamu tinggal tap opsi "Pulihkan".

4. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

5. Dan untuk konfirmasi silahkan kamu tap lagi "Pulihkan".

5. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

6. Selesai.

Itulah cara mengembalikan file di Android yang sudah terhapus dengan mudah tanpa aplikasi tambahan. Admin ingatkan lagi jika cara diatas hanya berlaku untuk Android yang sudah memiliki fiturnya.

Jika kamu tidak menemukan folder bernama "Baru dihapus" atau folder berjenis sama namun namanya sedikit berbeda, artinya ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama yaitu HP Android kamu tidak memiliki fitur untuk mengembalikan file yang dihapus dan kemungkinan kedua kamu belum mengaktifkan fitur tersebut.

Umumnya, dibeberapa HP Android fitur ini memang sudah aktif secara default. Barangkali di Android kamu tidak, berarti kamu yang harus mengaktifkannya sendiri. Untuk cara mengaktifkannya seperti berikut ini.

Cara Mengaktifkan Folder Sampah/Wadah Daur Ulang/Baru Dihapus di Android

Mungkin cara berikut ini akan berbeda pada setiap HP, namun perbedaannya pasti tidak akan terlalu jauh.

1. Langkah pertama masih sama seperti cara tadi, yaitu buka Album di HP Android kamu.

2. Selanjutnya tap ikon titik tiga yang berada diatas kanan layar HP kamu.

2. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

3. Setelah itu pilih "Pengaturan".

3. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

4. Dan sekarang kamu tinggal mengaktifkan saja opsi "Baru dihapus".

4. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

5. Selesai.

Sekarang semua file foto dan video yang kamu hapus akan disimpan didalam folder "Baru dihapus", kamu bisa melihatnya disana. File tersebut akan otomatis dihapus secara permanen setelah 30 hari sejak kamu menghapusnya. Atau kamu juga bisa langsung menghapusnya secara permanen disana. Untuk memulihkan filenya kamu bisa lihat cara diatas tadi.

Baca Juga:

• Cara Menyembunyikan File Di HP VIVO Tanpa Aplikasi

• 5 Aplikasi Galeri Untuk Android Gratis

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa aplikasi dan juga sedikit pembahasan terkait hal tersebut. Cukup sampai disini saja untuk artikel tutorial kali ini dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi"