Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Sampah di HP VIVO 2022


Cara Membersihkan Sampah di HP VIVO 2022

 Saat sampah di HP VIVO kamu sudah menumpuk, pasti kamu akan merasa ada perbedaan ketika sedang mengoperasikannya, terutama pada segi kinerja. Umumnya kamu akan merasa smartphone VIVO kamu lemot, hal ini akan lebih terasa lagi saat kamu sedang menggunakannya untuk kegiatan yang menguras kinerja cukup tinggi, contohnya adalah bermain game-game berat.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu membersihkan sampah di HP VIVO kamu agar kinerjanya tetap stabil dan kembali membaik sehingga akan mengurangi masalah lelet tersebut. Menurut admin, membersihkan file sampah memang wajib dilakukan untuk setiap pengguna smartphone, bukan hanya pengguna HP VIVO saja.

Sampah di HP sendiri ada banyak sekali kategorinya. Ada sampah yang berupa file yang tidak terpakai, sampah cache pada setiap aplikasi dan sampah-sampah lainnya yang mungkin tersembunyi, sehingga hal itu membuat kamu tidak menghapusnya sebab kamu sendiri tidak tahu letak sampah tersebut disimpan.

Meskipun begitu, bukan berarti berkas sampah yang ada di HP VIVO kamu tidak bisa dihapus. Semuanya bisa dibersihkan, mungkin yang membuat kamu sulit adalah ya itu tadi, tidak tahu letaknya dan cara untuk membersihkannya.

Jika kamu tidak tahu caranya dan membersihkan file sampah di VIVO milikmu secara sendiri tanpa melihat tutorialnya, pasti yang kamu takutkan adalah jika yang kamu hapus bukanlah file sampah namun data-data penting. Kejadian seperti itu memang sudah sering terjadi.

Nah, agar kamu khususnya pengguna Smartphone VIVO tidak menjadi korban berikutnya dari kejadian seperti diatas, kamu bisa menghapus sampah di HP VIVO kamu dengan melihat tutorial yang akan admin sampaikan disini.

Baca Juga:

• Cara Menghapus Hot Apps Dan Hot Games Di HP VIVO

• Cara Menyembunyikan File Di HP VIVO Tanpa Aplikasi


Cara Membersihkan Sampah di HP VIVO 2022

Agar kinerja dan performa dari Handphone VIVO kamu tetap terjaga, maka penting bagi kamu untuk mengecek dan membersihkan cache ataupun sampah yang ada didalamnya secara rutin. Kamu bisa membersihkannya dalam waktu maksimal 2 atau 3 minggu sekali.

Karena cara untuk bersihkan file sampah pada tiap HP Android berbeda-beda, disini admin akan membagikan tutorialnya namun khusus untuk kamu pengguna HP VIVO saja. Tutorial yang akan admin bagikan ini merupakan tutorial terbaru 2022. Baiklah, tanpa perlu basa-basi lagi berikut ini adalah tutorialnya.


Cara Membersihkan Sampah di VIVO 2022:

1. Buka aplikasi iManager di HP VIVO kesayanganmu. Jika kamu tidak melihat aplikasi tersebut pada daftar menu aplikasi, kamu bisa mencarinya didalam menu pengaturan.

2. Didalam iManager kamu pilih opsi "Pembersihan Ruang".

2. Cara Membersihkan Sampah di HP VIVO 2022

3. Setelahnya aplikasi akan langsung memindai atau memeriksa berkas sampah di HP VIVO kamu secara otomatis. Namun jika tidak, kamu bisa mulai pemindaian sendiri dengan tap "Pindai"/"Bersihkan".

4. Setelah proses pemindaian file sampah selesai, kamu akan melihat jumlah ukuran file sampah yang terdapat di VIVO kamu. Untuk mulai membersihkannya, langsung saja tap "Bersihkan Semua".

4. Cara Membersihkan Sampah di HP VIVO 2022

Bisa kamu lihat pada gambar diatas bahwa file sampah yang menumpuk di HP VIVO yang admin gunakan sebesar 0,91GB atau hampir 1GB, itu bukan jumlah yang sedikit. Jika tetap dibiarkan akan bertambah lebih besar lagi.

5. Sekarang kamu tinggal menunggu proses pembersihan file sampahnya hingga selesai. Lama atau tidaknya proses tersebut tergantung dari besar dan kecilnya ukuran sampah yang harus dibersihkan.

5. Cara Membersihkan Sampah di HP VIVO 2022

6. Selesai.

6. Cara Membersihkan Sampah di HP VIVO 2022


Itulah cara menghapus sampah di HP VIVO menggunakan fitur iManager. Cukup mudah, kan?

Sampah yang dihapus dengan menggunakan cara diatas berupa log file, berkas sementara, cache aplikasi dan cache yang tidak digunakan. Cache aplikasi juga tidak kalah penting untuk dibersihkan karena jika dibiarkan menumpuk akan membuat HP VIVO kamu melambat.

Cara diatas bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan karena smartphone VIVO sendiri sudah menyediakan aplikasi bawaan yang bernama iManager, yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk menghapus cache dan file sampah lainnya dengan mudah hanya dengan sekali klik.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengoptimalkan kinerja sistem dan memanajemen aplikasi terinstall. Kebanyakan keluaran HP VIVO terbaru pasti sudah memiliki aplikasi iManager ini.

Tapi jika HP VIVO yang kamu gunakan tidak memiliki aplikasi tersebut, kamu tetap bisa menghapus cache aplikasi dengan cara manual. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi & Izin > Pengelola aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya > Penyimpanan  > Hapus cache, selesai.

Untuk cara manual bisa kamu praktikan di semua HP VIVO terbaru maupun VIVO lama termasuk VIVO Y12s, Y20, Y12, Y91c, Y71, Y15, Y53, Y81, Y21, Y15s, Y33s, dan semua HP VIVO tipe apapun pasti bisa menghapus cache aplikasi jika dengan menggunakan cara manual tersebut.

Baca Juga:

• 3 Cara Split Screen di HP VIVO Terbaru 2021

• Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root

• Cara Menampilkan Kecepatan Jaringan di HP VIVO 2022

Itulah cara membersihkan sampah di HP VIVO 2022 terbaru, mudah, tanpa aplikasi, dan tanpa ribet. Cukup sekian sampai disini saja untuk artikel kali ini, sampai jumpa lagi diartikel berikutnya dari teknoinfo09. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Sampah di HP VIVO 2022"