Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Edit Chat WhatsApp yang Sudah Terkirim di Android


Cara Edit Chat WhatsApp yang Sudah Terkirim di Android

 WhatsApp kini merilis fitur baru yang dapat memungkinkan pengguna memiliki kemampuan untuk mengedit chat atau pesan yang terkirim atau bahkan yang sudah di baca sekalipun oleh penerima. Chat tersebut masih bisa di ubah dalam waktu maksimal 15 menit setelah dikirim. Jika sudah melebihi batas waktu tersebut, chat sudah di tetapkan secara permanen dan tidak bisa diedit lagi.

Cara edit chat WhatsApp yang sudah terkirim di Android penting diketahui karena tak jarang kita salah mengetikan kata yang ingin kita ungkapkan melalui chat. Namun dengan adanya fitur edit chat ini, kita jadi lebih mudah untuk mengubah isi chat tersebut meskipun sudah dikirim.

Meskipun begitu, perlu kamu ingat bahwa mengedit pesan atau chat di WA tidak akan mengubah tanggal dan waktu dikirimnya, dan penerima chat juga tidak akan mendapatkan notifikasi baru, tapi mereka bisa saja mengetahui jika chat tersebut sudah diedit karena akan ada label "Diedit" pada bagian bawah chat.

Selain itu, fitur ini hanya dapat digunakan untuk edit pesan teks saja, tidak berlaku untuk pesan berupa media seperti foto dan video. Jika ingin menggunakan fitur ini, pastikan juga bahwa kamu dan si penerima chat sudah menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Karena saat pertama kali menggunakan fitur ini, WhatsApp menyebutkan dalam notifikasinya bahwa "Pesan ini diedit untuk semua orang di chat ini yang menggunakan WhatsApp versi terbaru". Jadi sudah jelas yang kamu butuhkan adalah aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Baca Juga: Cara Membuat Fake Chat WhatsApp di Android

Mungkin sampai sini kamu sudah paham tentang fitur edit chat di WhatsApp. Jika kamu ingin mencoba menggunakan fitur ini, di bawah ini akan dijelaskan langkah demi langkah edit pesan WhatsApp yang sudah terkirim di perangkat Android.

Cara Edit Chat WhatsApp yang Sudah Terkirim di Android

Selain dapat digunakan untuk chat pribadi, fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk edit chat di grup. Jika sudah penasaran, langsung saja simak tutorial di bawah ini.

1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Android.

2. Cari chat yang ingin kamu edit, bisa chat pribadi maupun chat grup, namun pastikan bahwa chat tersebut tidak lebih dari 15 menit saat pertama kali kamu mengirimnya.

3. Jika chat sudah ditemukan, tekan dan tahan lama pada bagian chat tersebut untuk memunculkan berbagai opsi pilihan.

4. Saat muncul beberapa pilihan, silahkan kamu tap ikon titik tiga disamping kanan atas layar.

4. Cara Edit Chat WhatsApp yang Sudah Terkirim di Android

5. Selanjutnya kamu pilih opsi "Edit".

5. Cara Edit Chat WhatsApp yang Sudah Terkirim di Android

6. Sekarang kamu bisa edit pesan tersebut sesuai keinginan, kamu bisa menghapus, menambahkan, atau membuat pesan baru lagi. Jika sudah, tap ikon centang hijau disamping kanan pesan tersebut.

6. Cara Edit Chat WhatsApp yang Sudah Terkirim di Android

7. Selesai.

Itu dia cara menggunakan fitur edit chat WhatsApp yang terkirim di Android. Sangat mudah, bukan?

Baca Juga: Cara Ekspor Chat WhatsApp ke Google Drive di HP Android

Jika chat sudah di baca penerima sebelum kamu edit, tentu pengguna tersebut sudah mengetahui versi asli dari chat tersebut. Jika chat memang belum di baca sama sekali, mereka masih bisa mengetahui bahwa chat itu di edit karena akan ada label yang menampilkan pesan di edit. Selain itu tidak ada lagi pemberitahuan khusus yang diberikan kepada penerima tentang pesan yang diubah.

Fitur edit isi chat WhatsApp memiliki beberapa batasan seperti yang sudah admin katakan tadi, yaitu tidak dapat mengedit chat yang sudah lebih dari 15 menit terkirim. Sebagai alternatifnya jika kamu membutuhkan klarifikasi pada chat yang salah kirim, salah ketika, atau kesalahan lainnya, kamu bisa mengirimkan pesan baru untuk memberikan penjelasan mengenai kesalahan pada pesan sebelumnya. Jadi kamu tidak sepenuhnya harus bergantung pada fitur editing chat ini.

Posting Komentar untuk "Cara Edit Chat WhatsApp yang Sudah Terkirim di Android"