Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Agar Notifikasi WA Muncul di Atas Layar Android

2 Cara Agar Notifikasi WA Muncul di Atas Layar Android

 Normalnya, saat menerima pesan atau panggilan masuk di WhatsApp atau WA, kamu akan melihat sebuah notifikasi pemberitahuan yang muncul di atas layar. Ini merupakan setelan bawaan di semua Android. Tetapi, konfigurasinya bisa saja berubah baik disengaja atau tidak.

Apabila kamu tidak menerima notifikasi tersebut tapi setelah di cek langsung di dalam aplikasi WhatsApp ternyata sudah ada chat masuk misalnya, itu pertanda jika ada yang tidak beres dengan pengaturan notifikasi entah di aplikasi WhatsApp atau di Android kamu.

Untuk itu, cara agar notifikasi WA muncul di atas layar perlu diketahui karena WA merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk komunikasi. Tidak sedikit dari kita yang memanfaatkan chat WA untuk keperluan penting, bahkan ada chat yang diprioritaskan dan harus segera di balas. 

Tanpa munculnya sebuah notifikasi, kamu bisa saja melewatkan chat penting tersebut. Dan untuk mengetahui notifikasi WA terbaru, kamu harus mondar mandir ke dalam aplikasi WhatsApp yang mana cukup merepotkan apalagi jika ada kegiatan lain yang sedang kita lakukan di Android.

Baca Juga:

• Cara Menonaktifkan Notifikasi MiChat di HP Android

• Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

Selain itu, dengan memunculkan notifikasi WA di atas layar juga dapat terus mengingatkan kita akan adanya chat baru yang belum di buka dan menunggu balasan. Umumnya ikon WhatsApp akan tetap tampil di atas notifikasi dan itulah yang akan jadi pengingat kamu.

Notifikasi WhatsApp bisa di setting di aplikasinya dan di pengaturan Android. 2 cara berikut ini dapat kamu gunakan untuk memunculkan notifikasi WA di atas layar Android kamu dengan penyebab yang berbeda.

2 Cara Agar Notifikasi WA Muncul di Atas Layar Android

1. Mengaktifkan notifikasi WA di pengaturan Android

Tiap aplikasi Android memerlukan izin untuk menampilkan notifikasi, hal ini juga berlaku untuk aplikasi WhatsApp. Sebagai pengguna, kamu berhak memilih untuk mengaktifkannya atau menonaktifkannya. Nah, jika notifikasi masuk WA tidak muncul, mungkin kamu telah menonaktifkannya di pengaturan.

Penyebabnya ini bisa diperjelas lagi jika selama ini kamu merasa notifikasi yang tidak muncul hanya dari aplikasi WhatsApp saja, sementara untuk aplikasi lain masih bisa muncul. Agar notifikasi dari aplikasi WhatsApp juga bisa muncul seperti aplikasi lainnya, berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

1. Pertama, tekan lama ikon aplikasi WhatsApp sampai memunculkan beberapa pilihan. Dan pada pilihan tersebut kamu pilih "Info aplikasi". Langkah ini akan langsung membawa kamu ke pengaturan aplikasi WhatsApp di Android kamu.

1. Cara Agar Notifikasi WA Muncul di Atas Layar Android

2. Selanjutnya diantara beberapa opsi pengelolaan aplikasi WhatsApp, kamu pilih "Notifikasi".

2. Cara Agar Notifikasi WA Muncul di Atas Layar Android

3. Setelah itu aktifkan opsi "Izinkan notifikasi". Setelah diizinkan, kamu juga dapat mengelola notifikasi apa saja yang ingin dimunculkan dan notifikasi apa saja yang ingin dinonaktifkan, atau bisa juga memunculkannya di layar kunci.

3. Cara Agar Notifikasi WA Muncul di Atas Layar Android

4. Selesai.

2. Menonaktifkan bisukan notifikasi WA

Cara agar notifikasi WhatsApp muncul di atas layar yang selanjutnya adalah dengan menonaktifkan fitur bisukan notifikasi. WhatsApp memiliki fitur bisukan notifikasi yang jika diaktifkan fitur ini akan mencegah notifikasi agar tidak ditampilkan di atas layar, di layar depan, dan di layar kunci.

Fitur ini bisa diaktifkan untuk notifikasi dari kontak tertentu, jika ingin menonaktifkannya untuk semua kontak perlu dilakukan satu-persatu. Fitur ini bisa saja menjadi penyebab notifikasi di WA kamu tidak muncul, mungkin kamu pernah mengaktifkan fitur ini secara tidak sengaja.

Ciri yang paling kuat untuk membuktikan bahwa memang fitur ini yang jadi penyebabnya, kamu akan merasa notifikasi chat yang tidak muncul hanya dari individu atau grup tertentu saja, sedangkan chat dari yang lainnya masih bisa muncul di layar.

Jika benar begitu, agar semua notifikasi WA dari semua kontak bisa muncul, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi WhatsApp di Android kamu.

2. Tekan lama chat kamu dengan kontak yang notifikasinya ingin dimunculkan (kontak yang di bisukan akan tertera ikon speaker di coret di samping kanan chatnya), kamu tekan sampai keluar pilihan berbentuk ikon.

3. Setelah keluar beberapa ikon di atasnya, tap ikon berbentuk speaker untuk menonaktifkan bisukan notifikasi dari chat kontak tersebut.

3. Cara Agar Notifikasi WA Muncul di Atas Layar Android

4. Selesai.

Baca Juga: Cara Membuat Suara Notifikasi Berbeda di Setiap Aplikasi di Android

Di atas adalah 2 cara agar notifikasi WA muncul di atas layar Android kamu, dan sudah dijelaskan juga penyebab dari setiap cara mengatasinya. Cara tersebut bisa digunakan untuk semua HP Android termasuk diantaranya VIVO, OPPO, Samsung, Xiaomi, dan perangkat dengan OS Android lainnya.

Jika penyebabnya bukan karena Android kamu yang eror atau ada kesalahan pada sistem perangkat, tetapi hanya dari pengaturan saja, 2 cara di atas dijamin berhasil untuk mengatasi notifikasi WA tidak muncul dan akan kembali tampil di atas layar.

Jika tidak berhasil, cobalah untuk menonaktifkan beberapa fitur atau mode yang dapat mencegah munculnya notifikasi, contohnya seperti Mode Jangan Ganggu dan Mode Fokus. Mode sejenis itu dapat memblokir notifikasi WA dan notifikasi aplikasi lainnya.

Jika setelah semua cara di atas sudah kamu coba namun notifikasi WA tetap tidak muncul, ada beberapa tips lagi yang mungkin akan berhasil, diantaranya:

  • Perbarui aplikasi WhatsApp.
  • Install ulang aplikasi WhatsApp.
  • Mulai ulang Android kamu.
  • Reset pabrik (jika memang sangat perlu dilakukan).

Posting Komentar untuk "2 Cara Agar Notifikasi WA Muncul di Atas Layar Android"