Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Game Catur yang Bisa Mabar Dengan Teman di Android

5 Game Catur yang Bisa Mabar Dengan Teman di Android

 5 game catur yang bisa mabar dengan teman - Untuk yang tidak bisa main catur juga pasti paham bahwa game catur merupakan sebuah permainan yang wajib dimainkan oleh 2 orang atau pemain, tidak bisa kurang atau lebih. Ketentuan ini sudah berlaku sejak dulu dan tidak berubah hingga sekarang, baik di game asli maupun game catur di HP Android.

Tetapi, bermain catur dengan komputer rasanya seperti tidak natural, tidak seperti main dengan manusia sungguhan. Ini bisa membuatnya terlalu sulit atau sebaliknya, dan kita juga sulit untuk menebak pola permainannya karena komputer menggunakan bot yang sudah di rancang khusus untuk menyikapi setiap langkah yang kita jalankan.

Beda jika kamu main game catur berdua dengan teman. Meskipun mainnya di Android, keasikan, keseruan, dan tantangannya akan bertambah dan lebih berbeda yang dimana kamu bisa mengatur strategi khas milik masing-masing untuk bertahan, menyerang, dan memenangkan permainan.

Tentunya itu dapat mengasah otak kamu lebih dalam lagi dan meningkatkan keahlian bermain catur. Kamu akan terbiasa untuk membaca strategi permainan lawan dan akan lebih mudah untuk merebut kemenangan.

Baca Juga: 5 Game Teka Teki Silang Offline Terbaik di Android

Ada beberapa game catur di Android yang bisa mabar atau main bareng dengan teman meskipun medianya tetap menggunakan smartphone. Game catur multiplayer ada yang bersifat offline dan ada juga yang bersifat online. Keduanya kadang memberikan opsi permainan yang berbeda.

Untuk game catur yang offline biasanya kamu bisa main dengan 2 player namun tetap di satu HP yang sama. Sedangkan untuk game catur yang online, biasanya kamu bisa mabar jarak jauh melalui HP masing-masing dengan opsi mengundang teman yang mau di ajak main dan biasanya tersedia juga opsi untuk mencari lawan sendiri.

Di aplikasi Play Store ada puluhan sampai ratusan game catur dengan kelebihan dan fitur yang berbeda-beda. Nah, bagi kamu yang kesulitan mencari game catur yang bisa mabar di Android dengan fitur lainnya yang mungkin kamu butuhkan. Berikut beberapa daftar dan ulasannya.

5 Game Catur yang Bisa Mabar Dengan Teman di Android

Daftar game catur Android berikut ini dapat menjadi solusi untuk para penyuka catur yang selalu ingin bermain dimanapun dan kapanpun tapi tidak ingin direpotkan dengan harus membawa papan catur fisik dan mencari teman nyata untuk bermain.

1. Catur Online - Chess Online

1. Catur Online - Chess Online - Game Catur yang Bisa Mabar Dengan Teman di Android

Pertama kita awali dengan game catur yang bernama Catur Online yang ditawarkan oleh AlignIt Games. Game ini sangat populer dikalangan para master catur karena dibekali dengan fitur lengkap yang semuanya dapat digunakan secara gratis.

Untuk pemula yang tidak bisa bermain catur, jangan khawatir, game ini bisa digunakan untuk berlatih dengan bermain melawan komputer dengan 10 tingkat kesulitan. Tak hanya itu, tapi ada pula 500 teka-teki catur yang menantang kamu untuk melakukan skakmat pada lawan dalam jumlah langkah yang terbatas. Semua itu bisa digunakan untuk mengasah dan mempersiapkan skill kamu sebelum mabar dengan teman.

Setelah mendaftarkan akun Gmail, kamu dapat membuat ruang catur online khusus dan ajak teman kamu untuk bermain bersama di ruang tersebut. Selain menjadi lawan, kamu juga bisa berteman di dalam permainan tersebut atau bermain sebagai tamu.

Di game catur ini ada opsi chatting untuk berinteraksi atau ngobrol dengan lawan main kamu. Saat pertandingan sudah mulai memanas dan tegang, kamu dapat mencairkan suasana dengan mengirimkan emoji dan stiker yang lucu-lucu.

Untuk memainkan game ini tak perlu spesifikasi Android yang tinggi, sebab game ini dapat dimainkan mulai di Android 4.4 (KitKat) dan di atasnya. Ukuran downloadnya hanya 12 MB, ukuran yang terbilang sangat ringan untuk game catur dengan fitur yang canggih dan lengkap.

2. Catur - Game Papan Offline

2. Catur - Game Papan Offline - Game Catur yang Bisa Mabar Dengan Teman di Android

Game catur yang selanjutnya ini sepenuhnya tidak membutuhkan koneksi internet atau offline. Kamu tidak perlu bingung bagaimana cara mabar di game catur yang bersifat offline, karena game ini punya caranya sendiri.

Jadi, untuk main barengan di game ini, kamu membutuhkan teman di dunia nyata dan bukan teman online. Kamu harus bertatap muka dan bertemu langsung seperti kamu main catur sungguhan. Nantinya di dalam game ada opsi untuk main berdua, kamu dapat memilih buah catur warna hitam atau putih.

Dari segi memulai permainan, game ini lebih simpel dan praktis karena kamu tidak perlu membuat akun dan mengundang teman, sangat pas untuk kamu yang tidak mau ribet dengan mengikuti banyak langkah hanya untuk mabar.

Jika sekedar ingin mengasah kemampuan saja, bisa dilakukan dengan lawan komputer dengan 8 tingkat kesulitan yang setiap tingkatnya harus dilalui untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi. Jika terjebak dengan langkah yang kamu ambil, kamu bisa membatalkannya dan mengambil langkah baru.

Tak cukup sampai di situ, kamu juga bisa meminta bantuan saat dalam kondisi terdesak dan bingung untuk mengambil langkah, nanti kamu akan diberikan petunjuk dari langkah terbaik yang bisa diambil.

Ini merupakan game terbaik untuk belajar main catur bagi pemula yang tidak mengerti apa-apa tentang cara bermainnya. Akan ada statistik mengenai perkembangan dari setiap pertandingan yang pernah kamu lakukan, seperti seberapa banyak game yang dimenangkan, seberapa banyak jumlah kekalahan, dan seberapa banyak jumlah seri. Dengan data tersebut kamu dapat menganalisis seberapa jauh kemampuan kamu dalam bermain catur.

Grafik yang disuguhkan juga cukup luar biasa, kamu dapat memilih bidak catur 2D atau 3D, bisa disesuaikan berdasarkan kenyamanan kamu atau teman main kamu. Meskipun grafiknya oke, game catur ini tetap ringan dan tidak akan membebani HP Android kamu.

3. Catur - Belajar dan Bermain

3. Catur - Catur Belajar dan Bermain - Game Catur yang Bisa Mabar Dengan Teman di Android

Jika game catur yang bisa mabar sama teman sebelumnya bersifat offline, game berikutnya yang bernama Catur - Belajar dan Bermain ini bersifat online, meskipun tidak semua yang ada didalamnya membutuhkan akses internet. Bicara soal fitur, game ini hadir dengan batasan fitur yang lebih luas.

Kamu bisa bergabung dan bermain dengan lebih dari 120 juta pecatur profesional di seluruh dunia. Untuk mode catur 2 pemain dapat kamu mainkan sepuasnya secara gratis dengan semua teman-teman kamu, bisa dengan mengirimkan undangan tau mengikuti turnamen. Agar permainan yang sedang berjalan tidak terasa kaku, kamu bisa ajak lawan kamu untuk mengobrol sambil bermain.

Di dalam game ini, catur dibagi menjadi beberapa varian diantaranya catur960, teka-teki gegas, teka-teki duel, 3 kali skak, catur peluru, crazyhouse, raja bukit, dobel, kabut perang dan masih banyak varian lainnya yang mampu membuat permainan catur akan lebih menantang dan memberi pengalaman pengguna yang berbeda.

Ingin meningkat skill dalam bermain catur? Tenang, di game ini ada video tutorial, tips, trik, dan rekomendasi yang interaktif dari para master catur dunia untuk melatih kemampuan dan mengatasi berbagai masalah atau ancaman pada kondisi tertentu yang kamu hadapi. Kamu akan diajarkan untuk membangun strategi dan memulai langkah yang tepat.

Dari semua jejak permainan yang pernah dimainkan, jika permainan kamu bagus dan sudah memenangkan banyak pertandingan, atau menyelesaikan hingga lebih dari 500 ribu teka-teki yang tersedia, nama kamu akan muncul pada papan peringkat online bersama para pecatur terbaik lainnya. Ini akan menjadi bukti dan suatu kebanggan untuk kamu.

Agar tampilan buah dan papan catur lebih menarik, tidak hanya warna hitam dan putih saja, kamu diberi opsi untuk mengganti tema papan catur dengan berbagai macam tema yang keren, unik, dan lucu.

4. Chess Online - Duel Friends

4. Chess Online - Duel Friends - Game Catur yang Bisa Mabar Dengan Teman di Android

Chess Online Duel Friends merupakan game catur yang bisa mabar dengan orang lain baik secara online maupun offline. Dalam mode offline, kamu bisa main catur secara head-to-head atau bertemu langsung. Sedangkan dalam mode online, kamu bisa main bareng dengan orang tertentu atau secara acak dalam waktu nyata.

Game ini juga membawa fitur obrolan yang memungkinkan pemain bisa saling berinteraksi dan fitur sistem peringkat global untuk mengukur seberapa hebat keahlian kamu dalam bermain catur. Adanya sistem peringkat membuat pengguna saling bersaing agar namanya muncul di peringkat pertama dan diketahui oleh banyak pengguna lain. Hal tersebut akan membuat kamu lebih semangat untuk berlatih dan skakmat banyak orang.

Jika sudah bosan bermain catur dengan teman atau dengan bot AI, kamu dapat menyelesaikan berbagai misi yang tersedia. Kamu akan mendapatkan hadiah dari setiap misi yang berhasil dituntaskan, hadiahnya bisa berupa poin yang dapat kamu gunakan untuk membeli avatar kamu sendiri.

Avatar di game ini menunjukkan keahlian kamu kepada pemain lain karena semakin tinggi avatar yang digunakan berarti semakin hebat pula pemain catur tersebut. Namun, untuk mendapatkan avatar yang diinginkan tidak mudah, ada berbagai tantangan yang harus dimenangkan. Semakin sulit level yang dimenangkan, semakin banyak hadiah yang didapatkan.

Nah, untuk menyelesaikan berbagai tantangan dan misi tersebut, kamu bisa berlatih terlebih dahulu dengan menantang teman ataupun komputer.

5. Chess Origin - 2 Players

5. Chess Origin - 2 Players - Game Catur yang Bisa Mabar Dengan Teman di Android

Chess origin 2 Players adalah permainan catur gratis untuk Android yang menawarkan berbagai fitur menarik yang salah satunya adalah bisa mabar dengan teman. Di game ini kamu berkesempatan untuk menjadi Grand Master catur dengan bermain melawan AI dengan berbagai tingkatan mulai dari tingkat paling mudah untuk pemula hingga yang paling sulit untuk yang sudah mahir.

Game ini memiliki antarmuka pengguna yang ramah dan sederhana namun tetap dengan grafis yang indah, animasi yang memukau, efek bergerak yang hebat, serta suara dan musik yang bagus. Beberapa hal tersebut akan memaksimalkan pengalaman yang lebih baik dalam bermain catur di Android.

Kamu dapat memperdalam pemahaman tentang permainan catur dengan lebih dari 300 endgame yang tersedia. Selain itu, ada mode Handicap yang memungkinkan pemain untuk belajar catur dengan tantangan yang lebih rendah dan bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu.

Fitur pembatalan tanpa batas juga tersedia yang memungkinkan kamu untuk mengulang langkah-langkah permainan jika kamu membuat kesalahan atau ingin mencoba strategi yang berbeda untuk tujuan skakmat raja lawan. Fitur ini cocok bagi kamu yang suka ceroboh dalam menyikapi langkah lawan.

Kamu juga bisa bermain catur 1 vs 1 dengan teman-teman kamu dan memantau peringkat melalui leaderboard, yang memungkinkan kamu bersaing dengan pemain lain dan melihat perkembangan skill kamu.

Baca Juga: 5 Situs Download Game Android Lengkap dan Gratis

Itu dia rekomendasi untuk 5 game catur yang bisa mabar dengan teman di Android. Beberapa tampilan dan fitur yang dimilikinya berbeda-beda, namun semua game catur di atas memiliki opsi untuk mabar dengan teman. Silahkan pilih salah satu game yang selain memiliki fitur untuk mabar bersama teman, tersedia juga fitur lain yang mungkin kamu inginkan.

Semua game di atas bisa kamu temukan di Play Store dan di sana kamu bisa mendownloadnya secara gratis.

Posting Komentar untuk "5 Game Catur yang Bisa Mabar Dengan Teman di Android"