Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Blokir Nomor Telepon di HP VIVO Tanpa Aplikasi


Cara Blokir Nomor Telepon di HP VIVO Tanpa Aplikasi

 Cara blokir nomor telepon di HP VIVO - Pasti rasanya sangat menjengkelkan sekali ketika ada nomor telepon yang tidak dikenal melakukan spam panggilan ke HP VIVO kamu. Namun untuk mengatasi hal tersebut sekarang kamu bisa dengan mudah memblokir nomornya.

Sebagian besar smartphone sudah memiliki fitur untuk memblokir nomor maupun kontak yang tersimpan. Fungsi dari fitur ini ialah agar kamu tidak bisa ditelepon atau di SMS oleh nomor tersebut. Fitur ini bisa juga disebut sebagai fitur untuk mengatasi spam. Ini sama halnya seperti fitur yang kamu gunakan untuk memblokir kontak di WhatsApp.

Banyak pengguna Android khususnya pengguna smartphone VIVO yang tidak mengetahui fitur bermanfaat yang satu ini. Jadinya, kamu hanya bisa mematikan smartphone atau menghidupkan mode pesawat agar spam panggilan dari nomor tidak diketahui atau teman kamu yang sedang berbuat iseng itu bisa berakhir.

Sebenarnya, kamu tidak perlu repot-repot untuk mematikan HP atau menghidupkan mode pesawat yang akan membuat jaringan di HP VIVO kamu terputus sehingga kamu tidak bisa mengakses internet apalagi bermain game online, di smartphone VIVO kamu sudah dibekali dengan fitur untuk blokir panggilan masuk atau SMS dari nomor atau kontak tertentu.

Baca Juga:

• 5 Fungsi Mode Pesawat Yang Jarang Diketahui Orang Banyak

• Cara Membersihkan Sampah di HP VIVO 2022

Dengan memblokirnya, aktifitas kamu tidak akan terganggu, kamu tetap bisa menjalankan aktifitas di smartphone kamu seperti biasanya dan bisa bermain game online tanpa ada gangguan telepon dari siapapun.

Nah, untuk menggunakan fitur blokir nomor di VIVO bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah sekali bahkan tanpa aplikasi. Buat kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara selengkapnya, terus ikuti artikel ini yah, karena admin akan membagikan tutorialnya disini.


Cara Blokir Nomor Telepon di HP VIVO Tanpa Aplikasi

Gangguan berupa spam panggilan memang sering kali terjadi, entah itu dilakukan oleh orang lain atau oleh teman kamu sendiri yang sedang menjahili kamu, misalnya saat kamu sedang bermain game atau melakukan kegiatan lain yang tidak boleh diganggu.

Sepertinya produsen smartphone sadar betul akan hal tersebut, maka dari itu mereka menyisipkan fitur untuk memblokir nomor yang fungsinya adalah membatasi panggilan telepon dan SMS yang dapat dilakukan oleh si pengguna nomor tersebut.

Salah satu produsen smartphone yang turut menyisipkan fitur ini didalam smartphone besutannya adalah VIVO, dan disini admin akan membagikan cara memblokir no telp di HP VIVO. Barangkali ada pengguna VIVO yang belum mengerti cara menggunakan fitur ini, bisa melakukannya dengan melihat cara yang akan admin bagikan berikut ini.

Disini admin akan memberikan dua cara, yaitu blokir nomor tidak dikenal dan blokir nomor yang sudah tersimpan di buku telepon atau kontak kamu. Meskipun sama-sama bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi, kedua cara ini tetaplah berbeda, oleh sebab itu admin akan membaginya menjadi dua tutorial, langsung saja kita masuk ke tutorial pertama.


1. Memblokir nomor yang tidak dikenal di HP VIVO:

1. Buka menu Telepon atau Panggilan di smartphone VIVO kamu masing-masing.

2. Selanjutnya kamu pergi ke log panggilan atau catatan panggilan untuk melihat semua daftar riwayat panggilan masuk dari semua nomor.

3. Sekarang cari riwayat panggilan dari nomor yang ingin kamu blokir.

4. Setelah kamu menemukan nomornya, takan lama pada nomor tersebut sampai muncul beberapa opsi pilihan seperti gambar dibawah ini.

Langkah 4: Cara Blokir Nomor Telepon di HP VIVO Tanpa Aplikasi

5. Didalam beberapa opsi pilihan tersebut, tap ikon titik tiga atau "Lainnya".

Langkah 5: Cara Blokir Nomor Telepon di HP VIVO Tanpa Aplikasi

6. Setelahnya akan muncul lagi beberapa opsi pilihan, disini kamu pilih opsi "Tambahkan ke daftar hitam".

Langkah 6: Cara Blokir Nomor Telepon di HP VIVO Tanpa Aplikasi

7. Selesai.


2. Blokir kontak di HP VIVO:

1. Buka menu Kontak di HP VIVO kamu.

2. Selanjutnya cari nama dari kontak yang ingin kamu blokir.

3. Jika kamu sudah menemukan kontaknya, tekan lama pada kontak tersebut untuk memunculkan beberapa opsi pilihan (sama seperti di cara pertama tadi).

4. Setelah muncul beberapa opsi pilihan, silahkan kamu pilih opsi "Tambahkan ke daftar hitam".

Langkah 4: Cara Blokir Nomor Telepon di HP VIVO Tanpa Aplikasi

5. Selesai.

Seperti itulah cara memblokir nomor hp di VIVO baik nomor yang sudah disimpan ataupun yang belum. Sekarang pengguna dengan nomor yang sudah kamu blokir tidak akan bisa menelpon dan mengirim SMS ke nomor HP kamu lagi.

Baca Juga: Cara Login Facebook Tanpa Email Dan No HP

Jika kamu ingin membuka blokir nomor telepon itu lagi, kamu tinggal tekan lama kontak atau no tersebut, dan ketika sudah muncul beberapa opsi, silahkan kamu pilih opsi "Hapus dari daftar hitam".

Kedua cara diatas memang hampir mirip sekali, yang menjadi perbedaan hanyalah tempat dimana nomor itu disimpan. Nomor yang belum disimpan dan nomor yang sudah disimpan memiliki tempat berbeda.

Kamu tidak akan menemukan nomor tidak dikenal berada didalam daftar kontak yang sudah disimpan, iya kan? Tapi meskipun begitu kedua cara diatas tetaplah sama-sama mudah untuk kamu praktikan di HP VIVO kesayanganmu.

Mungkin cara blokir nomor HP biasa atau kontak diatas tidak berlaku untuk semua tipe HP VIVO, apalagi di HP VIVO yang belum memiliki fitur blokir nomor, itu sudah jelas tidak bisa. Sekalipun HP VIVO kamu memiliki fiturnya, caranya bisa saja tidak akan 100% sama dengan cara diatas, ada saja yang berbeda jika tipe HP VIVO yang kamu gunakan berbeda dengan HP VIVO yang admin gunakan.

Tapi perbedaannya tidak akan terlalu jauh, jadi yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari sinonim dari beberapa kata. Misalnya jika kamu tidak menemukan opsi "Tambahkan ke daftar hitam", kamu boleh pilih opsi yang hampir serupa dengan opsi tersebut, contohnya "Blokir nomor", "Blokir kontak", "Masukan ke daftar hitam", dan opsi lainnya yang kamu lihat di HP VIVO kamu yang menurut kamu cocok.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi

Untuk kamu pengguna HP VIVO Y12, Y53, Y20, Y91, dan tipe smartphone VIVO lainnya, jangan ragu jika ingin mencoba cara diatas.

Itulah cara blokir nomor telepon di HP VIVO tanpa aplikasi tambahan. Meskipun memang ada beberapa aplikasi yang memungkinkan untuk mencegah telepon dari nomor tertentu, namun untuk apa kita harus menginstall aplikasi memblokir nomor itu jika di HP VIVO kamu sendiri sudah memiliki fitur bawaannya.

Mungkin cukup sampai disini saja tutorial dan pembahasan yang bisa admin sampaikan. Karena terlalu asik menulis admin sampai tidak menyadari bahwa artikel kali ini cukup panjang juga yah. Tapi itu tidak penting, yang terpenting kamu semua memahami tutorial yang admin sampaikan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Blokir Nomor Telepon di HP VIVO Tanpa Aplikasi"