Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menampilkan Berita di Google Chrome Android

3 Cara Menampilkan Berita di Google Chrome Android

 Cara menampilkan berita di Google Chrome Android - Berita memang selalu memiliki topik menarik untuk dibaca, hampir semua orang suka membaca berita karena topik apapun yang disukai bisa hadir di dalam berita entah itu seputar olahraga, masakan, gaya hidup, pemerintah, artis, dan kategori berita lainnya.

Apalagi di era modern ini kita dimanjakan dengan aplikasi-aplikasi baca berita yang memungkinkan kita membaca berita bisa dimana saja dan kapan saja melalui smartphone Android yang tidak bisa kita tinggalkan setiap harinya.

Ada cukup banyak aplikasi yang menawarkan bacaan berita terkini termasuk diantaranya ada juga produk dari Google yang bernama GNews atau Google Berita. Tetapi, jika yang kamu inginkan adalah membaca berita namun tidak ingin menginstal aplikasi, jangan khawatir, itu bisa kamu lakukan menggunakan browser Google Chrome yang tersedia secara bawaan di Android kamu.

Tahukah kamu bahwa kebanyakan berita-berita yang kamu baca di aplikasi merupakan berita yang bersumber dari website, hampir semua portal berita memiliki website resminya masing-masing. Jadi, berita yang sama dengan yang ada di aplikasi bisa juga kamu temukan di website dengan melalui Google Chrome.

Untuk menampilkan berita di Chrome bisa dilakukan dengan berbagai cara, Google sendiri sudah menyiapkan beberapa fitur yang khusus digunakan untuk menampilkan berita-berita terbaru dengan berbagai macam kategori. Dan salah satu fitur yang paling mudah dijumpai adalah fitur Discover.

Baca Juga:

• 5 Aplikasi Baca Berita Dapat Uang Dan Pulsa Gratis Di Android

• Cara Menyimpan Halaman Web Untuk Dibaca Offline

Akan tetapi, terkadang pengguna mengalami kendala yang berakibat berita di Google tidak muncul. Masalah semacam ini terjadi bukan karena kesalahan dari aplikasi Google, biasanya penyebabnya karena ada pengaturan yang tidak sengaja kamu ubah.

Apapun penyebab yang membuat berita di Chrome tidak bisa ditampilkan, mungkin 3 cara menampilkan berita di Google Chrome HP Android yang akan dijelaskan berikut ini bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah tersebut atau memberikan kamu opsi lain untuk membaca berita di browser Chrome.

3 Cara Menampilkan Berita di Google Chrome Android

1. Menampilkan Berita di Beranda Google Chrome

Aplikasi browser Google Chrome memiliki fitur Discover yang ketika fitur ini diaktifkan, kamu sudah bisa melihat daftar berita di halaman beranda atau halaman utama Chrome. Biasanya berita-berita yang ditampilkan merupakan berita yang sedang hangat diperbincangkan dan sesuai dengan minat dan aktivitas kamu yang diketahui oleh Google.

Fitur ini adalah pilihan yang paling mudah untuk memunculkan berita di Google Chrome. Kekurangan dari fitur ini hanya satu, yaitu tidak bisa menentukan kategori sendiri dan mencari berita secara spesifik.

Untuk mengaktifkan Discover agar tampil berita di beranda Chrome, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka menu browser Google Chrome di HP Android.

2. Pada halaman beranda browser tersebut, cari ikon berbentuk roda bergerigi. Ikon ini biasanya terletak di bagian bawah kolom pencarian. Jika kamu melihatnya, tap ikon tersebut.

Langkah ke 2 menampilkan berita di beranda Google Chrome

3. Selanjutnya akan keluar beberapa pilihan, diantara pilihannya kamu pilih "Aktifkan".

Langkah ke 3 menampilkan berita di beranda Google Chrome

4. Selesai.

Jika setelah diaktifkan dan berita tidak muncul juga, yang perlu kamu lakukan adalah merefresh halaman beranda tersebut. Merefresh halaman juga bisa kamu lakukan untuk mengubah berita yang direkomendasikan untuk kamu.

2. Menampilkan Berita di Hasil Pencarian Google Chrome

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kolom pencarian, Google membagi beberapa kategori untuk hasil kata kunci pencarian yang ingin ditemukan, diantaranya hasil untuk pencarian web, gambar, video, berita, dan lainnya.

Jika kamu memilih hasil untuk berita, semua berita dari situs berita manapun yang relevan dengan kata kunci tersebut akan ditampilkan. Cara ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin membaca berita hari ini atau terbaru seputar topik atau minat yang kamu sukai.

Biasanya berita yang ditampilkan di pencarian berita diurutkan berdasarkan berita yang paling terbaru terlebih dahulu.

Oke, langsung saja kamu praktikan caranya dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Google Chrome Android.

2. Pada kolom pencarian, ketikan kata kunci atau kategori dari berita yang ingin kamu baca, kemudian cari.

3. Selanjutnya di hasil pencarian, tap tabel "Berita" di bawah kolom pencarian.

Langkah ke 3 menampilkan berita di hasil pencarian Google Chrome

4. Kemudian semua berita yang berkaitan dengan kata kunci yang di cari akan langsung ditampilkan. Tap salah satu berita jika kamu ingin mulai membacanya.

5. Selesai.

3. Menampilkan berita di Google News Versi Web

Cara menampilkan berita di Google Chrome yang terakhir adalah melalui situs Google News atau Google Berita. Jadi, selain tersedia dalam versi aplikasi, Google News juga tersedia dalam versi web yang dapat kamu kunjungi menggunakan Chrome.

Tidak seperti kedua cara di atas yang hanya memiliki fitur terbatas, namun Google News hadir sebagai platform baca berita dengan berbagai fitur yang akan memudahkan pengguna Android dalam urusan membaca berita.

Berita yang ditawarkan tidak hanya berita lokal saja namun ada juga berita-berita internasional yang sedang trending di dunia yang tentunya bisa memperluas wawasan kamu. Selain itu, platform ini juga menyediakan berbagai kategori berita khusus seperti teknologi, hiburan, kesehatan, olahraga, sains, dan masih banyak yang lainnya.

Adanya fitur pencarian akan memungkinkan kamu untuk mencari dan membaca berita dari portal berita yang kamu mau. Contohnya jika kamu ingin membaca berita dari situs teknoinfo09, kamu tinggal memasukan kata kunci teknoinfo09 pada kolom pencarian dan semua berita dari situs ini akan muncul.

Agar tidak ketinggalan berita terbaru dari situs kesayangan kamu, ada opsi untuk mengikuti yang bisa kamu gunakan. Setelah mengikuti, kamu akan diberikan pemberitahuan setiap ada berita baru yang diunggah dari situs yang kamu ikuti.

Untuk menampilkan berita di Chrome melalui situs Google News, ikuti semua langkah-langkahnya berikut ini:

1. Langkah pertama, buka aplikasi Google Chrome di HP Android kamu.

2. Masukan link https://news.google.com pada kolom pencarian untuk langsung mengunjungi situs Google Berita.

3. Selanjutnya kamu sudah bisa langsung melihat berita-berita yang ditawarkan untuk kamu. Di sana kamu bisa menggunakan opsi pencarian untuk menemukan berita secara spesifik atau memilih kategori berita yang sudah tersedia.

3 Cara Menampilkan Berita di Google Chrome Android

4. Selesai.

Baca Juga:

• Cara Menambahkan Web ke Layar Utama di Google Chrome HP Android

• Cara Memperbesar Tampilan Halaman Web Google Chrome Android

Itu dia 3 cara menampilkan berita di Google Chrome Android yang bisa kamu lakukan dengan mudah. 3 opsi tersebut menawarkan cara dan fitur yang berbeda-beda, kamu bisa pilih cara yang paling sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing.

3 cara di atas akan membantu kamu agar lebih mudah untuk mendapatkan informasi terbaru melalui berita yang sedang populer. Caranya sederhana dan tanpa aplikasi tambahan.

Posting Komentar untuk "3 Cara Menampilkan Berita di Google Chrome Android"