Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Fitur Baca Dengan Keras di Google Books

Cara Mengaktifkan Fitur Baca Dengan Keras di Google Books

 Baca dengan Keras merupakan salah satu fitur di aplikasi Google Play Book yang berfungsi untuk mengubah teks di eBook Google menjadi suara. Jadi, dengan mengaktifkan fitur Baca dengan Keras di Google Books, kamu tidak perlu membacanya lagi sebab Google akan secara otomatis membacakan buku tersebut dengan suara khasnya.

Pernah mendengar tentang istilah audio book? Nah, menggunakan fitur Baca dengan Keras ini tidak jauh berbeda dengan membuat buku di Play Book tersebut menjadi audio book. Kegiatan membaca buku kamu akan berganti menjadi kegiatan mendengarkan buku.

Bagi orang yang hobi membaca buku mungkin menganggap membaca adalah kegiatan yang mampu mengusir kebosanan. Sedangkan bagi orang yang tidak suka membaca buku, justru kegiatan membaca buku itu sendiri lah yang membuat bosan.

Nah, untuk kamu yang lebih suka mendengarkan daripada membaca atau untuk kamu yang sedang malas membaca buku di Google Books, fitur Baca dengan Keras ini bisa menjadi solusi yang tepat. Google bisa membacakan isi tulisan dari buku-buku di Play Book.

Baca Juga:

• Cara Download Buku Gratis di Google Book

• 2 Cara Membuat Suara Google di CapCut Paling Mudah

Tak hanya bermanfaat untuk kamu yang malas baca, adanya fitur text to speech di Google Books ini juga bisa membantu pengguna yang menderita gangguan penglihatan atau disleksia untuk mendengarkan teks secara verbal.

Karena tahu bahwa ada banyak orang yang membutuhkan fitur ini, maka pada kesempatan ini admin tertarik untuk membahas cara mengaktifkan Baca dengan Keras di aplikasi Play Buku.

Cara Mengaktifkan Fitur Baca Dengan Keras di Google Books

Meskipun sudah ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membacakan teks di layar HP,  namun untuk aplikasi Google Books sudah menyiapkan fitur bawaannya sendiri, jadi kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan lagi, kamu tinggal mengaktifkan fiturnya saja. Untuk tutorialnya bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Buka aplikasi Google Books di ponsel Android kamu.

2. Selanjutnya kamu masuk ke eBook atau buku tujuan kamu.

3. Saat sudah didalam bukunya, tap ikon titik tiga yang terdapat dipojok atas kanan.

3. Cara Mengaktifkan Fitur Baca Dengan Keras di Google Books

4. Setelahnya akan ada beberapa pilihan yang muncul. Untuk bisa menggunakan fitur Baca dengan Keras, kamu wajib mengaktifkan opsi "Teks mengalir" terlebih dahulu, silahkan tap opsi tersebut.

5. Jika sudah, tap lagi ikon titik tiga dipojok kanan atas seperti tadi.

6. Sekarang kamu tap opsi "Bacakan lisan". Dan kemudian buku tersebut akan langsung dibacakan, kamu sudah bisa mendengar suaranya. Biasanya teks yang sedang dibacakan akan disoroti dengan background berwarna kuning.

7. Jika kamu ingin menonaktifkan fitur tersebut, caranya sangat mudah, silahkan kamu tap ikon titik tiga dipojok atas kanan.

8. Lalu tap opsi "Hentikan Membaca dengan Keras".

9. Selesai.

Menyuruh Google membacakan buku dengan cara di atas bisa kamu lakukan tanpa menggunakan koneksi data alias offline namun dengan syarat buku tersebut sudah kamu download dan sudah bisa diakses offline.

Cara di atas hanya berlaku untuk buku tersebut saja. Apabila kamu ingin melakukannya pada buku yang lain, kamu harus mengulang cara yang sama seperti di atas. Namun jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa mengaktifkan Baca dengan Keras secara otomatis untuk semua buku, caranya seperti berikut:

1. Buka menu aplikasi Google Book atau jika dalam bahasa Indonesia adalah Play Buku.

2. Saat berada di Beranda aplikasi, tap ikon foto profil kamu yang terletak dipojok atas kanan layar.

2. Cara Mengaktifkan Fitur Baca Dengan Keras di Google Books

3. Selanjutnya kamu pilih opsi "Setelan Play Buku".

3. Cara Mengaktifkan Fitur Baca Dengan Keras di Google Books

4. Pada halaman berikutnya kamu aktifkan opsi "Otomatis membaca dengan keras".

4. Cara Mengaktifkan Fitur Baca Dengan Keras di Google Books

5. Selesai.

Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Update Otomatis Untuk Aplikasi Tertentu di Play Store

• Cara Menyalin Teks di Gambar Tanpa Aplikasi Tambahan

Sekarang saat kamu membuka buku di Google Books, buku tersebut akan langsung dibacakan secara otomatis tanpa kamu perlu mengaktifkan Baca dengan Keras lagi.

Perlu diingat, tidak semua buka mendukung fitur ini, tergantung dari penerbitnya apakah mereka menyediakan opsi Baca dengan Keras untuk buku-buku terbitannya atau tidak. Jika tidak, berarti fitur ini akan dinonaktifkan untuk buku tersebut.

Itulah cara mengaktifkan fitur Baca dengan Keras di Google Books yang sangat cocok digunakan untuk mendengarkan buku novel, cerpen, dan buku-buku lainnya yang kamu sukai. Fitur ini akan memberikan kamu pengalaman berbeda dalam menikmati sebuah buku selain dengan membacanya. Jika tidak percaya, silahkan dicoba saja sendiri!

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Fitur Baca Dengan Keras di Google Books"