Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

 Belum lama ini dunia teknologi sempat dihebohkan dengan kehadiran chatbot AI bernama ChatGPT. Kehadirannya dilirik oleh banyak pengembang teknologi termasuk Google. Mengetahui hal tersebut, Google sepertinya tak ingin kalah, yang kemudian merilis Google Bard AI sebagai langkah utama untuk menyainginya.

Tentu persaingan ini menarik banyak pengguna bahkan termasuk pengguna ChatGPT itu sendiri. Banyak diantara mereka yang penasaran dan ingin juga mencoba menggunakan Google Bard AI di Android karena ingin mengetahui perbedaan dan keunggulan yang dimiliki oleh chatbot milik Google tersebut.

Menurut ulasan dari berbagai sumber, chatbot AI Google Bard dikatakan memiliki lebih banyak fitur yang tidak terdapat di chatbot lain. Contohnya fitur dasar yang paling menonjol adalah fitur bertanya dengan menyematkan gambar sekaligus teks, dan fitur bertanya dengan pesan suara.

Dilengkapi dengan fitur-fitur tersebut, kamu tidak hanya menanyakan sebuah pertanyaan melalui chat saja, melainkan dengan berbagai fitur pendukung yang akan memudahkan Bard Google memahami pertanyaan kamu sehingga mampu membuat jawaban menjadi lebih akurat. Selain itu, Bard juga memberikan jawaban serta informasi secara real time berdasarkan data terbaru di internet.

Layanan baru yang dihadirkan oleh Google ini dapat kamu akses diperangkat apapun mulai dari komputer sampai perangkat mobile Android. Keduanya hanya perlu mengakses situs resmi Google Bard menggunakan browser yang sudah tersedia di perangkat masing-masing, tak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan.

Bagi kamu pengguna HP Android, ulasan lengkap mengenai bagaimana menggunakan Google Bard di HP tersebut bisa kamu lihat pada tutorial berikut ini.

Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

Pembaruan pada Google Bard belum lama ini membawa kabar baik bagi pengguna yang berasal dari Indonesia. Sebab, sekarang Bard sudah mendukung lebih dari beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia. Pengguna dapat mengirim dan menerima jawaban dalam bahasa tersebut.

Tapi sebelum menggunakan chatbot Google Bard, kamu harus memiliki akun Google yang aktif untuk login. Mungkin Bard akan secara otomatis memilih menggunakan akun yang aktif yang sedang kamu gunakan saat ini. Untuk tutorial lebih jelasnya lagi, berikut langkah-langkah menggunakan Google Bard AI di Android dari awal sampai berhasil:

1. Buka browser di HP Android kamu. Agar tidak perlu lagi menginstall browser, kamu bisa menggunakan Google Chrome saja.

2. Untuk membuka langsung halaman web Google Bard, masukan alamat bard.google.com pada kotak pencarian URL di browser tersebut.

2. Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

3. Jika belum login, kamu akan dihadapkan ke halaman pengenalan tentang Bard terlebih dahulu. Di sana kamu tap "Coba Bard".

3. Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

4  Setelah itu kamu akan melihat halaman Persyaratan dan Privasi. Halaman ini kurang lebih menjelaskan tentang bagaimana data kamu dikelola oleh Bard. Kamu boleh membacanya terlebih dahulu atau bisa langsung melewatinya dengan tap "Selengkapnya".

4. Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

5. Selanjutnya tap "Saya Setuju" yang berarti kamu setuju dengan semua persyaratan layanan pada Google Bard.

5. Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

6. Setelah melewati berbagai halaman yang harus dilalui oleh pengguna baru, sekarang sampai juga kita pada dashboard chat Google Bard AI Android. Untuk mulai mengirimkan pertanyaan, masukan pertanyaan kamu pada prompt yang bertuliskan "Masukan perintah di sini", kemudian tap ikon pesawat kertas disisi kanan untuk mengirimnya.

6. Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

7. Jika ingin membuat pertanyaan dengan gambar, tap ikon bingkai gambar disamping kirim prompt chat, kemudian pilih gambar dari galeri Android kamu. Sedangkan untuk membuat pertanyaan menggunakan pesan suara, tap ikon mikrofon disamping kanan prompt chat, kemudian ucapkan pertanyaan kamu.

7. Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

8. Pada bagian bawah jawaban yang diberikan Bard, kamu dapat melihat beberapa opsi:

• Gunakan ikon like untuk menyukai dan memberikan alasan mengapa kamu menyukai jawaban tersebut.

• Gunakan ikon unlike untuk tidak menyukai dan memberikan alasan mengapa kamu tidak menyukai jawabannya.

• Gunakan ikon berbentuk setelan untuk mengubah mode jawaban. Ada 5 mode yang dapat dipilih, yaitu mode jawaban lebih pendek, lebih panjang, lebih sederhana, lebih kasual, dan lebih profesional.

• Gunakan ikon berbagi untuk membagikan jawaban tersebut secara langsung, mengekspor ke dokumen, atau menjadikannya draf di Gmail.

• Gunakan ikon berbentuk logo Google jika kamu merasa kurang puas dengan jawaban tersebut dan ingin menemukan jawaban lain di hasil pencarian Google.

• Gunakan ikon titik tiga untuk menyalin jawaban tersebut.

8. Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

9. Jika kamu ingin melihat, menghapus, dan mengelola aktifitas dan riwayat chat di Google Bard, tap ikon berbentuk jam di atas kanan layar tepatnya disamping kiri foto akun Google kamu.

9. Cara Menggunakan Google Bard AI di Android

10. Selesai.

Berbagai cara menggunakan fitur-fitur yang tersedia di Google Bard AI di Android mulai dari awal login sampai selesai bisa kamu lihat pada tutorial di atas.

Karena Google Bard masih merupakan layanan dalam tahap perkembangan dan eksperimen, jangan heran jika kamu akan melihat banyak perubahan dalam waktu dekat. Dan terkait jawaban yang dinilai kurang tepat atau bahkan menyinggung, bisa dimaklumi saja atau kamu juga bisa melaporkannya.

Bard mungkin akan mencatat dan mempelajari pertanyaan yang kamu berikan. Jadi jangan memasukan data pribadi apapun kedalamnya.

Demikian ulasan mengenai cara menggunakan Google Bard AI di Android dengan lengkap. Jika menurut kamu masih ada yang kurang dan kamu tidak memahaminya, silahkan tanyakan lewat kolom komentar di bawah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Google Bard AI di Android"