Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Mata di Android


Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Mata di Android

 Cara mengaktifkan fitur perlindungan mata di Android - Menjaga kesehatan mata memang menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan untuk kamu yang suka menggunakan smartphone, karena jika terlalu lama terkena pancaran cahaya dari layar HP itu tidak baik untuk kesehatan mata. Maka dari itu, para produsen smartphone merilis fitur yang bernama perlindungan mata.

Mengaktifkan perlindungan mata HP Android akan memfilter atau mengurangi cahaya putih dengan cara membuat tampilan layar HP menjadi lebih berwarna kekuning-kuningan. Meskipun memiliki fungsi yang hampir-hampir mirip dengan fitur mode gelap, kedua fitur ini tetap saja berbeda.

Sudah banyak sekali HP Android yang memiliki fitur perlindungan mata bawaan, beberapa diantaranya ialah VIVO, Oppo, Samsung, Xiaomi, dan hampir semua HP keluaran terbaru sudah memilikinya.

Baca Juga:

• Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

• Cara Mengganti Keyboard Dengan Foto Sendiri Tanpa Aplikasi di Android

Dibeberapa HP Android fitur mode perlindungan mata ini diberi nama yang berbeda-beda, ada yang menamainya dengan perlindungan mata, perisai mata, pelindung mata, mode kenyamanan mata dan lain-lain. Meskipun begitu, fungsinya tetap sama meski di HP yang berbeda.

Nah, jika ingin membuat mata kamu lebih nyaman saat menggunakan HP karena paparan cahaya layarnya yang terlalu terang, kamu bisa aktifkan perlindungan mata di Android kamu masing-masing. Karena ini merupakan fitur bawaan, jadi kamu bisa mengaktifkannya tanpa aplikasi tambahan.

Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Mata di Android

Umumnya, mode perlindungan mata Android bisa kamu aktifkan dengan sangat mudah jika fitur itu ada didalam menu yang berada didalam notifikasi atau panel notifikasi. Disana kamu bisa mengaktifkannya dengan sekali ketuk saja.

Namun jika kamu ingin mengaktifkan dan juga menyetel warna kekuningan dari mode tersebut, kamu harus melakukannya didalam menu pengaturan. Jika kamu tidak tahu caranya, kamu bisa melihat tutorial dibawah ini.

1. Buka menu Pengaturan di HP Android kamu masing-masing.

2. Setelah didalam Pengaturan, silahkan pilih menu "Tampilan dan Kecerahan".

2. Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Mata di Android

3. Selanjutnya kamu tap opsi "Perlindungan mata".

3. Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Mata di Android

4. Sekarang kamu tinggal mengaktifkan saja opsi "Perlindungan mata".

4. Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Mata di Android

5. Untuk mengatur warna kekuningan ketika fitur sudah diaktifkan, disana kamu bisa melihat opsi Warna layar yang dibawahnya ada sebuah alat penggeser. Nah, untuk mempertajam warna, kamu bisa geser ke kanan. Sedangkan untuk mengurangi warna, kamu bisa menggesernya ke kiri. Silahkan kamu atur sesuai dengan kenyamanan mata kamu masing-masing.

5. Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Mata di Android

6. Jika kamu ingin fitur ini diaktifkan secara otomatis, kamu bisa menggunakan dua opsi yaitu opsi "Saat matahari terbit/terbenam" dan opsi "Hidupkan terjadwal". Disana kamu bisa mengatur kapan fitur perlindungan mata aktif dan nonaktif.

6. Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Mata di Android

7. Selesai.

Baca Juga:

• Pengertian dan Fungsi Mode Sepeda Motor di HP Android

• Cara Mengaktifkan Mode Gelap Di Semua Perangkat Android

Sekarang kamu bisa membandingkan warna dari layar HP kamu sesudah dan sebelum mode perlindungan mata itu diaktifkan, apakah cukup membantu untuk menjaga kesehatan mata kamu?

Kabar baiknya lagi, selain dapat membuat mata jadi lebih nyaman, fitur ini juga tidak akan membuat baterai lebih boros tapi justru bisa menghematnya karena semakin terang layar HP kamu maka akan semakin menguras baterai. Nah, fitur perlindungan mata bisa membuat layar ke paling redup dan itu akan sedikit membantu untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Jika di Android kamu masih belum ada mode perlindungan mata, jangan sedih terlebih dahulu sebab kamu masih bisa memanfaat aplikasi pihak ketiga entah yang ada di Play Store maupun toko aplikasi Android lainnya. Aplikasi-aplikasi seperti ini sekarang sudah ada banyak sekali, jadi kamu bisa memilih salah satunya.

Itulah cara mengaktifkan fitur perlindungan mata di Android. Cukup sampai disini saja untuk pembahasan di artikel kita kali ini, sampai jumpa lagi di artikel yang akan datang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Mata di Android"