Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Nonton Video TikTok Sambil Membuka Aplikasi Lain

Cara Nonton Video TikTok Sambil Membuka Aplikasi Lain

terlepas dari seberapa sering seseorang menggunakan aplikasi TikTok untuk menikmati tontonan video, nyatanya masih banyak yang belum tahu bahwa TikTok memiliki fitur yang disebut Gambar-dalam-Gambar atau Picture-in-Picture (PiP).

Jadi, fitur ini bisa menjadi salah satu solusi untuk kamu yang sedang mencari cara nonton video TikTok sambil membuka aplikasi lain. Dengan fitur ini aktifitas menonton TikTok tidak akan mengganggu atau terganggu meski kamu sedang menggunakan aplikasi lain.

Meskipun sebagian besar ponsel Android ataupun iPhone sudah dibekali dengan fitur split screen yang mana sama-sama bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi TikTok bersamaan dengan aplikasi lainnya, namun fitur bawaan yang disediakan oleh TikTok memiliki kelebihannya tersendiri.

Jika menggunakan split screen, layar kamu akan terbagi menjadi dua dan itu membuat kedua aplikasi yang dibuka akan menjadi lebih kecil dari yang seharusnya. Sedangkan jika kamu menggunakan fitur Gambar-dalam-Gambar di TikTok, aplikasi yang sedang kamu buka tetap dengan layar full.

Video TikTok akan melayang pada layar aplikasi apa saja yang dibuka. Itu artinya fitur ini juga memungkinkan kamu untuk menonton sambil main game jika sekiranya tidak mengganggu dan otak serta tangan kamu masih bisa bekerja normal meski harus menjalankan dua hal tersebut bersamaan.

Selain itu, saat nonton TikTok sambil buka aplikasi lain, scroll TikTok otomatis juga akan diaktifkan. Tetapi di sana tetap akan ada 2 tombol yang dapat kamu gunakan jika ingan berpindah ke tontonan video selanjutnya atau video sebelumnya. Hanya 2 tombol itu saja yang ada, untuk tombol lainnya seperti like, komen, simpan dan bagikan video akan dihilangkan, sama seperti mengaktifkan fitur full screen.

Fitur ini memiliki lebih banyak opsi yang lebih memudahkan pengguna. Untuk kamu yang ingin menonton video TikTok sambil membuka aplikasi lain dengan mengaktifkan fitur PiP, caranya juga sangat simpel karena langkah-langkah yang perlu dilakukan tidak rumit dan banyak.

Mau tahu bagaimana cara lengkapnya? Kamu bisa simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Nonton Video TikTok Sambil Membuka Aplikasi Lain

Tutorial berikut ini di praktekan di HP Android, jika kamu menggunakan iPhone, kurang lebih caranya masih sama.

1. Pertama, jalankan aplikasi TikTok di ponsel kamu.

2. Selanjutnya jika video pertama di TikTok sudah diputar, tekan lama pada bagian mana saja di layar video tersebut. Sebenarnya untuk mengaktifkan fitur Gambar-dalam-Gambar bisa dilakukan di video apa saja yang ada di TikTok, termasuk di video Live namun dengan cara yang berbeda.

3. Setelah menekan lama bagian videonya, akan muncul beberapa opsi pilihan. Diantara pilihan tersebut kamu tinggal pilih "Gambar-dalam-Gambar".
3. Cara Nonton Video TikTok Sambil Membuka Aplikasi Lain

4. Setelah itu kamu akan otomatis dikeluarkan dari aplikasi TikTok dan menuju menu homepage di HP kamu dengan adanya video TikTok yang melayang yang sudah bisa kamu tonton di sana. Jika sudah begitu kamu bisa membuka aplikasi apa saja sambil menonton video tersebut.

5. Dalam tampilan mode Gambar-dalam-Gambar TikTok ada beberapa tombol yang fungsinya yaitu:
  • Jika ingin kembali ke tampilan normal atau di dalam aplikasi TikTok, tap ikon kotak yang ada di atas kanan video.
  • Jika ingin menonaktifkan fitur tersebut atau menghilangkan video melayang, tap ikon "X" yang ada di atas kiri layar.
  • Jika ingin berpindah ke video berikutnya, sebelumnya, dan menjeda pemutaran video gunakan tombol yang berada di bawah video.
5. Cara Nonton Video TikTok Sambil Membuka Aplikasi Lain

6. Selesai.

Seperti itulah langkah-langkah untuk cara menonton video TikTok sambil membuka aplikasi lain. Dengan cara di atas kamu tidak perlu lagi menggunakan fitur split screen atau justru bisa menjadi solusi untuk kamu yang ponselnya tidak memiliki fitur tersebut.

Baca Juga:



Jika fitur tersebut otomatis dinonaktifkan saat kamu membuka aplikasi tertentu, artinya aplikasi yang dibuka tidak mendukung penggunaan fitur Picture-in-Picture milik TikTok.

Sebelum menggunakannya, kamu juga harus tahu bahwa ada beberapa kekurangan dari menggunakan fitur tersebut, yaitu bisa membuat aplikasi yang sedang kamu gunakan menjadi sedikit lebih lemot apalagi jika aplikasi tersebut membutuhkan koneksi internet dan koneksi internet kamu sedang tidak kencang.

Selain itu, mungkin baterai ponsel kamu juga akan lebih boros karena membutuhkan kinerja yang lebih untuk menjalankan kegiatan TikTok-an sambil membuka aplikasi lain dalam waktu yang bersamaan.

Posting Komentar untuk "Cara Nonton Video TikTok Sambil Membuka Aplikasi Lain"