Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah


Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah

 Cara cek IMEI HP Android dengan mudah - Sebelum kita membahas tutorial cek IMEI di HP Android, ada baiknya lagi jika kita memahami sedikit tentang pengertian IMEI. Maka dari itu, disini kita akan terlebih dahulu membahas tentang fungsi dan apa itu IMEI pada HP Android. Langsung saja simak ulasannya.

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah sebuah identitas berupa deretan angka atau nomor untuk setiap perangkat yang ada, baik itu Android maupun iPhone. Biasanya jumlah IMEI di HP berkisar antara 15 sampai 17 digit angka. Karena IMEI merupakan alat pengenal untuk setiap perangkat, maka setiap perangkat memiliki IMEI yang berbeda-beda.

IMEI berperan penting untuk mengetahui apakah perangkat yang kamu gunakan ilegal atau tidak (resmi), nantinya jaringan GSM akan melakukan identifikasi melalui nomor IMEI tersebut untuk memastikannya. Jika kamu melihat IMEI di HP ada IMEI 1 dan 2, itu artinya HP Android kamu memiliki sim ganda, sehingga kamu memiliki dua IMEI dalam satu HP.

Selain berfungsi untuk itu, IMEI HP juga bermanfaat untuk kamu sebagai pemilik dari HP itu sendiri. Beberapa diantara fungsinya adalah untuk cek garansi HP, mengetahui status HP resmi atau tidak dan sudah terdaftar atau belum, mengetahui informasi HP lebih detail, melacak IMEI untuk HP yang hilang dan sebagainya.

Baca Juga: 4 Cara Melacak HP Android Yang Hilang Paling Ampuh!

Jika IMEI HP kamu tidak terdaftar atau diblokir, maka HP kamu itu tidak akan bisa digunakan untuk mengakses jaringan GSM dimanapun, alhasil kamu juga tidak akan bisa untuk mengakses internet. Ini sangat berguna ketika HP kamu dicuri, kamu bisa memblokir IMEI-nya agar HP kamu tidak bisa digunakan oleh si pencuri.

Namun untuk melakukan hal itu kamu harus terlebih dahulu mengetahui IMEI-nya sebelum HP itu dicuri. Apabila kejadian itu sudah terjadi, kamu tidak bisa berbuat apa-apa. Jadi, sebagai antisipasi sebelum kejadian itu terjadi, kamu bisa cek IMEI di HP kamu sekarang juga dan menyimpannya di tempat yang aman.

Karena sudah tahu peran IMEI yang cukup penting dan bermanfaat, mungkin sekarang kamu tertarik ingin mengetahui cara cek nomor IMEI yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Untuk kamu ingin tahu tutorial lebih lengkapnya, kamu bisa langsung melihat pembahasannya dibawah ini.

Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah

Ada beberapa cara mudah dan simpel yang dapat kamu lakukan untuk mengecek IMEI di HP Android. Tapi disini admin akan membahas dua cara saja yang menurut admin paling gampang dan mudah dipahami.

Bahkan, untuk kamu yang tidak memiliki kuota internet, kamu tenang saja karena cara yang akan admin bagikan ini bersifat offline. Dengan kedua cara ini kamu bisa mengecek IMEI HP kapanpun kamu mau. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini 2 cara cek IMEI HP Android mudah dan offline.

1. Cek IMEI Melalui Pengaturan

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling basic. Semua HP Android pasti bisa melakukan cara ini meskipun mungkin caranya agak sedikit berbeda.

1. Buka menu Pengaturan di HP Android kamu masing-masing.

2. Didalam pengaturan, pilih opsi "Pengelolaan Sistem".

2. Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah

3. Selanjutnya kamu pilih "Tentang ponsel".

3. Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah

4. Disinilah tempat kamu bisa melihat IMEI HP kamu masing-masing. Disana kamu tinggal cari saja opsi "IMEI". Contohnya bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini.

4. Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah

5. Selesai.

2. Menggunakan Kode Cek IMEI

Untuk di cara yang kedua ini kita akan menggunakan sebuah kode dial. Ada kode dial khusus yang memang digunakan untuk mengecek IMEI di HP Android.

1. Buka menu Dial Panggilan di HP kamu masing-masing.

2. Didalam menu panggilan telepon, ketikan *#06#.

2. Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah

3. Jika sudah, tap Panggil/Oke.

4. Selanjutnya kamu akan melihat langsung IMEI HP kamu didalam sebuah pop-up yang muncul.

4. Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah

5. Selesai.

Bagaimana menurut kamu? kedua cara cek IMEI diatas memang sangat mudah dilakukan, kan? Setelah berhasil mendapatkan IMEI HP, kamu bisa menyimpannya di tempat yang aman dan kamu bisa menggunakan IMEI tersebut ketika sedang membutuhkannya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Alamat IP Website Dan Alamat IP Android Di Termux

Apabila kamu ingin mengetahui IMEI tersebut sudah terdaftar atau tidak, caranya beda lagi. Untuk cara itu kamu harus mengunjungi situs kemenperin. Kamu tinggal memasukan IMEI yang ingin dicek pada kolom yang tersedia disana. Setelahnya kamu akan langsung melihat hasilnya.

Apabila IMEI HP kamu sudah terdaftar, kamu akan melihat keterangan "IMEI terdaftar di data base kemenperin".

Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah

Mungkin cukup sekian untuk pembahasan tentang cara cek IMEI HP Android dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah"