Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

 Verifikasi 2 Langkah atau Two-Step Verification adalah fitur lanjutan untuk memperkuat keamanan akun WhatsApp milikmu agar terhindari akses tidak sah yang dilakukan oleh orang lain atau peretas. Meskipun fitur ini sangat penting, namun sebagian diantara kita masih banyak yang tidak mengetahuinya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan mengulas bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan verifikasi 2 langkah WhatsApp di Android. Untuk kamu semua yang ingin akun WhatsApp-nya tidak mudah dibobol atau dihack, kamu wajib tahu cara ini.

Kita semua tahu bahwa hacker adalah orang yang sangat pandai dalam menaklukan akun WA targetnya, ia memiliki berbagai cara untuk menjalankan aksinya. Tapi untungnya, WhatsApp sangat melek sekali terhadap hal tersebut. Sebagai antisipasinya, WhatsApp menawarkan fitur verifikasi 2 langkah yang dapat memberikan perlindungan lapisan terhadap akun pengguna.

Fitur ini melibatkan dua langkah verifikasi untuk login. Jadi, setelah kamu mengaktifkan verifikasi dua langkah dan ada orang lain yang mencoba memverifikasi nomor WhatsApp kamu dari perangkat baru atau perangkat yang tidak dikenal, WhatsApp akan meminta kamu untuk memasukan PIN berupa 6 digit angkat yang sudah kamu tetapkan saat mengaktifkannya.

Namun, perlu kamu tahu bahwa PIN dari verifikasi 2 langkah dengan PIN verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau telepon itu berbeda. PIN verifikasi dua langkah adalah PIN yang harus kamu ingat karena PIN ini dibutuhkan ketika kamu ingin login menggunakan perangkat Android kamu yang lain.

Baca Juga:

• Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

• Apa itu Komunitas di WhatsApp? Berikut Penjelasan Fungsi, Cara Membuat, Menggunakan, dan Menghapusnya

Selain harus melakukan verifikasi melalui nomor telepon, ada lapisan keamanan tambahan berupa kode verifikasi dari fitur verifikasi 2 langkah yang kodenya hanya kamu yang tahu.

Meskipun berbeda namun jika dilihat dari segi cara kerja dari keamanan yang diberikan, fitur ini hampir mirip dengan fitur autentikasi dua faktor yang ada di Instagram dan Facebook. Tingkat keamanan yang diberikan cukup tinggi sehingga cukup sulit untuk di hack.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

Jika kamu adalah orang yang sangat peduli terhadap keamanan akun WhatsApp milikmu, kamu bisa menggunakan fitur verifikasi 2 langkah yang sudah disediakan oleh WhatsApp. Dan berikut ini tutorial untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tersebut di WA Android.

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah di WA

1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Androidmu.

2. Setelah berada didalam aplikasinya, tap ikon titik tiga yang terletak dipojok kanan atas untuk menampilkan beberapa pilihan.

2. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

3. Pada pilihan yang muncul, yang harus kamu pilih adalah "Setelan".

3. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

4. Di halaman selanjutnya kamu pilih "Akun".

4. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

5. Kemudian kamu pilih "Verifikasi dua langkah".

5. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

6. Langkah selanjutnya kamu tap tombol "Nyalakan".

6. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

7. Sekarang saatnya kamu atur PIN yang nanti akan digunakan untuk verifikasi. Masukan PIN berjumlah 6 digit angka. Jika sudah, tap "Lanjut".

8. Untuk konfirmasi, kamu akan diminta untuk memasukan kembali PIN yang sebelumnya kamu masukan. Jika sudah, tap lagi "Lanjut".

9. Selanjutnya kamu juga akan diminta untuk memasukan alamat email untuk jaga-jaga jika suatu saat nanti kamu lupa PIN tersebut. Alamat email dapat kamu gunakan untuk mereset PIN. Sebenarnya ini adalah opsional, jika kamu tidak ingin menggunakan email, kamu bisa langsung melewati halaman ini dengan tap "Lewati". Namun jika kamu ingin menggunakan email, silahkan masukan email kamu yang aktif. Selesai memasukan email, tap "Lanjut".

Penting: Jika kamu tidak menambahkan alamat email dan kamu lupa PIN, kamu tidak akan bisa lagi mendaftarkan nomor tersebut ke WhatsApp. Jadi sebaiknya kamu menggunakan email saja

10. Masukan email kembali untuk konfirmasi.

11. Jika semua langkah di atas dilakukan dengan benar seharusnya sekarang kamu sudah berhasil mengaktifkan verifikasi dua langkah WhatsApp. Kamu tap saja "Selesai".

12. Selesai.

Berkat fitur tersebut sekarang akun WhatsApp kamu jadi lebih aman dari para penyadap. Jika kamu ingin mendaftarkan nomor WhatsApp itu di perangkat lain, kamu akan diminta untuk memasukan PIN, silahkan masukan PIN yang sudah kamu buat.

Setelah diaktifkan, jangan heran jika verifikasi 2 langkah WA sering muncul, itu dilakukan oleh WhatsApp dengan tujuan agar kamu tidak lupa dengan PIN milikmu. Maka dari itu sebelumnya admin menganjurkan kamu untuk mencantumkan alamat email. Jika lupa PIN, WhatsApp akan mengirimkan tautan ke email untuk mengubah PIN.

Saran agar kamu tidak lupa dengan nomor PIN nya, catat PIN tersebut kemudian simpan ditempat yang aman, jadi meskipun nanti kamu lupa setidaknya kamu masih bisa melihatnya.

Cara Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Bagi kamu yang terlalu risih untuk menggunakan fitur keamanan dua langkah di WhatsApp, entah karena takut lupa PIN atau masalah lainnya, admin sudah menyiapkan tutorial untuk menonaktifkannya dibawah ini:

1. Buka menu aplikasi WhatsApp di perangkat Android masing-masing.

2. Selanjutnya tap ikon titik tiga diatas kanan layar.

3. Selanjutnya kamu pilih "Setelan".

4. Didalam Setelan kamu pilih menu "Akun".

5. Setelahnya kamu pilih "Verifikasi dua langkah".

6. Sekarang kamu tap opsi "Matikan" dengan ikon (x).

6. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

7. Setelahnya pilih "Matikan". WhatsApp akan memberikan pemberitahuan bahwa kamu sudah berhasil mematikan verifikasi 2 langkah.

7. Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android

8. Selesai.

Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram

• Tips Menjaga Keamanan Akun Facebook Agar Tidak Mudah Di Hack

Itu dia cara mengaktifkan dan menonaktifkan verifikasi 2 langkah WhatsApp di Android. Jika kamu menyimak keseluruhan isi dari artikel diatas, pasti kamu sudah tahu kelebihan serta kekurangan dari menggunakannya.

Dengan fitur verifikasi 2 langkah WA, kamu dapat memastikan keamanan akun kamu tetap terjaga dan mengurangi risiko terjadinya peretasan yang dilakukan oleh pihak lain.

Kamu dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah admin sediakan di atas dan kamu juga dapat menonaktifkannya dengan mudah kapan pun dibutuhkan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di Android"