Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android


Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

 Cara mengaktifkan pesan sementara di WhatsApp HP Android -  Meskipun fitur pesan sementara WhatsApp ini sudah dirilis sejak tahun 2021 silam, dan mungkin sudah banyak juga orang yang tahu keberadaan dari fitur pesan berwaktu ini hanya saja mereka tidak tahu fungsi apalagi cara mengaktifkannya.

Padahal, fitur pesan sementara WA ini memiliki beberapa manfaat terutama untuk keamanan privasi didalam chat. Selain itu, fitur ini juga bisa menghemat lebih banyak ruang penyimpanan karena semua pesan baru yang kamu kirimkan kepada seseorang akan otomatis hilang dengan syarat kamu sudah mengaktifkannya.

Dengan mengaktifkan pesan sementara akan menghapus pesan WhatsApp secara otomatis sesuai dengan waktu yang sebelumnya harus kamu atur terlebih dahulu ketika hendak menyalakan fitur ini.

Baca Juga:

• 2 Cara Membalas Pesan WhatsApp Tanpa Terlihat Online Dan Mengetik

• Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Yang Dihapus Dengan Mudah

Terlepas dari kedua fungsi asli dari pesan sementara di WhatsApp yang sudah admin katakan diatas, yaitu untuk melindungi privasi dan menghemat penyimpanan, namun banyak juga orang yang menggunakan fitur chat sementara ini dengan berbagai alasan yang berbeda-beda diluar dari fungsi aslinya.

WhatsApp memang memberi kebebasan untuk semua pengguna yang ingin menggunakan fitur pesan sementara entah untuk alasan apapun itu. Pengguna bisa mengaktifkan pesan sementara di aplikasi WhatsApp Android tanpa memerlukan syarat apapun, dan pengguna juga bebas untuk menonaktifkannya kapanpun mereka mau.

Nah, buat kamu khususnya pengguna Android yang tertarik ingin mencoba untuk mengaktifkan pesan WhatsApp sementara, entah karena ingin memanfaatkan fungsinya ataupun hanya sekedar penasaran saja, kamu bisa aktifkan fitur tersebut dengan mudah dI HP Android kamu masing-masing. Tapi buat kamu yang belum mengetahui bagaimana caranya, kamu bisa melihat tutorial yang akan admin bagikan disini.

Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

Sebelum masuk ke tutorialnya, ada beberapa hal yang harus kamu tahu. Kamu bisa mengaktifkan pesan sementara di WhatsApp Android untuk semua orang, orang tertentu saja, dan didalam grup WhatsApp. Tentunya ketiga hal tersebut memiliki tutorial yang berbeda-beda.

Nah, agar kamu bisa memahami tutorialnya dengan lebih mudah lagi, maka admin putuskan untuk membuat ketiga tutorial tersebut secara terpisah namun masih di satu artikel yang sama, yaitu artikel ini. Dan berikut ini adalah tutorial mengaktifkan pesan sementara di WhatsApp HP Android yang selengkapnya.

Mengaktifkan pesan sementara untuk semua orang

1. Buka aplikasi WhatsApp di Android kamu masing-masing.

2. Didalam WhatsApp, tap ikon titik tiga yang berada disudut kanan atas layar.

2. Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

3. Setelah muncul beberapa pilihan, pilih "Setelan".

3. Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

4. Pada halaman selanjutnya silahkan kamu pilih "Privasi".

4. Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

5. Nah, sekarang ini kamu sudah berada didalam tempat dimana pengaturan pesan sementara WA itu berada. Disana kamu bisa melihat opsi bernama "Timer pesan default", silahkan kamu pilih opsi tersebut.

5. Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

6. Untuk langkah selanjutnya kamu tinggal memilih waktu pesan sementara yang kamu kirimkan akan hilang atau terhapus otomatis. Disana ada tiga pilihan yaitu 24 jam, 7 hari, dan yang paling lama adalah 90 hari

Silahkan kamu pilih sesuai dengan yang kamu inginkan saja. Admin lebih merekomendasikan kamu untuk memilih waktu yang paling singkat saja karena jika terlalu lama, orang itu bisa saja mengambil screenshot pesan, menyalin isi pesan, dan menyimpannya sebelum pesan itu hilang.

6. Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

Note: Kamu bisa mengunjungi halaman ini lagi jika nanti kamu ingin menonaktifkan atau mematikannya untuk mengembalikan pesan ke semula lagi. Disana kamu tinggal pilih opsi "Mati".

7. Selesai.

Mengaktifkan pesan sementara untuk orang tertentu

1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Android kamu.

2. Jika sudah berada didalam WhatsApp, masuk ke menu chat antara kamu dengan orang yang ingin kamu kirimkan pesan sementara. Jika sudah, tap ikon titik tiga yang berada diatas kanan layar.

2. Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

3. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan, silahkan kamu pilih "Pesan Sementara".

3. Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

4. Sekarang kamu sudah bisa memilih waktu pesan sementara di WhatsApp itu berlaku. Pilihannya sama saja seperti di tutorial pertama tadi.

5. Selesai.

Mengaktifkan pesan sementara di grup WhatsApp

Sebenarnya cara yang ketiga ini tidak jauh berbeda dari cara yang kedua tadi.

1. Langkah pertamanya sama seperti kedua tutorial diatas yaitu buka aplikasi WhatsApp di HP Android.

2. Setelah berada didalam aplikasinya, kamu masuk grup WA tujuan kamu.

3. Didalam grup tersebut, tap ikon titik tiga yang kamu lihat diatas kanan layar.

3. Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

4. Selanjutnya kamu akan melihat beberapa opsi pilihan dan yang harus kamu pilih adalah "Pesan Sementara".

4. Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android

5. Langkah terakhir sama juga seperti kedua cara diatas yaitu kamu harus memilih waktu dari pesan WA sementara yang akan kamu kirimkan ke grup tersebut.

6. Selesai.

Itulah tutorial mengaktifkan fitur pesan sementara untuk kontak atau orang tertentu, untuk semua orang, dan untuk di grup WhatsApp Android. Selain untuk Android, pada dasarnya cara diatas juga berlaku sama untuk di iPhone.

Baca Juga:

• Cara Mengirim Pesan Kosong Di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

• Apa Itu Virtex WA Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Meskipun ketiga cara diatas memiliki tempatnya masing-masing, namun untuk fungsi dan apa saja yang akan terjadi setelah fitur pesan sementara WA itu diaktifkan ketiganya tetaplah sama.

Dan untuk menggunakan pesan sementara di WhatsApp juga tidak ada yang berbeda baik dari segi cara mengirimkan pesan maupun penerimaan pesan. Semuanya tetap sama, yang berbeda hanya dari sifat pesan yang dikirim saja yang dimana akan hilang sesuai waktu yang kamu pilih, ini termasuk pesan berupa media foto maupun video.

Sesudah kamu mengaktifkan fitur tersebut, chat yang sudah ada sebelumnya tidak akan terpengaruh atau terhapus. Hanya pesan yang akan datang (pesan dalam mode sementara) saja yang akan dihapus otomatis sesuai dengan waktu yang kamu tentukan.

Mungkin cukup itu saja yang bisa admin sampaikan tentang cara mengaktifkan pesan sementara di WhatsApp HP Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Pesan Sementara di WhatsApp HP Android"